Artikel

Faktor Utama yang Menyebabkan AC Mobil Tidak Dingin Saat Cuaca Panas dan Solusi Mudah untuk Mengatasinya dengan Cepat

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Cuaca Panas dan Solusinya

Perjalanan terasa lebih melelahkan jika AC mobil tidak dingin saat cuaca panas dan macet. Padahal jika di malam hari, suhu AC mobil sangat dingin. Bagaimana memperbaiki masalah ini?

Untuk dapat memperbaiki masalah AC mobil yang tidak dingin ketika cuaca sedang panas, anda harus terlebih dahulu tahu penyebab munculnya masalah tersebut. Dengan demikian, anda akan mendapatkan jawaban akan:

  • Solusi mengatasi masalah 
  • Dan cara mencegah masalah

Lihat Juga: AC Mobil Panas Siang Hari

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin saat Cuaca Panas

Ada cukup banyak penyebab masalah ini. Dengan demikian, sebaiknya anda mengecheck secara lengkap. Adapun beberapa penyebab masalah ini antara lain adalah:

  1. Freon AC Mobil Terpapar Sinar Matahari

    Saat cuaca panas, panas dari sinar matahari dapat merambat ke saluran AC mobil. Memanaskan freon sehingga kehilangan kemampuan pendinginannya. Masalah ini akan menyebabkan freon AC mobil kehilangan kualitasnya saat panas, namun kembali dingin saat malam.

  2. Mesin Mobil Mengalami Overheating

    Cuaca yang panas dapat mempercepat overheating mobil. Dan jika letak penampungan cairan freon dekat dengan mesin mobil, otomatis kualitas freon akan hilang.

  3. Kompresor AC Mobil Panas

    Kompresor yang kepanasan karena kekurangan oli akan mengalami overheating. Dan overheating ini akan lebih mudah terjadi jika kompresor terkena panas matahari. Overheating pada kompresor otomatis akan menyebabkan menurunnya kinerja AC mobil memproduksi hawa dingin.

Selain ketiga penyebab masalah di atas, sebenarnya masih ada beberapa penyebab lain AC mobil tidak dingin saat cuaca panas. 

Lihat Juga: Cara Hilangkan Bau AC Mobil

Namun 95 persen masalah AC mobil yang panas saat cuaca panas adalah disebabkan ketiga hal tersebut. Lantas apa solusinya?

Solusi untuk Mengatasi Masalah

Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan, baik untuk mengatasi masalah ini, maupun untuk mencegah muncul kembalinya masalah ini. Adapun beberapa solusi yang bisa dilakukan antara lain adalah:

  • Ganti Freon AC Mobil

    Kemungkinan besar freon AC mobil anda memiliki kualitas yang kurang baik. Hal ini menyebabkan freon mudah kehilangan kualitas pendinginannya akibat terkena panas matahari.

    Penggantian freon AC mobil dapat menjadi solusi. Pilihlah freon AC mobil yang memiliki daya tahan yang cukup tinggi akan panas.

  • Selubungi Saluran Freon AC Mobil

    Untuk menghindari ssaluran freon AC mobil terkena panas yang dapat merusak kualitas freon, anda dapat memasang selubung di pipa saluran freon AC mobil. Kertas aluminium merupakan pilihan terbaik untuk melapisi saluran freon.

Lihat Juga: AC Mobil Bau Tak Sedap

Itulah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin saat cuaca panas namun dingin saat malam atau ketika hujan serta solusi mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Apapun mobilnya, Dokter Mobil bengkelnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Persamaan Dokter Manusia Dan Dokter Mobil? Cari Tahu Disini Yuk Biar Gak Bingung
Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia