New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
AC Mobil Bunyi Nging

Penyebab AC Mobil Bunyi Nging dan Cara Mudah Mengatasinya

Munculnya masalah AC mobil bunyi nging akan cukup membuat telinga sakit. Namun kerusakan yang lebih serius bisa terjadi pada mobil anda. Lantas apa penyebab masalah ini? Dan bagaimana mengatasinya?

Sebelum kita mencari tahu solusi untuk mengatasi masalah bunyi nging ini, ada baiknya kita mencari penyebab masalah ini terlebih dahulu. Dengan demikian, kita akan lebih mudah untuk:

  • Mengatasi penyebab masalah tersebut
  • Menghindari terjadinya hal-hal yang menjadi penyebab masalah

Silahkan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Penyebab AC Mobil Bunyi Nging

AC Mobil Bunyi Nging

Sebenarnya ada beberapa hal yang jadi penyebab munculnya bunyi nging dari AC mobil anda. Beberapa bisa anda perbaiki sendiri, namun beberapa lagi diperlukan tenaga teknisi profesional.

Adapun penyebab bunyi nging ini antara lain:

Bunyi Tersebut Sebenarnya Bukan dari AC Mobil

Seringkali kita menyangka bunyi nging berasal dari dalam AC mobil. Padahal sebenarnya berasal dari adanya masalah pada transmisi mobil yang sudah tua, ataupun gardan yang rusak.

Bunyi Nging Muncul Karena Ada Error pada Sistem Elektronika AC Mobil

Kerusakan pada komponen digital AC mobil juga menjadi sumber penyebab AC mobil bunyi nging. Kerusakan ini sering terjadi karena adanya salah setting pada komponen digital AC mobil.

Oli Kompresor yang Habis

Kompresor AC mobil yang kehabisan oli kompresor akan menyebabkan logam-logam di dalam kompresor AC mobil saling beradu dan bergesekan. Gesekan tersebut menimbulkan berbagai jenis bunyi, baik itu bunyi decit, tek-tek, dan bungi nging.

Lihat Juga: Bunyi Berdecit Saat AC Mobil Dihidupkan

Lantas apa solusi untuk mengatasi masalah di mana AC mobil bunyi nging yang mengganggu tersebut?

Solusi Mengatasi Bunyi Nging pada AC Mobil

Ada cukup banyak solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Namun sebaiknya melakukan penanganan masalah sesuai dengan jenis penyebabnya.

Jika bunyi nging sebenarnya berasal dari sistem transmisi dan gardan, maka sebaiknya melakukan pengecheckan pada komponen tersebut. Dan perbaiki sistem transmisi dan gardan mobil anda.

Jika bunyi nging terjadi karena ada error di sistem digital AC mobil, maka sebaiknya lakukan reset sistem ke mode default.

Dan jika masalah utamanya ada di kompresor AC mobil, maka sebaiknya dilakukan flushing AC mobil untuk mengisi ulang oli kompresor AC mobil.

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah AC mobil bunyi nging atau berdengung. Semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih sudah  membaca. Apapun mobilnya, Dokter Mobil bengkelnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5412

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!