πŸ“’ SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   πŸ“’ Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

8 Penyebab Kompresi Mobil Bocor, Piston Penyebabnya?

kompresi mobil bocor

Penyebab paling umum dari kompresi mobil bocor adalah karena segel katup yang rusak atau katup yang buruk. Penyebab kompresi mobil bocor lainnya adalah ring piston yang aus.

Namun, tidak hanya itu saja, penyebab umum lainnya karena perangkat hidrolik yang rusak juga dapat menyebabkan kompresi mobil bocor sering terjadi.

Berikut merupakan penyebab kompresi mobil bocor pada mesin mobil.

Kompresi mesin mobil yang bocor sering kali menjadi tanda bahwa mesin mobil sudah tua dan haus, tetapi kompresi mesin mobil yang bocor juga bisa terjadi karena alasan lain. Inilah penyebab umum mengapa terjadi kompresi mobil bocor.

Agar mesin dapat berfungsi dengan baik, maka perlu memiliki kompresi yang tinggi dan bagus. Semakin banyak udara masuk yang dapat dikompres oleh mesin setiap siklus berarti kinerja mesin dapat bekerja lebih tinggi.

Perlu diketahui, jika kompresi mesin mobil bocor akan menyebabkan mobil berjalan dengan kasar dan hal terburuknya adalah mobil tidak dapat dihidupkan jika semua silinder mesin mobil tidak memiliki kompresi.

8 Penyebab Kompresi Mobil Bocor

kompresi mobil bocor

  • Katup atau Kursi Katup yang rusak

Pertama, penyebab paling umum dari kompresi mobil bocor adalah katup atau dudukan katup yang aus. Tentu hal ini dapat mempengaruhi katup buang atau katup masuk.

Fungsi katup yang dapat menyegel tekanan pembakaran pada mobil sebelum dilepaskan ke knalpot, jika terjadi kebocoran pada klep atau dudukan klep maka kompresi akan bocor ke knalpot saat proses pembakaran.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❀️

Tidak hanya itu, katup mobil yang terlalu panas juga dapat mengeluarkan gas sebelum waktunya sehingga dapat menyebabkan kompresi mobil bocor dan rendah sehingga tidak memiliki tekanan.

Penyebab umum lainnya adalah adanya lubang atau kerusakan lain pada katup mesin sehingga katup pada mesin mobil harus diganti.

Sebelum mengganti katup mobil, Anda memerlukan penguji kebocoran untuk dapat mengidentifikasi kebocoran gas dari katup di manifold saluran udara masuk atau pipa buang.

  • Ring Piston aus atau rusak

Penyebab umum lainnya dari kompresi mobil bocor adalah ring piston yang aus atau rusak. Di sekitar piston mesin mobil terdapat 2 hingga 4 ring piston, cincin-cincin piston ini dapat memastikan untuk mencegah kompresi yang akan bocor ke dalam bak mesin, serta memastikan bahwa tidak ada minyak yang akan rembes ke ruang pembakaran.

Tidak hanya itu saja, ring piston dapat tersangkut oleh residu mesin dan kemudian dapat menyebabkan ring piston tidak mengembang dan menempel dengan baik pada dinding silinder.

Untuk mengatasi masalah pada ring piston, maka Anda dapat mencoba untuk melepas busi dan menuangkan sedikit bahan bakar kedalam silinder dan diamkan selama beberapa jam. Setelah itu, lakukan uji kompresi kembali. Jika rusak atau aus maka ring piston perlu diganti.

  • Piston rusak atau aus

Satu lagi alasan umum penyebab mesin kompresi mesin mobil adalah kondisi piston yang aus dan rusak. Piston pada mesin dibuat dari paduan aluminium dan cukup kuat untuk menahan suhu mesin yang tinggi.

Namun, piston dapat menjalarkan panas jika mesin berjalan terlalu buruk. Oleh karena itu panas yang merembet dapat membakar lubang di piston sehingga dapat menyebabkan kebocoran gas di ruang pembakaran.

Tidak hanya itu saja, piston juga bias aus pada mesin dengan jarak tempuh tinggi dan hal ini akan menyebabkan kompresi mesin mobil menjadi lebih buruk dalam jangka waktu yang lama.

Namun, kondisi piston menjadi aus dan rusak di mesin mobil modern dan lebih sering terjadi pada mesin mobil keluaran lama atau tua.

Sebabnya karena injektor bahan bakar yang tidak menyebabkan panas yang tinggi untuk melelehkan piston.

Baca Juga: Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!

Sehingga, jika piston mobil Anda aus atau rusak maka tidak ada yang dapat dilakukan selain membongkar seluruh mesin dan menggantinya serta ring piston.

Tidak hanya mengganti ring piston, hal yang perlu dilakukan adalah melapisi kembali dinding silinder.

  • Perangkat Hidrolik rusak

Perangkat hidrolik dipasang diantara poros bubungan dan katup. Perangkat hidrolik dapat disesuaikan dengan mesin kendaraan anda.

Lifter hidrolik diisi dengan tekanan oli untuk menjalankan mesin. Jika memiliki mesin dengan jarak tempuh yang tinggi, maka secara tidak sengaja akan menyebabkan mereka gagal menahan tekanan oli.

Oleh karena itu, katup yang tidak terbuka dengan benar akan menyebabkan kompresi mobil bocor. Untuk mendiagnosis hal ini maka sebaiknya anda melepas penutup katup untuk memeriksa bagian atas mesin hidrolik dan camshaft untuk memastikan tidak ada kerusakan.

  • Timing Camshaft yang salah

Jika Anda mengalami kompresi mobil bocor pada beberapa bagian silinder mesin, mungkin juga dapat disebabkan karena timing belt yang rusak atau juga dapat disebabkan karena rantai yang dipasang salah.

Rantai mesin menggunakan putaran poros engkol dan mengirim daya ke poros bubungan untuk mengontrol waktu buka katup mesin. Fungsi katup sebagai pengontrol aliran keluar dan masuk gas dari ruang pembakaran.

Ketika sabuk atau rantai rusak, tentu akan gagal untuk menyuntikkan campuran udara-bahan bakar pada waktu yang tepat, dan akan gagal untuk melepaskan gas buang pada saat yang tepat. Ini pada akhirnya akan menyebabkan masalah kompresi mobil bocor.

  • Gasket Kepala rusak

Diantara blok mesin dan kepala silinder dipasang gasket besar untuk memisahkan oli, cairan pendingin, dan kompresor. Terdapat cincin logam di setiap silinder gasket kepala yang dapat tak berfungsi.

Jika ring logam tidak berfungsi dengan baik maka dapat menyebabkan kompresi mengalir dari satu silinder ke silinder lainnya. Tentunya hal ini dapat menyebabkan kompresi mobil bocor.

Oleh karena itu, gasket dapat diukur dengan penguji kebocoran untuk melihat apakah tekanan bertiup dari satu silinder ke silinder lainnya.

  • Dinding Silinder rusak

Piston dan ring piston bekerja di dalam silinder mesin. Agar ring piston dapat bekerja dengan baik dan menyegel dengan benar maka diperlukan permukaan yang rata di dalam dinding silinder.

Namun, suku cadang tersebut dapat tersedot ke ruang bakar, tentunya hal ini dapat menyebabkan goresan yang dalam pada dinding silinder sehingga dapat menyebabkan kompresi bocor ke dalam bak mesin.

Baca Juga: Magnet Silinder Mobil Rusak? Begini Cara Perawatannya

Jika mesin mobil Anda sudah tergolong tua dan sudah memiliki masa pakai yang terlalu lama, dapat dipastikan jika dinding silinder pada mesin menjadi aus sehingga ring piston tidak dapat menutup dengan baik.

Disamping itu, adanya retakan di dinding silinder juga dapat muncul tetapi tergolong jarang. Dinding silinder dapat diganti dengan beberapa alat khusus untuk dapat menghilangkan kerusakan.

  • Dinding Silinder kotor

Jika mobil berjalan tanpa adanya pembakaran pada satu silinder dalam sementara waktu kemungkinan bensin telah menghilangkan minyak dari dinding silinder sehingga dapat menyebabkan kompresi mobil bocor dan menyebabkan tenaga yang dihasilkan cukup rendah.

Untuk memeriksa dan membersihkan dinding silinder yang kotor sehingga menyebabkan kompresi mobil bocor, Anda bisa mencoba layanan Jet Clean di Dokter Mobil yang bertujuan untuk membersihkan kerak karbon yang menumpuk di komponen-komponen ruang pembakaran.

Karena kerak karbon yang menumpuk ini dapat mengganggu kinerja pembakaran sehingga akibatnya berujung pada kompresi mobil bocor.

Dengan Jet Clean di Dokter Mobil, seluruh komponen di ruang pembakaran, seperti dinding silinder, akan dibersihkan hingga bersih maksimal tanpa harus membongkar mesin.

Teknisi akan terus menerus membersihkan sampai kerak karbon benar-benar luruh dari komponen ruang pembakaran.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Gejala Kompresi Mobil Bocor

Berikut beberapa gejala atau tanda-tanda kompresi mobil bocor yang harus diperhatikan:

1. Performa Mesin Menurun

  • Tenaga mesin terasa lemah saat berakselerasi.
  • Mobil terasa lambat dan tidak bertenaga saat menanjak.
  • Konsumsi bahan bakar meningkat.

2. Suara Mesin Tidak Normal

  • Suara mesin kasar dan berisik.
  • Bunyi ketukan abnormal dari mesin.
  • Suara mendesis dari knalpot.

3. Asap Putih dari Knalpot

  • Muncul asap putih tebal dari knalpot, terutama saat mesin dingin.
  • Asap putih berbau menyengat seperti oli.

4. Oli Bertambah Banyak

  • Oli mesin terlihat lebih banyak dari biasanya saat dicek.
  • Adanya gelembung udara di dalam oli mesin.

5. Mesin Susah Distarter

  • Mesin membutuhkan waktu lama untuk menyala.
  • Mesin sering mati sendiri saat idle.

Pencegahan Kompresi Mobil Bocor

Berikut beberapa cara untuk mencegah terjadinya kompresi mobil bocor:

1. Rutin Ganti Oli Mesin

  • Gunakan oli mesin berkualitas sesuai dengan spesifikasi mobil. Ganti oli secara rutin sesuai anjuran pabrikan.

2. Periksa Filter Oli

  • Pastikan filter oli terpasang dengan baik dan tidak ada kebocoran. Ganti filter oli setiap kali ganti oli mesin.

3. Panaskan Mesin Secara Perlahan

  • Hindari langsung memacu mesin saat mobil baru dinyalakan. Panaskan mesin terlebih dahulu selama beberapa menit.

4. Hindari Menyalakan Mesin dengan Cara Didorong

  • Menyalakan mesin dengan cara didorong dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin, termasuk piston dan ring piston.

5. Periksa Kondisi Mesin Secara Berkala

Bawa mobil ke bengkel terpercaya untuk dilakukan pemeriksaan kondisi mesin secara berkala.

Perbedaan Penyebab Kompresi Mobil Bocor

Pada dasarnya, penyebab kompresi mobil bocor pada mesin mobil konvensional dan mobil modern tidak jauh berbeda. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Kerusakan pada Ring Piston

Ring piston yang aus, patah, atau tergores dapat menyebabkan kebocoran kompresi.

2. Kerusakan pada Piston

Piston yang aus, tergores, atau retak dapat menyebabkan kebocoran kompresi.

3. Kerusakan pada Dinding Silinder

Dinding silinder yang aus, tergores, atau baret dapat menyebabkan kebocoran kompresi.

4. Kerusakan pada Katup Mesin

Katup mesin yang bocor atau tidak menutup dengan sempurna dapat menyebabkan kebocoran kompresi.

5. Kerusakan pada Gasket Mesin

  • Gasket yang bocor, seperti gasket kepala silinder atau gasket blok mesin, dapat menyebabkan kebocoran kompresi.

Pada mobil modern, terdapat beberapa penyebab tambahan yang dapat menyebabkan kebocoran kompresi, seperti:

1. Kerusakan pada Turbocharger

  • Turbocharger yang bocor dapat menyebabkan kebocoran kompresi.

2. Kerusakan pada Supercharger

  • Supercharger yang bocor dapat menyebabkan kebocoran kompresi.

3. Kerusakan pada Sistem VVT-i

  • Sistem VVT-i yang malfunction dapat menyebabkan kebocoran kompresi.

4. Kerusakan pada Sistem Direct Injection

  • Sistem direct injection yang malfunction dapat menyebabkan kebocoran kompresi.

Kesimpulan
Kompresi mobil bocor dapat menyebabkan berbagai masalah pada mobil, seperti performa mesin menurun, boros bahan bakar, dan mesin susah distarter.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala dan penyebab kompresi mobil bocor, serta melakukan pencegahan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Penutup

Apabila kompresi mesin mobil bocor disebabkan oleh komponen ruang pembakaran yang kotor, Anda harus pertimbangkan untuk melakukan pembersihan ruang pembakaran dengan layanan Jet Clean di Dokter Mobil. Karena selain memastikan kebersihan pada ruang pembakaran, berbagai komponen mobil Anda secara GRATIS akan diperiksa hingga di 32 titik.

Lakukan reservasi Jet Clean Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp untuk nikmati layanan pembersihan ruang pembakaran pada mobil Anda agar performanya senantiasa prima.Β Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form