New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Penyebab Tali Kipas AC Mobil Bunyi

Penyebab Tali Kipas AC Mobil Bunyi dan Cara Memperbaikinya

Ha l yang menjadi Penyebab Tali Kipas AC Mobil Bunyi (umumnya berbunyi decit), biasanya akan disertai gejala lanjutan seperti AC mobil menjadi kurang dingin. Lantas sebenarnya apa penyebab masalah ini?

Penyebab Tali Kipas AC Mobil Bunyi Decit

Penyebab Tali Kipas AC Mobil Bunyi

Bunyi decit pada tali kipas AC mobil pada umumnya terjadi karena beberapa penyebab masalah. Adapun beberapa penyebab tersebut antara lain adalah:

  • Tali kipas sudah tua

    Pada umumnya, tali kipas AC mobil harus diganti secara berkala. Karena bagaimanapun juga, tali kipas dapat ditempeli karat dari besi, ataupun mengendur karena sudah tua.

  • Ukuran tali kipas sudah kendur

    Kekenduran tali kipas AC mobil biasa terjadi karena faktor usia tali kipas, faktor kualitas AC mobil, ataupun karena tali kipas yang dipasang ukurannya tidak sesuai.

  • Tali kipas kering

    Keringnya tali kipas juga menyebabkan bunyi decit karena gesekan antara tali kipas dan roda mesin dan kompresor.

  • Pulley yang Kotor

    Adanya kotoran pada pulley juga menjadi penyebab tali kipas berbunyi. Kotoran ini biasa muncul, terutama jika mobil jarang diberikan perawatan cuci AC.

Lantas apa solusinya untuk mengatasi masalah ini? Dan bagaimana cara mencegah muncul kembalinya masalah ini?

Lihat Juga: AC Mobil Tidak Dingin Saat Cuaca Panas

Penyebab Tali Kipas AC Mobil Bunyi lain adalah kotoran pada pulley. Mengatasinya dengan melepaskan semua pulley yang dihubungkan tali kipas untuk kemudian dibersihkan. Hati hati jangan memilih cairan yang mengandung minyak atau silikon. Membersihkan dengan sikat sangat dianjurkan.

Solusi Mengatasi dari Penyebab Tali Kipas AC Mobil yang Mengeluarkan Bunyi Decit

Penyebab Tali Kipas AC Mobil Bunyi

Ada beberapa solusi Penyebab Tali Kipas AC Mobil Bunyi. Dan sebaiknya memilih penyelesaian masalah sesuai dengan faktor penyebab.

Jika pulley kotor yang menjadi penyebab bunyi decit, dapat diatasi dengan melepas semua pulley yang dihubungkan dengan tali kipas lalu dibersihkan. Disarankan untuk membersihkan pulley dengan sikat. Dan jangan memilih cairan pembersih yang mengandung minyak atau silikon.

Jika penyebab bunyi pada tali kipas adalah keringnya tali kipas, sebaiknya berikan pelumas. Jangan menggunakan pelumas seperti bedak ataupun air. Mengapa? Karena bedak dan air hanya akan menghilangkan bunyi decit untuk sementara waktu saja. Setelah beberapa saat, tali kipas akan kering kembali.

Bagaimanapun juga, solusi terbaik mengatasi tali kipas AC mobil yang berbunyi adalah dengan melakukan ganti tali kipas AC mobil. Namun pastikanlah memilih tali kipas yang memiliki kualitas baik dan memiliki ukuran yang sesuai dengan jarak pulley mesin dan pulley kompresor AC mobil.

Nah itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi tali kipas AC mobil bunyi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8485

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda