📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik dan Cara Menanganinya

Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik Bising

Berkendara dengan nyaman dan tenang tentu merupakan hal yang banyak dicari oleh para pengendara mobil. Sehingga jika terdapat komponen-komponen yang mengeluarkan bunyi berisik, tentu hal ini akan sangat menganggu kenyamanan saat berkendara.

Sebagai salah satu komponen penunjang kenyamanan, AC mobil juga seringkali mengalami permasalahan yang ditandai dengan timbulnya bunyi berisik yang menganggu saat berkendara, lho.

Penyebab AC mobil bunyi berisik ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Oleh sebab itu pemeriksaan secara berkala dan menyeluruh perlu dilakukan untuk memecahkan permasalahan AC mobil yang mengeluarkan bunyi berisik ini.

Agar Anda bisa lebih paham jika sewaktu-waktu AC mobil Anda mengeluarkan bunyi berisik yang menganggu, inilah penyebab AC mobil bunyi berisik dan menganggu kenyamanan saat berkendara.

Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik Bising

Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik Bising

  1. Suara ngorok mirip gesekan benda logam

    Penyebab AC mobil bunyi berisik bising yang pertama adalah bisa jadi karena volume oli kompresor yang kurang, piston dalam kompresor aus, atau juga bearing yang longgar. Untuk jangka waktu tertentu, hal ini  tidak akan memberikan efek samping.

    Tapi lambat laun, AC jadi tak dingin saat mobil melaju pada RPM yang rendah. Berkendara di suhu yang panas ditambah dengan bunyi berisik dari AC mobil, hal ini tentu akan sangat menganggu kenyamanan saat berkendara, bukan?

  2. Hilangnya kompresi pada kompresor

    Penyebab AC mobil bunyi berisik bising yang selanjutnya adalah hilangnya kompresi pada kompresor. Fungsi dasar kompresor adalah menghisap refigrerant (freon) dan memompanya menuju kondensor AC dengan tekanan yang lebih tinggi.

    Saat kompresi pada kompresor ini berkurang, gejalanya adalah AC kurang dingin saat melaju pada RPM rendah, lalu berubah menjadi dingin saat melaju lebih kencang.

  1. Magnetic Clutch bermasalah

    Penyebab AC mobil bunyi berisik bising selanjutnya ada pada magnetic cluth. Komponen ini yang menyambungkan putaran mesin dengan kompresor.

    Magnetic clutch yang bermasalah ini bisa jadi karena masa pakai yang sudah terlalu lama, kualitasnya yang tak bagus, atau karena kesalahan pemasangan. Jika kinerjanya sudah lemah, efeknya sama, hembusan udara AC akan lebih dingin saat mobil dipacu pada cepatan tinggi serta menimbulkan bunyi berisik saat AC dinyalakan.

  2. Kotoran yang menumpuk pada evaporator

    Pada bagian AC mobil, evaporator berperan untuk menampung gas freon yang sudah diproses dari kompresor. Gas freon ini ditampung untuk selanjutnya disalurkan ke bagian blower. Seringkali pengguna mobil melakukan kelalaian dengan membuka jendela mobil saat AC sedang dinyalakan.

    Kotoran dapat dengan mudah masuk melalui jendela yang dibuka dan selanjutnya masuk ke dalam evaporator AC. Kotoran-kotoran yang semakin menumpuk ini akan menganggu kinerja evaporator dan menjadi salah satu penyebab AC mobil bunyi berisik.

  3. Habisnya gas freon pada AC

    Gas freon ini memang berfungsi untuk mendinginkan suhu pada AC mobil. Namun jika AC mobil Anda muncul bunyi berisik, bisa jadi gas freon pada AC mobil sudah habis.

    Karena gas freon AC mobil yang habis biasanya ditandai dengan suhu AC yang kurang dingin dan muncul bunyi berisik yang mendesis.

  4. Kebocoran saluran AC

    Penyebab AC mobil bunyi berisik bising yang selanjutnya yaitu kebocoran saluran AC. Ini dia yang membuat refrigerant cepat habis.

    Oli pada kompresor pun akan dikeluarkan sedikit demi sedikit sampai habis. Ini yang membuat gesekan pada piston dalam kompresor serta bola-bola di dalamnya makin kencang dan menimbulkan bunyi.

  5. Katup ekspansi valve yang tersumbat

    Penyebab AC mobil bunyi berisik bising yang ketujuh adalah tersumbatnya komponen katup ekspansi valve. Katup ekspansi valve ini berguna untuk menyalurkan gas freon yang dialirkan melalui evaporator.

    Saat katup ekspansi valve tertutup, laju gas freon jadi semakin cepat dan menyebabkan AC mobil bunyi berisik bising.

  6. Fan belt AC tak memutar puli dengan baik

    Terbuat dari karet, fan belt ini berfungsi untuk menggerakkan dan menghubungkan komponen mobil saat dinyalakan. Penyebab AC mobil bunyi berisik pun juga bisa terjadi karena fan belt yang tak memutar puli dengan baik dan menimbulkan suara mendesis.

    Hal ini disebabkan karena kondisi fan belt yang sudah tak layak. Sehingga periksakan bagian fan belt apakah kondisinya sudah tak layak digunakan dan harus diganti jika AC mobil mulai mengeluarkan bunyi berisik.

Solusi Mengatasi Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik

  1. Memflushing AC

    Proses flushing menggunakan mesin flushing ini akan sangat membantu proses service AC mobil yang bau, AC mobil tidak dingin, dan AC mobil yang mengeluarkan bunyi berisik.

  1. Mencuci AC Mobil

    Dengan mencuci bagian AC mobil, benda-benda asing di dalam komponen AC dapat ditemukan dan disingkirkan sehingga tidak lagi membuat berisik di dalam AC mobil anda.

    Proses cuci AC ini perlu dilakukan secara hati-hati, baik saat membongkar bagian dashboard maupun saat membasahi beberapa sudut AC mobil.

  2. Memeriksa kualitas bearing dan magnetic cluth

    Jika pemasangan komponen ini longgar atau tidak pas, tentu harus dikencangkan. Jika bearing dan magnetic clutch nya sudah tidak berfungsi normal, tentu sebaiknya diganti dengan yang baru.

  1. Memperbaiki atau mengganti Spare Part AC yang Rusak

    Komponen AC seringkali mengalami masalah seperti :
    – patah,
    – macet,
    – berdecit.

Oleh sebab itu, anda perlu mengecek sumber suara berisik pada AC mobil anda.
Jika sumber suara ditemukan, langkah selanjutnya adalah menentukan spare part apa yang menjadi masalah.

Jika sumber masalah telah ditemukan, anda dapat memilih antara memperbaiki spare part tersebut, atau mengganti dengan yang baru.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

jenis mobil self loader truck

Mobil Self-Loading Tow Truck

Mobil Self-Loading Tow Truck adalah solusi inovatif yang memungkinkan Anda memuat dan menurunkan kendaraan sendiri tanpa operator tambahan. Dengan harga yang terjangkau dan berbagai keunggulan,

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!