New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Perjalanan Terganggu Akibat AC Mobil Bunyi yang Cukup Berisik

9 Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik dan Solusi Mengatasinya

Gejala AC mobil bunyi berisik bisa menjadi tanda adanya masalah serius. Ketahui penyebab dan solusi tepat untuk mengatasi masalah ini.

Tidak ingin perjalanan Sobat diganggu oleh bisingnya suara AC? Wajib waspada gejala ini agar moment perjalanan Sobat bebas dari gangguan yang ditimbulkan oleh mesin. Bagaimana caranya?

Ada 3 hal yang perlu diketahui yaitu penyebab munculnya masalah ini, solusi perbaikan, dan cara mencegah agar masalah ini tidak muncul kembali.

Faktor Utama Penyebab AC Mobil Bunyi

Mengetahui apa yang menyebabkan munculnya bunyi dari AC mobil sangatlah penting. Sebab beda penyebab masalah, beda juga solusinya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan AC mobil mengeluarkan bunyi berisik ini, di antaranya adalah:

Masalah di Kompresor

Ketika AC mobil berbunyi, biasanya sumber berasal dari kompresor. Ada beberapa masalah di kompresor yang menyebabkan munculnya bunyi berisik. Beberapa masalah tersebut di antaranya adalah:

  • Oli Kompresor Kurang

    Suara ngorok mirip gesekan benda logam bisa jadi karena oli kompresor yang kurang, piston dalam kompresor aus, atau longgarnya bearing. Selama jangka waktu tertentu tidak ada efek samping. Tapi lambat laun, kadang AC tidak dingin saat mobil berjalan pada RPM rendah.

    Ciri dari masalah ini adalah munculnya bunyi NGOROK dari kompresor. Jika dibiarkan, kompresor bisa jebol dan harus diganti baru.

  • Hilangnya Kompresi pada Kompresor

    Fungsi dasar kompresor adalah menghisap refigrerant (freon) dan memompanya menuju kondensor AC dengan tekanan yang lebih tinggi. Saat kompresi berkurang, gejalanya adalah AC kurang dingin saat melaju pada RPM rendah, lalu berubah menjadi dingin saat melaju lebih kencang.

  • Kompresor AC Mengalami Macet

    Jika kompresor AC mengalami macet, hal ini biasanya disebabkan kompresor yang dipaksa bekerja ketika mengalami termal tanpa adanya perbaikan. Yang terjadi selanjutnya adalah kompresor yang macet. Biasanya terjadi karena faktor seperti oli kompresor yang diisi terlalu banyak, oli kompresor yang jenisnya tidak sesuai, ada mengendapnya lumpur dan kerak di dalam kompresor AC mobil.

Jika sumber bunyi berasal dari kompresor maka sangat-sangat disarankan untuk segera membawa masalah ini ke bengkel yang berkompeten. Karena kerusakan dapat semakin meningkat dan menyebabkan biaya perbaikan meningkat drastis.

Kerusakan Part Sehingga AC Mobil Bunyi Berisik

Ada part-part AC mobil yang ketika rusak menyebabkan munculnya bunyi-bunyian yang cukup mengganggu dan membuat khawatir.

Beberapa kerusakan part yang menyebabkan bunyi mengganggu dari sistem AC di antaranya adalah:

  • Magnetic Clutch Bermasalah

    Komponen ini yang menyambungkan putaran mesin dengan kompresor. Jika kinerjanya sudah lemah, efeknya sama, hembusan udara AC akan lebih dingin saat mobil dipacu pada cepatan tinggi.

  • Kebocoran Saluran AC

    Ini dia yang membuat refrigerant cepat habis. Oli pada kompresor pun akan dikeluarkan sedikit demi sedikit sampai habis. Ini yang membuat gesekan pada piston dalam kompresor serta bola-bola di dalamnya makin kencang dan menimbulkan bunyi.

  • Pemasangan Fan Belt AC Mobil Tidak Sesuai

    Fan belt yang tidak terpasang dengan pas, kekecilan, ataupun longgar dapat menyebabkan munculnya bunyi saat AC mobil menyala. Biasanya bunyi yang dihasilkan adalah bunyi berdecit.

Ada Kotoran di Dalam Sistem Blower

Lebih dari 30 persen masalah AC mobil yang bunyi berisik terjadi karena ada benda-benda asing yang berputar di dalam sistem blower. Misalnya daun-daunan, bungkus plastik sisa makanan, potongan kertas, maupun serangga yang terjebak di dalam sistem blower.

Kotoran ini yang menyebabkan munculnya bunyi berisik dari dalam sistem AC mobil. Untuk mengatasinya, biasanya dilakukan pembongkaran blower, pembersihan, dan kemudian sterilisasi (terutama jika bunyi berisik terjadi karena ada kecoa di dalam sistem blower).

Lantas penanganan seperti apa yang perlu dilakukan?

Cara Mengatasi AC Mobil Bunyi

Pada dasarnya bunyi berisik menandakan ada masalah yang jika dibiarkan, kerusakan bisa semakin parah dan menyebabkan rusaknya komponen mobil secara keseluruhan. Oleh sebab itu, masalah bunyi dari sistem AC mobil harus segera diperbaiki.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah bunyi berisik ini, di antaranya:

Tentukan Sumber Masalah AC Mobil Bunyi

Setelah mengetahui penyebab munculnya masalah bunyi dari sistem AC mobil, kita tentu jadi tahu komponen mana saja yang harus dicek. Setelah melakukan pengecekan seluruh menyeluruh, maka kita bisa menentukan mana komponen yang perlu diperbaiki atau diberikan perhatian khusus.

Pastikan untuk mengecek seluruh komponen yang mungkin jadi sumber masalah. Karena seringkali penyebab masalah lebih dari satu sebab. Jangan sampai sudah lelah service ternyata masih ada masalah lain yang perlu diperbaiki karena tidak dicek dengan baik dan menyeluruh.

Cek Apa yang Bermasalah dengan Part

Setelah mengetahui apa part yang bermasalah, anda bisa menentukan apa hal yang tidak normal pada part tersebut. Misalnya kompresor kekurangan oli, atau ternyata ada part yang patah sehingga perlu diganti.

Nah, jika anda tidak mengetahui apa kondisi normal part AC mobil anda, sebaiknya meminta bantuan tenaga profesional untuk melakukan pengecekan. atau meminta pendampingan profesional sehingga bisa mengajari anda.

Tentukan Penanganan yang Tepat

Apakah part yang bermasalah harus diganti? Harus dibersihkan? Atau cukup diservice saja? Anda bisa menentukan sendiri berdasarkan tingkat masalah AC Mobil Bunyi.

Jika kerusakan berupa spare part yang pecah, patah, dan bocor maka penggantian perlu dilakukan. Jangan memaksakan part yang sudah mengalami perubahan bentuk karena biasanya justru membebani performa part lainnya sehingga part lain akan jadi lebih cepat rusak.

Jika masalah terjadi karena spare part salah pasang, longgar, selip, atau masalah lain yang bisa diperbaiki maka bisa anda coba perbaiki sendiri. Yang terpenting adalah tahu dan yakin jika menggunakan part lama tidak akan menjadi masalah.

Jika masalah spare part AC mobil adalah spare part yang kotor atau ada benda asing, maka perbaikan AC mobil bunyi berisik bisa dilakukan dengan melakukan pembersihan AC mobil di bengkel mobil terdekat.

Itulah beberapa hal yang menjadi jawaban penyebab dan cara mengatasi AC mobil bunyi yang sedang terjadi. Semoga informasi AC Mobil Bunyi ini bermanfaat untuk kenyamanan kita saat berkendara.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5123

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!