­čôó Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ÔĆę Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik dan Cara Menanganinya

Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik Bising

Berkendara dengan nyaman dan tenang tentu merupakan hal yang banyak dicari oleh para pengendara mobil. Sehingga jika terdapat komponen-komponen yang mengeluarkan bunyi berisik, tentu hal ini akan sangat menganggu kenyamanan saat berkendara.

Sebagai salah satu komponen penunjang kenyamanan, AC mobil juga seringkali mengalami permasalahan yang ditandai dengan timbulnya bunyi berisik yang menganggu saat berkendara, lho.

Penyebab AC mobil bunyi berisik ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Oleh sebab itu pemeriksaan secara berkala dan menyeluruh perlu dilakukan untuk memecahkan permasalahan AC mobil yang mengeluarkan bunyi berisik ini.

Agar Anda bisa lebih paham jika sewaktu-waktu AC mobil Anda mengeluarkan bunyi berisik yang menganggu, inilah penyebab AC mobil bunyi berisik dan menganggu kenyamanan saat berkendara.

Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik Bising

Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik Bising

  1. Suara ngorok mirip gesekan benda logam

    Penyebab AC mobil bunyi berisik bising yang pertama adalah bisa jadi karena volume oli kompresor yang kurang, piston dalam kompresor aus, atau juga bearing yang longgar. Untuk jangka waktu tertentu, hal ini  tidak akan memberikan efek samping. Tapi lambat laun, AC jadi tak dingin saat mobil melaju pada RPM yang rendah. Berkendara di suhu yang panas ditambah dengan bunyi berisik dari AC mobil, hal ini tentu akan sangat menganggu kenyamanan saat berkendara, bukan?

  2. Hilangnya kompresi pada kompresor

    Penyebab AC mobil bunyi berisik bising yang selanjutnya adalah hilangnya kompresi pada kompresor. Fungsi dasar kompresor adalah menghisap refigrerant (freon) dan memompanya menuju kondensor AC dengan tekanan yang lebih tinggi. Saat kompresi pada kompresor ini berkurang, gejalanya adalah AC kurang dingin saat melaju pada RPM rendah, lalu berubah menjadi dingin saat melaju lebih kencang.

  1. Magnetic Clutch bermasalah

    Penyebab AC mobil bunyi berisik bising selanjutnya ada pada magnetic cluth. Komponen ini yang menyambungkan putaran mesin dengan kompresor. Magnetic clutch yang bermasalah ini bisa jadi karena masa pakai yang sudah terlalu lama, kualitasnya yang tak bagus, atau karena kesalahan pemasangan. Jika kinerjanya sudah lemah, efeknya sama, hembusan udara AC akan lebih dingin saat mobil dipacu pada cepatan tinggi serta menimbulkan bunyi berisik saat AC dinyalakan.

  2. Kotoran yang menumpuk pada evaporator

    Pada bagian AC mobil, evaporator berperan untuk menampung gas freon yang sudah diproses dari kompresor. Gas freon ini ditampung untuk selanjutnya disalurkan ke bagian blower. Seringkali pengguna mobil melakukan kelalaian dengan membuka jendela mobil saat AC sedang dinyalakan. Kotoran dapat dengan mudah masuk melalui jendela yang dibuka dan selanjutnya masuk ke dalam evaporator AC. Kotoran-kotoran yang semakin menumpuk ini akan menganggu kinerja evaporator dan menjadi salah satu penyebab AC mobil bunyi berisik.

  3. Habisnya gas freon pada AC

    Gas freon ini memang berfungsi untuk mendinginkan suhu pada AC mobil. Namun jika AC mobil Anda muncul bunyi berisik, bisa jadi gas freon pada AC mobil sudah habis. Karena gas freon AC mobil yang habis biasanya ditandai dengan suhu AC yang kurang dingin dan muncul bunyi berisik yang mendesis.

  4. Kebocoran saluran AC

    Penyebab AC mobil bunyi berisik bising yang selanjutnya yaitu kebocoran saluran AC. Ini dia yang membuat refrigerant cepat habis. Oli pada kompresor pun akan dikeluarkan sedikit demi sedikit sampai habis. Ini yang membuat gesekan pada piston dalam kompresor serta bola-bola di dalamnya makin kencang dan menimbulkan bunyi.

  5. Katup ekspansi valve yang tersumbat

    Penyebab AC mobil bunyi berisik bising yang ketujuh adalah tersumbatnya komponen katup ekspansi valve. Katup ekspansi valve ini berguna untuk menyalurkan gas freon yang dialirkan melalui evaporator. Saat katup ekspansi valve tertutup, laju gas freon jadi semakin cepat dan menyebabkan AC mobil bunyi berisik bising.

  6. Fan belt AC tak memutar puli dengan baik

    Terbuat dari karet, fan belt ini berfungsi untuk menggerakkan dan menghubungkan komponen mobil saat dinyalakan. Penyebab AC mobil bunyi berisik pun juga bisa terjadi karena fan belt yang tak memutar puli dengan baik dan menimbulkan suara mendesis. Hal ini disebabkan karena kondisi fan belt yang sudah tak layak. Sehingga periksakan bagian fan belt apakah kondisinya sudah tak layak digunakan dan harus diganti jika AC mobil mulai mengeluarkan bunyi berisik.

Solusi Mengatasi Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik

  1. Memflushing AC

    Proses flushing menggunakan mesin flushing ini akan sangat membantu proses service AC mobil yang bau, AC mobil tidak dingin, dan AC mobil yang mengeluarkan bunyi berisik.

  1. Mencuci AC Mobil

    Dengan mencuci bagian AC mobil, benda-benda asing di dalam komponen AC dapat ditemukan dan disingkirkan sehingga tidak lagi membuat berisik di dalam AC mobil anda. Proses cuci AC ini perlu dilakukan secara hati-hati, baik saat membongkar bagian dashboard maupun saat membasahi beberapa sudut AC mobil.

  2. Memeriksa kualitas bearing dan magnetic cluth

    Jika pemasangan komponen ini longgar atau tidak pas, tentu harus dikencangkan. Jika bearing dan magnetic clutch nya sudah tidak berfungsi normal, tentu sebaiknya diganti dengan yang baru.

  1. Memperbaiki atau mengganti Spare Part AC yang Rusak

    Komponen AC seringkali mengalami masalah seperti :
    – patah,
    – macet,
    – berdecit.

    Oleh sebab itu, anda perlu mengecheck sumber suara berisik pada AC mobil anda.
    Jika sumber suara ditemukan, langkah selanjutnya adalah menentukan spare part apa yang menjadi masalah.
    Jika sumber masalah telah ditemukan, anda dapat memilih antara memperbaiki spare part tersebut, atau mengganti dengan yang baru.

Baca Juga : Cara Merawat AC Mobil Agar Tidak Mengeluarkan Bunyi Bising

Dokter Mobil

Jika mobil Anda membutuhkan perawatan dan service AC mobil untuk mengatasi masalah penyebab AC mobil bunyi berisik, percayakan pada bengkel mobil yang kredibel dan terpercaya. Salah satu bengkel mobil yang mampu mengentaskan penyebab AC mobil bunyi berisik dan terpercaya adalah Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang memiliki beberapa keunggulan seperti:

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers ­čĹő, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ÔŁĄ´ŞĆ

Loading...
Cabang :
Service :
  • Mekanik berpengalaman lebih dari 5 tahun
  • Peralatan service yang lengkap dan berteknologi terbaru
  • Spare part pengganti asli dan berkualitas
  • Pengecheckan AC mobil yang “By Data” menggunakan mesin canggih
  • Pengecheckan AC mobil GRATIS
  • Garansi uang kembali 100% jika masalah muncul kembali.

Jarak dan lokasi bukanlah masalah, karena Dokter Mobil tersedia di beberapa titik daerah di Indonesia untuk membantu berbagai permasalahan pada mobil Anda. Jika Anda membutuhkan service mengatasi Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik silahkan menghubungi Dokter Mobil di phone/kontak:

FILTER
CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Cibubur

Jalan Canadian Broadway Ruko Commpark, Blk. E No.32, Limus Nunggal, Kec. Cileungsi, Bogor, Jawa Barat 16896

Surabaya 1

Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60216

Surabaya 2

Jl. Ngagel Jaya No.85, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60246

Makassar

Jl. Kumala No.72D, Bongaya, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90223

Bandung

Soekarno-Hatta St No.372, Kebon Lega, Bojongloa Kidul, Bandung City, West Java 40235

Cirebon

Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

Lampung

Jl. Teuku Umar No.64A, Kedaton, Bandar Lampung

Demikian informasi yang dapat Dokter Mobil berikan. Jika anda merasa informasi ini kurang, silahkan bertanya melalui kontak di atas, ataupun dengan meninggalkan pertanyaan anda di kolom komentar di bawah ini. Pastikan untuk tak lupa mengunjungi blog Dokter Mobil lainnya.

Dokter Mobil, Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 488669

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers ­čĹő, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ÔŁĄ´ŞĆ


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya