📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Saat Magnetic Clutch AC Mobil Terios Tidak Berputar, Segera Cek Bagian-bagian Ini!

Magnetic Clutch AC Mobil Terios Tidak Berputar

Fungsi magnetic clutch pada AC mobil Daihatsu Terios sangatlah krusial. Berkat magnetic clutch, kompresor AC mobil bisa bekerja dan menghasilkan udara dingin di dalam kabin.

Tapi pada Terios, seringkali muncul masalah magnetic clutch AC mobil Terios tidak berputar, menyebabkan AC di dalam mobil pun jadi tidak dingin.

Mengapa bisa terjadi demikian? Bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut? Cari tahu selengkapnya di sini!

Apa itu Magnetic Clutch AC Mobil Terios?

Sebelum kita memahami masalah magnetic clutch AC mobil Terios tidak berputar, penting untuk mengetahui lebih lanjut tentang komponen ini.

Magnetic clutch merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pendinginan udara (AC) mobil. Fungsinya adalah menghubungkan dan memutuskan putaran antara kompresor AC dengan mesin kendaraan melalui gaya magnetik.

Ketika magnetic clutch berputar, kompresor AC juga akan berputar, menghasilkan udara dingin yang diarahkan ke dalam kabin mobil.

Penyebab Magnetic CLutch AC Mobil Terios Tidak Berputar

Permasalahan magnetic clutch AC mobil Terios tidak berputar sebenarnya bisa terjadi karena beberapa faktor. Berikut adalah beberapa faktor pemicunya:

  1. Kerusakan pada Coil (Kumparan) Magnetic Clutch

Salah satu penyebab utama magnetic clutch AC mobil Terios tidak berputar adalah kerusakan pada kumparan (coil) yang terdapat di dalamnya.

Kumparan ini berperan dalam menghasilkan medan magnet yang diperlukan untuk menghubungkan dan memutuskan putaran antara kompresor dan mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika kumparan mengalami kerusakan, seperti konsleting atau terbakar, maka magnetic clutch AC mobil Terios tidak berputar.

  1. Tegangan Rendah atau Tidak Stabil

Magnetic clutch membutuhkan tegangan listrik yang cukup dan stabil untuk berfungsi dengan baik. Jika tegangan yang diberikan tidak mencukupi atau tidak stabil, magnetic clutch tidak akan dapat berputar dengan normal.

Tegangan yang rendah bisa disebabkan oleh masalah pada sistem pengisian baterai atau regulator tegangan. Sementara itu, tegangan yang tidak stabil dapat terjadi akibat kabel yang longgar atau konsleting pada rangkaian listrik.

  1. Kerusakan pada Pully atau Bearing

Pully dan bearing adalah komponen lain yang berperan dalam penggerak magnetic clutch. Pully berfungsi untuk mengubah gerakan putar menjadi gerakan linier, sedangkan bearing bertugas menopang beban rotasi magnetic clutch.

Jika pully atau bearing mengalami kerusakan, seperti keausan atau kekakuan, magnetic clutch AC mobil Terios tidak berputar.

Baca Juga: Penyebab Magnetic Clutch atau Pulley AC Mobil Bunyi

  1. Sistem Elektrikal yang Bermasalah

Sistem elektrikal mobil yang mengontrol magnetic clutch juga dapat menjadi sumber masalah. Kabel yang putus, koneksi yang longgar, atau sensor yang rusak dapat mengganggu aliran listrik yang diperlukan untuk menggerakkan magnetic clutch.

Selain itu, modul pengendali atau unit kontrol AC yang mengalami kerusakan juga dapat menyebabkan magnetic clutch AC mobil Terios tidak berputar.

Solusi untuk Masalah Magnetic Clutch AC Mobil Terios Tidak Berputar

Jika Anda mengalami masalah magnetic clutch AC mobil Terios tidak berputar, ada beberapa solusi yang dapat Anda coba sebelum membawanya ke bengkel spesialis AC mobil.

Namun, kami tetap menyarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik yang berpengalaman jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup.

Berikut adalah solusi yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Periksa Kondisi Coil

Langkah pertama adalah memeriksa kondisi coil (kumparan) magnetic clutch. Anda perlu memastikan bahwa kumparan tidak mengalami kerusakan, seperti konsleting atau terbakar.

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang cukup, Anda dapat menggunakan alat pengukur resistansi untuk memeriksa resistansi kumparan.

Jika nilai resistansinya di luar rentang normal, maka kemungkinan besar kumparan perlu diganti.

  1. Periksa Tegangan Listrik

Pastikan tegangan listrik yang diberikan ke magnetic clutch mencukupi dan stabil. Anda dapat menggunakan alat pengukur tegangan untuk memeriksa apakah tegangan yang masuk ke clutch sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh produsen.

Jika tegangan rendah atau tidak stabil, periksa kabel dan koneksi yang terhubung ke magnetic clutch, serta pastikan sirkuit listrik tidak terputus.

Jika terdapat masalah pada sistem pengisian atau regulator tegangan, segera perbaiki atau ganti komponen yang rusak.

  1. Periksa Pully dan Bearing

Selanjutnya, periksa kondisi pully dan bearing yang terhubung dengan magnetic clutch.

Pastikan tidak ada keausan, kekakuan, atau kerusakan lain yang dapat menghambat pergerakan clutch. Bersihkan pully dan bearing dari kotoran atau sisa-sisa pelumas yang mengeras.

Jika ditemukan kerusakan yang signifikan, sebaiknya gantilah dengan yang baru untuk memastikan kinerja optimal.

  1. Periksa Sistem Elektrikal

Lakukan pemeriksaan menyeluruh pada sistem elektrikal yang terkait dengan magnetic clutch AC mobil Terios tidak berputar.

Periksa semua kabel dan koneksi, pastikan tidak ada yang putus atau longgar.

Bersihkan kontak-kontak yang terhubung dengan sistem ini untuk memastikan aliran listrik yang baik.

Jika ada sensor atau modul pengendali yang rusak, gantilah dengan yang baru sesuai dengan rekomendasi produsen.

  1. Konsultasikan dengan Mekanik

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas masalah masih belum teratasi, sebaiknya konsultasikan masalah ini kepada mekanik yang berpengalaman.

Mekanik akan dapat melakukan pemeriksaan lebih mendalam menggunakan peralatan yang tepat dan memberikan solusi yang sesuai untuk masalah yang Anda alami.

Mereka juga dapat melakukan diagnosis lebih lanjut menggunakan alat bantu seperti scanner kendaraan untuk melacak kemungkinan masalah lain yang tidak terlihat secara kasat mata.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

membersihkan body valve mobil matic

Cara Membersihkan Body Valve Mobil Matic

DokterMobil.com akan membahas secara mendetail tentang cara membersihkan body valve mobil matic. Body valve adalah salah satu komponen penting dalam sistem transmisi otomatis mobil, dan

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form