New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab coil panas pada mobil

Penyebab Utama Coil Panas Pada Mobil yang Anda Harus Tahu

Penyebab coil panas pada mobil – ini memang beragam. Apabila tidak segera diselesaikan, dapat menyebabkan kerusakan di bagian mesin mobil. Seperti komponen mesin mudah aus, air radiator cepat habis, hingga memicu kebakaran akibat dari overheating mesin yang tidak segera ditangani.

Maka, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab coil panas pada mobil. Sehingga, Anda dapat mengambil solusi untuk memperbaiki masalah tersebut dan tidak mengalami resiko kerusakan pada komponen mesin yang lebih fatal.

Ini Dia 4 Penyebab Coil Panas Pada Mobil

penyebab coil panas pada mobil

Memang, coil busi mesin mobil ini cepat panas disebabkan oleh beberapa faktor. Apabila Anda merasa coil busi mesin mobil cepat panas, maka segera cari tahu apa penyebabnya. Agar Anda tahu apa solusi dari penyebab coil panas pada mobil. Maka dari itu, ini dia beberapa penyebab-penyebab dari coil busi mesin mobil cepat panas. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Short Circuit Pada Ballast Resistor Coil

Masalah short circuit pada ballast resistor coil ini merupakan salah satu penyebab yang sering terjadi pada coil busi mobil. Short circuit ini bisa dikatakan sebagai “korsleting” di bagian ballast resistor coil. Fungsi ballast resistor coil ini adalah membatasi aliran arus listrik dari aki ke coil primer. Sehingga, ballast resistor coil ini mampu menjaga suhu coil mesin mobil tetap stabil.

Bila coil busi mobil mengalami short circuit atau korsleting, maka aliran arus listrik dari aki ke coil primer tidak terkendali. Alhasil, suhu coil busi ini juga tidak terkontrol. Akibatnya, mesin mobil Anda akan mengalami overheating dan dapat menyebabkan kebakaran apabila tidak ditangani segera.

  1. Sistem Kondensor Mobil Melemah

Apabila mesin mobil milik Anda masih menggunakan platina, maka peran kondensor dalam komponen mesin mobil sangat vital. Sebab, kondensor ini berfungsi sebagai komponen penyerap listrik dari kontak keluar platina mobil. Jadi, kondensor ini mencegah kerusakan pada area platina mobil. Namun, apabila sistem kondensor mobil ini melemah.

Baca Juga : Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil

Maka, akan ada efek dari masalah tersebut. Salah satunya adalah coil busi mudah panas karena arus listrik di sistem kondensor semakin banyak. Kemudian, platina mobil kekurangan pasokan aliran arus listrik. Sehingga, percikan api pada busi mobil semakin kecil bahkan hingga tidak mengeluarkan percikan api sekalipun. Alhasil, mobil yang Anda kendarai pun tidak bisa dihidupkan atau mogok.

  1. Short Circuit Pada Coil Primer dan Sekunder

Short circuit atau konsleting pada coil primer dan sekunder ini menjadi salah satu penyebab coil panas pada mobil. Penyebab short circuit atau konsleting pada coil primer dan sekunder ini disebabkan oleh adanya pengelupasan pada lapisan pembungkus kumparan kabel coil busi mobil.

Apabila terjadi pengelupasan pada bagian isolator pembungkus kumparan. Maka, arus aliran listrik menjadi lebih pendek dan menyebabkan coil busi mobil mudah panas hingga menyebabkan overheating pada mesin mobil.

  1. Kebocoran Arus Listrik Di Coil Busi

Kebocoran arus listrik di bagian coil busi ini dapat berakibat fatal. Salah satunya adalah mesin mogok atau mesin mobil tidak bisa dinyalakan. Hal tersebut disebabkan oleh sistem perapian mesin terlalu kecil atau tidak mengeluarkan api.

Sehingga, mobil Anda tidak dapat dihidupkan atau bahkan mogok ditengah jalan. Sebelum Anda berkendara, ada baiknya untuk mengecek kondisi coil busi mobil terlebih dahulu. Agar mobil tidak bermasalah ketika digunakan.

penyebab coil panas pada mobil

Mesin mobil mudah panas ini disebabkan oleh beberapa hal, termasuk coil busi mobil yang terlalu panas. Untuk itu, segera cari tahu bagaimana solusi untuk mengatasinya. Namun, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab coil panas pada mobil terlebih dahulu. Sehingga, Anda dapat menentukan bagaimana cara mengatasi masalah coil busi cepat panas. Ada Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek koil mobil kamu tanpa harus ke bengkel tapi jika masalah sudah serius segera datang ke bengkel ya sebelum makin parah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4693

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap