📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Ohh, Ternyata Inilah Beberapa Penyebab Mobil Mogok Mendadak

penyebab mobil mogok mendadak

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Mobil yang mogok mendadak merupakan mimpi buruk bagi banyak orang, oleh sebab itu pemahaman mengenai penyebab mobil mogok mendadak sangatlah penting untuk diketahui oleh seluruh pemilik kendaraan. Sampai saat ini, masih banyak pemilik kendaraan yang belum paham betul mengenai penyebab mobil mogok mendadak. Namun Anda sudah tidak perlu khawatir lagi, karena berikut ini telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai penyebab mobil mogok mendadak.

Beberapa Penyebab Mobil Mogok Mendadak

Penyebab Mobil Mogok Mendadak (2)

  1. Aki lemah atau rusak

Penyebab mobil mogok mendadak yang pertama adalah aki yang lemah atau rusak. Masalah aki sering menjadi penyebab utama masalah kerusakan. Anda mungkin memiliki aki yang lemah atau aus jika mobil Anda menunjukkan tanda-tanda seperti  kesulitan untuk menghidupkan mesin, membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk starter, tidak mulai starter saat Anda memutar kunci, atau menampilkan lampu peringatan aki berwarna merah saat Anda mengemudi.

Mengemudi secara teratur penting untuk menjaga aki Anda tetap terisi, tetapi perjalanan singkat seringkali tidak memberikan daya yang cukup. Mengisi daya aki semalaman sesering mungkin dapat membantu memperpanjang umurnya. Anda dapat melakukannya menggunakan pengisi daya tetesan, yang secara perlahan mengalirkan listrik ke aki Anda.

  1. Masalah alternator

Alternator membantu menghasilkan daya untuk listrik mobil Anda. Tanpanya, aki tidak dapat diisi oleh mesin. Sementara daya aki yang tersimpan cukup untuk membuat listrik tetap menyala untuk sementara waktu, jika alternator Anda berhenti bekerja, aki Anda pada akhirnya akan habis. Tidak ada cara khusus untuk merawat alternator Anda, tetapi jika Anda melihat kekuatan mobil tidak seperti yang seharusnya, seperti lampu depan yang redup, wiper lambat, atau lampu dasbor yang berkedip, atau lampu peringatan pengapian Anda menyala, maka sangat penting untuk melakukan pemeriksaan di bengkel terpercaya.

  1. Ban atau roda rusak

Ban kempes yang disebabkan oleh tusukan adalah penyebab kerusakan yang sangat umum. Jika lubang atau serpihan yang tidak terlihat di permukaan jalan merusak ban atau roda Anda, tidak banyak yang dapat Anda lakukan kecuali berhenti dan memeriksa kerusakan.

Namun, ban yang tidak dirawat dengan baik lebih mungkin mengalami masalah. Periksa ban Anda secara teratur, pastikan memiliki kedalaman tapak minimal 1,6 mm dan tekanan angin yang tepat. Saat Anda melakukannya, cari pola keausan. Keausan ban yang tidak merata dapat menunjukkan bahwa roda Anda tidak disejajarkan dengan benar. Mobil baru tidak selalu dilengkapi dengan roda cadangan, tetapi jika Anda memilikinya, pastikan kondisinya sama bagusnya dengan empat roda lainnya, dan dongkrak Anda serta kunci mur pengunci lainnya disimpan dengan siap digunakan dalam keadaan darurat.

  1. Masalah listrik

Sistem kelistrikan mobil Anda mencakup serangkaian sirkuit yang mengontrol semuanya, mulai dari lampu depan hingga stereo. Masalah dapat muncul karena bohlam yang terbakar, kabel yang rusak, sekering yang putus, atau keausan.

Baca Juga: Tips Merawat Sistem Kelistrikan Mobil Dengan Mudah

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Meskipun mungkin untuk melacak di mana kesalahannya dengan menggunakan multimeter dan alat khusus lainnya, jika itu bukan masalah yang jelas seperti bohlam yang terbakar, maka Anda mungkin tetap membutuhkan bantuan ahli. Dalam hal ini, mekanik terlatih dengan peralatan yang lengkap biasanya dapat menjalankan analisis lengkap sistem kelistrikan dan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan.

  1. Remot dan alarm

Dengan adanya sistem penguncian sentral, saat ini risiko meninggalkan kunci di dalam mobil semakin kecil, namun itu bukan tidak mungkin. Dengan alarm dan immobilizer yang semakin canggih dari sebelumnya, banyak orang harus meminta bantuan ketika mereka tidak bisa masuk ke mobil mereka sendiri.

Baca Juga: Indikator Security Pajero Menyala dan Cara Mengatasinya

Saat ini, kunci mobil sering kali dilengkapi dengan microchip, yang dirancang untuk mencegah mobil Anda dicuri dan alasan bagus lainnya untuk menyimpan cadangan di tempat yang aman jika Anda kehilangannya. Namun apabila remot, kunci, atau komponen pendukung sistem penguncian mobil lainnya mengalami masalah, hal ini dapat menjadi penyebab mobil mogok mendadak. Oleh karena itu penyebab mobil mogok mendadak yang satu ini perlu diperhatikan dengan seksama.

  1. Salah pengisian bahan bakar

Jika Anda pernah membuat kesalahan dengan memasukkan bahan bakar yang salah di mobil Anda, Anda tidak sendirian. Ribuan orang di seluruh dunia pernah melakukan kesalahan serupa setiap tahunnya. Jika Anda secara tidak sengaja memasukkan bensin ke dalam mobil diesel Anda (atau solar di mobil bensin Anda), semakin cepat Anda bertindak, semakin baik. Jika Anda tidak menghidupkan mesin, Anda mungkin hanya perlu mengeluarkan bahan bakar dan menggantinya.

Namun jika Anda menyalakan mesin atau mengemudikan jarak berapa pun setelah salah mengisi bahan bakar, maka hal ini bisa menjadi menjadi sedikit lebih rumit. Dalam beberapa kasus, mendapatkan bahan bakar yang dipompa keluar dan sistem memerah mungkin berhasil, tetapi dalam kasus lain, kerusakan mekanis dapat disebabkan dan mungkin memerlukan pekerjaan lebih lanjut.

  1. Kabel kopling pada kendaraan manual

Jika Anda mengendarai mobil manual, kabel kopling mengalami tekanan setiap kali Anda mengganti gigi. Jika Anda melihat ada perbedaan dalam cara kopling terasa di bawah kaki Anda, jangan abaikan. Bawa mobil Anda ke garasi dan periksa. Jika kabel putus saat Anda mengemudi, menepilah di tempat yang aman dan hubungi bantuan.

  1. Motor starter rusak

Berkat teknologi stop/start, motor starter harus bekerja lebih keras dari sebelumnya. Meskipun kuat dan tahan lama, mereka akhirnya bisa mengalami penurunan fungsi. Jika aki Anda baik-baik saja tetapi mesin tidak menyala saat Anda menekan tombol stop/start, kemungkinan besar motor starter bermasalah. Servis dan perawatan rutin adalah cara terbaik untuk menghindari masalah motor starter.

  1. Mesin terlalu panas (overheat)

Penyebab mobil mogok mendadak yang selanjutnya adalah suhu mesin mobil terlalu panas. Overheating adalah masalah umum jika Anda berkendara di lalu lintas yang padat, terutama dalam cuaca panas. Awasi secara teratur level cairan pendingin dan kipas Anda untuk memastikan sistem pendingin Anda berfungsi sebagaimana mestinya. Jika lampu peringatan suhu menyala, Anda mengalami masalah. Sistem pendingin modern seharusnya tidak perlu diisi ulang di antara layanan, jadi jika levelnya turun, Anda mungkin mengalami kebocoran yang perlu diperiksa.

  1. Kerak karbon menumpuk di ruang pembakaran

Penyebab mobil mogok mendadak yang terakhir adalah kerak karbon yang menumpuk di ruang pembakaran. Kerak karbon ini umumnya muncul karena bekas aktivitas pembakaran. Namun, apabila kerak karbon ini menumpuk terlalu banyak, hal ini dapat menyebabkan aktivitas pembakaran jadi terganggu. Gejala awal biasanya mesin mobil akan terasa ngelitik, dan jika dibiarkan justru akan berujung pada kemogokan yang mendadak.

Salah satu cara guna mengentaskan kerak karbon yang menumpuk ini adalah dengan layanan Jet Clean di Dokter Mobil. Melalui Jet Clean, komponen ruang akan dibersihkan dengan maksimal hingga kerak karbon yang menumpuk tak tersisa. Selain itu, layanan Jet Clean juga menyediakan pemeriksaan mobil hingga di 32 titik secara GRATIS sehingga Anda bisa lebih memahami jika terdapat komponen yang bermasalah dan dapat mencegah kerusakan lebih lanjut.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Melakukan Pemeriksaan Kendaraan untuk Mencegah Penyebab Mobil Mogok Mendadak

Berkaca pada penjelasan mengenai penyebab mobil mogok mendadak di atas, dapat disimpulkan bahwa penyebabnya sangatlah beragam. Bahkan beberapa tindakan yang biasa dilakukan tanpa sadar dapat menjadi penyebab mobil mogok mendadak. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan penyebab mobil mogok mendadak dan mengurangi risiko dengan melakukan pengecekan mobil secara berkala di bengkel terpercaya.

Berbicara tentang bengkel mobil terpercaya, tidak lengkap rasanya apabila kita tidak membahas tentang Dokter Mobil. Dari namanya saja, kita semua sudah pasti tahu bahwa bengkel mobil yang satu ini dapat melakukan pemeriksaan sekaligus mengatasi berbagai jenis permasalahan mobil. Untuk layanan Jet Clean yang berguna untuk membersihkan kerak karbon di ruang pembakaran yang juga dapat menyebabkan mogok mendadak, mobil akan diperiksa secara menyeluruh hingga di 32 titik secara GRATIS untuk memastikan apabila terdapat komponen lain yang bermasalah.

Tertarik coba layanan Jet Clean di Dokter Mobil? Lakukan reservasi Jet Clean Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp untuk memastikan kebersihan ruang pembakaran dari kerak karbon yang dapat berakibat pada performa akselerasi hingga mobil kesayangan Anda jadi sering mogok mendadak. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa penyebab mobil mogok mendadak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa penyebab mobil mogok mendadak yang tidak kita sadari. Namun di balik itu, sangatlah penting bagi kita untuk melakukan pemeriksaan rutin kendaraan di bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil untuk menjamin keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7856

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *