📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab dan Tips Saat Mobil Tidak Bisa Distater

Mobil tidak bisa distater

Dokter Mobil akan menjelaskan mengenai informasi  penyebab mobil tidak bisa distater. Dengan Anda mempelajari dan mengerti hal ini, maka dapat mengetahui keadaan mobil Anda, jika kejadian ini terjadi di kemudian hari. Dan sebagai antisipasi agar Anda tidak terlalu panik.

Penyebab Mobil Tidak Mau Hidup Saat Distarter

Mobil tidak bisa distater

1. Busi pada mobil kotor

Penyebab mobil tidak bisa distater yang pertama busi pada mobil itu kotor. Busi merupakan hal yang paling penting dalam proses starter mobil.

Busi yang kotor dapat menjadi salah satu yang menyebabkan mobil tidak bisa distarter.  Debu serta kotoran bisa menghambat percikan bunga api saat proses mesin atau stater menyala.

Oleh karena itu, Anda harus rutin melakukan pembersihan busi secara berkala untuk mencegah kotoran menempel.

Namun, bisa juga busi mobil Anda  dalam kondisi tidak baik sehingga mobil tidak bisa distater walaupun kondisi mesin masih panas.

2. Aliran pada bahan bakar yang tidak lancar

Penyebab mobil tidak bisa distater Yang ke dua aliran pada BBM yang tidak lancar. Agar mobil atau mesin dapat menyala, mesin membutuhkan bahan bakar dari tangki mesin.

Akan tetapi, jika aliran bahan bakar dari tangki ke mesin tidak berjalan dengan seharusnya, maka mesin mobil tidak dapat dinyalakan atau mobil tidak bisa distater.

Pembersihan dapat dilakukan pada tangki bahan bakar, filter, dan sebagainya. Apabila Anda tidak yakin untuk melakukan pembersihan sendiri, Anda dapat ke bengkel Dokter Mobil terdekat dengan menghubungi contact person kami.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

3. Dinamo ampere atau stater rusak

Penyebab mobil tidak bisa distater yang ketiga itu dinamo ampere rusak. Dinamo ampere atau bisa disebut juga alternator yang fungsinya sebagai untuk mengalirkan listrik.

Apabila alternator bermasalah, maka dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Namun, perlu Anda ketahui jika alternator tidak mudah rusak, tapi sekali rusak bisa menyebabkan mobil mogok.

Hal ini bisa jadi juga karena pemakaian alternator lebih dari delapan tahun atau cara pemakaiannya yang tidak ramah.

4. Koil yang terlalu panas

Penyebab mobil tidak bisa distater yang keempat koil mobil yang terlalu panas. Koil mempunyai peran penting dalam proses starter kendaraan selain dinamo starter dan busi mobil.

 Koil mobil mempunyai fungsi yaitu untuk menggandakan tegangan listrik dalam jumlah besar ke aki.

 Jika mobil terlalu panas dapat menyebabkan mobil tidak bisa distater. Karena arus listrik ribuan volt mengalir ke busi dan bisa menyebabkan pijaran bunga api.

Cara mengatasi masalah koil tidak bisa sembarangan, hanya dilakukan oleh tenaga profesional agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Nah hal ini yang menjadi penyebab mobil susah menyala, solusinya adalah  dengan melakukan pengecekan dan penggantian koil mobil Anda.

Kunjungi bengkel Dokter Mobil di area tempat tinggal Anda untuk melakukan pengecekan koil.

Cara Mengatasi Mobil Tidak bisa Distarter

Apa yang harus Anda lakukan jika mobil tidak bisa distarter?

Pertama, Anda jangan panik dulu. Jika saat di jalan raya usahakan menepi dulu. Nah, Dokter Mobil mempunyai beberapa cara untuk mengatasi mobil tidak bisa distarter dengan mudah.

  1. Bersihkan tutup distributor

Cek tutup distributor bila kotor, bersihkan tutup distributor mobil dengan kain bersih lalu keringkan. Ganti tutup distributor mobil Anda yang rusak agar tidak terjadi lagi mobil tidak bisa distater.

  1. Periksa kondisi aki mobil

Aki rusak adalah penyebab mobil tidak bisa distarter yang sering terjadi. Jika air aki kering, kotor, atau kondisi aki sudah lama dan tak terawat, maka aki tidak dapat berfungsi dengan baik untuk mengalirkan daya listrik ke mesin mobil. Lakukan pemeriksaan pada aki mobil dan ganti aki mobil jika sudah terlalu lama tidak terpakai atau sudah lama dipakai.

  1. Periksa aliran bensin dan tangki

Periksa aliran bensin jika kotor maka akan menghambat sistem kerja mesin yang sedang bekerja saat mobil menyala. Jadi bersihkan secara berkala agar tidak kotor.

Cek fuel pump juga melalui indikator layar Multi Information Display (MID) pada dashboard speedometer mobil, yang terletak pada bagian Check Engine yang menunjukkan kondisi fuel pump.

Mesin yang terlalu dingin bisa membuat indikator fuel pump lemah sehingga mobil tidak bisa distarter.

  1. Periksa kabel koneksi pada aki

Jika lampu dan suara pada aki tidak ada atau mati semua. Mungkin saja masalahnya pada kabel koneksi aki Anda atau bisa jadi kabel koneksi aki kendur. Jangan lupa kencangkan kabel koneksi mobil Anda.

  1. Lakukan jump start jika aki lemah

Penyebab mobil tidak bisa distater yang ke lima itu Aki yang lemah. Jika masalahnya ada pada aki yang kehabisan arus listrik lampu dan suara mati semua. Lakukan jump start pada mobil mogok ke mobil sehat.

Langkah – Langkah Melakukan Jump Start pada Mobil yang tidak bisa distater

  • Jangan tempelkan mobil mogok dan mobil sehat hanya dekatkan saja. Jangan lupa pastikan dulu mesin mobil, lampu dan alat elektronik lainnya pada mobil mogok dan sehat dalam keadaan mati semua.
  • Siapkan jumper cable (kabel jepit buaya), lalu sambungkan satu ujung jumper kabel merah ke kutub positif aki yang mati. Dan kabel merah satunya disambungkan pada kutub positif aki yang sehat.
  • Sambung kabel hitam pada kutub negatif aki yang sehat, lalu sambungkan kabel hitam lainnya ke body mesin mobil mogok yang jauh dan pastikan tidak ada lapisan cat ataupun oli.
  • Jangan pernah tempelkan kabel pada kutub negatif aki, karena hal ini bisa menyebabkan meledak. Hidupkan mesin mobil yang sehat, untuk mengalirkan arus listrik ke aki yang mati.
  • Coba nyalakan mobil setelah beberapa menit. Jika masih belum nyala, ulangi lagi. Namun jika sudah nyala, tunggu beberapa menit sebelum mencabut jumper cable tadi dalam urutan terbalik.
  • Lepaskan kabel negatif yang disambungkan body mesin, lalu lepaskan kabel negatif pada kutub positif aki yang sehat. Lepaskan kabel yang ada pada kutub positif aki sehat. Selanjutnya, lepaskan kabel kutub positif aki mobil yang mogok, lakukan jump start lagi bila mobil tidak bisa distarter lalu bunyi tek-tek bisa jadi karena aki lemah.
  • Nyalakan lampu depan, jika lampu menyala terang itu tandanya aki tidak lemah atau baik-baik saja, bisa saja mungkin karena ada masalah koneksi atau dinamo starter yang buruk.  Saat mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala redup, berarti tandanya aki mobil lemah.

Dibaca Juga: 4 Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter dalam 5 Menit

Bersihkan Secara Teratur Mesin Mobil

  1. Bersihkan karburator dengan teratur

Bersihkan bagian karburator secara teratur. Karena karburator berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Saat menyalakan mobil, mesin akan bermasalah jika karburator kotor.

  1. Bersihkan atau ganti busi secara teratur

Cara membersihkan busi sangat mudah dan tentunya tidak ribet, cukup dengan menggosok busi ke kain saja. Ganti busi mobil secepatnya bila busi rusak, berkarat, atau busi aus.

  1. Periksa dinamo starter dan alternator Anda

Mobil yang sudah lama tidak dipakai, biasanya mobil tidak bisa distater masalahnya biasanya pada dinamo starter atau alternator.

Datanglah ke bengkel Dokter Mobil untuk memeriksa alternator Anda sudah tua atau sudah lama digunakan.

  1. Periksa suhu pada koil mobil

Jika suhu koil terlalu panas, maka mobil akan susah dinyalakan. Tanda jika koil panas bisa Anda kenali saat mobil dinyalakan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Menentukan Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter:

Lakukan pemeriksaan awal:

  • Periksa lampu indikator pada dashboard. Lampu aki yang redup menandakan aki lemah.
  • Coba starter mobil. Dengarkan bunyinya. Bunyi klik menandakan masalah pada dinamo starter. Bunyi mesin yang berusaha hidup menandakan masalah pada bahan bakar atau busi.
  • Periksa kabel aki dan terminalnya. Pastikan kabel terpasang dengan kencang dan tidak ada kerusakan.

Lakukan tes lebih lanjut:

  • Cek busi: Lepaskan busi dan periksa kondisinya. Busi yang kotor, basah, atau berkerak perlu dibersihkan atau diganti.
  • Cek aliran bahan bakar: Periksa filter bahan bakar dan pompa bensin. Pastikan aliran bahan bakar lancar.
  • Cek aki: Gunakan alat voltmeter untuk menguji tegangan aki. Aki yang lemah perlu dicas atau diganti.
  • Cek dinamo ampere: Periksa kabel dan terminal dinamo ampere. Pastikan tidak ada kerusakan.

Jika Anda tidak yakin dengan langkah-langkah di atas, sebaiknya bawa mobil ke bengkel untuk diagnosis yang lebih akurat.

Tips Lain Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter:

  • Gunakan jumper cable untuk menstater mobil dari mobil lain jika aki lemah.
  • Dorong mobil untuk mengaktifkan starter (pada mobil manual).
  • Gunakan starting fluid (pada kondisi tertentu).

Pencegahan Mobil Tidak Bisa Distarter:

  • Lakukan servis rutin pada mobil, termasuk pemeriksaan aki, busi, filter bahan bakar, dan dinamo ampere.
  • Gunakan suku cadang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mobil.
  • Hindari kebiasaan buruk seperti mematikan mesin saat AC menyala atau menstarter mobil dalam waktu lama.

Perbedaan Penanganan Mobil Tidak Bisa Distarter pada Transmisi Manual dan Matic:

Pada mobil matic, starter mobil tidak terhubung langsung dengan roda gigi. Starter hanya memutar motor starter, yang kemudian memutar pompa oli dan transmisi.

Jika mobil matic tidak bisa distarter:

  • Pastikan tuas transmisi berada di posisi Park atau Neutral.
  • Periksa solenoid starter. Kerusakan pada solenoid dapat menyebabkan starter tidak bekerja.
  • Periksa interlock safety switch. Switch ini mencegah mobil distarter saat transmisi tidak di posisi Park atau Neutral.

Pada mobil manual, langkah-langkah penanganannya sama seperti mobil matic.

Tips tambahan:

  • Selalu sediakan kabel jumper di dalam mobil untuk berjaga-jaga.
  • Pahami cara kerja sistem starter mobil agar Anda dapat melakukan troubleshooting dengan lebih mudah.
CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Jl Raya Pondok Betung No. 18, RT. 06, RW. 02, Bintaro sektor 3 arah sektor 4 Kel. Pondok Karya, Kec. Pondok Aren, Bintaro, Tangerang Selatan, 15225

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

referensi: https://en.wikipedia.org/wiki/Starter_%28engine%29

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form