📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Tips Merawat Sistem Kelistrikan Mobil Dengan Mudah

merawat sistem kelistrikan mobil

Melakukan perawatan kelistrikan kendaraan pribadi anda berarti anda telah berupaya untuk menginvestasikan waktu, uang, dan usaha yang cukup sepanjang menggunakan mobil. Tidak hanya tampilan luar mobil yang perlu diperhatikan, tetapi bagian mesin dan merawat sistem kelistrikan mobil juga harus diperhatikan. Tentu saja, melakukan dapat dilakukan dengan melakukan cek kondisi mobil di bengkel terdekat anda. Tujuannya untuk memastikan jika mobil akan tetap berfungsi secara menyeluruh dan masa pemakaian lebih awet.

Merawat sistem kelistrikan mobil merupakan salah satu komponen kendaraan yang perlu diperhatikan lebih, mengapa demikian? Sebab sama dengan komponen kendaraan lainnya sistem kelistrikan mobil membutuhkan perawatan dan pembersihan menyeluruh secara teratur agar kendaraan senantiasa dalam kondisi prima. Tetapi sebelum melakukan perawatan terhadap kelistrikan kendaraan, perlu dilakukan diagnosis terhadap kendaraan Anda. Agar sistem kelistrikan mobil dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka perlu dilakukan perawatan rutin. Lalu, bagaimana merawat sistem listrik pada mobil pribadi Anda? Simak penjelasannya berikut ini.

Merawat Sistem Kelistrikan Mobil

merawat sistem kelistrikan mobil

Merawat sistem kelistrikan mobil bertanggung jawab atas sejumlah komponen penting lainnya di dalam mobil. Misalnya seperti power window, kunci, defroster, lampu depan, radio, lampu interior, jam, sunroof, dan lain-lain. Namun, sistem kelistrikan mobil berikut ini hanya meliputi tiga komponen yaitu: baterai, starter, dan alternator.

Baterai merupakan komponen yang bertugas untuk menyimpan cairan yang memberi daya pada komponen kendaraan bahkan saat mesin dalam keadaan mati. Baterai menyediakan seluruh arus listrik pada mobil dan memiliki fungsi untuk menyalakan lampu depan, lampu rem, lampu sein, dan sistem kelistrikan internal lainnya. Baterai juga berfungsi  untuk menyalakan sistem pengapian dan bahan bakar sehingga akan menciptakan pembakaran yang diperlukan agar mesin berfungsi.

Selain baterai atau aku, komponen kelistrikan lainnya adalah alternator. Alternator berfungsi untuk menghasilkan listrik yang dibutuhkan mobil untuk banyak bagian kerjanya dan juga berfungsi untuk mengisi daya baterai. Alternator akan membuat baterai mobil tetap terisi dan sistem kelistrikan tetap berjalan. Perlu diketahui jika Alternator menggunakan arus listrik untuk memberi daya pada komponen listrik kendaraan, termasuk panel instrume

Terakhir setelah baterai dan alternator, sistem kelistrikan mobil selanjutnya adalah starter. Starter merupakan komponen mesin yang berfungsi untuk menghidupkan mesin mobil. Cara kerja starter yaitu menarik daya dari aki mobil dan mengalirkan arus listrik ke relay starter dan solenoida untuk mengaktifkan mesin. Starter juga merupakan komponen mobil yang paling penting, sebab starter merupakan bagian yang mengawali proses pembakaran sehingga memungkinkan mobil Anda untuk digunakan.

Jika ketiga bagian ini mengalami keausan atau terdapat masalah, kemungkinan besar akan mengganggu kelancaran fungsi dari merawat sistem kelistrikan mobil sehingga perlu dilakukan perawatan kelistrikan mobil dengan teratur.

Gejala Kerusakan pada Kelistrikan Mobil

Tidak melakukan perawatan kelistrikan kendaraan tentunya akan menyebabkan masalah kelistrikan lebih sering terjadi, berikut merupakan tanda-tanda jika mobil Anda mengalami masalah kerusakan listrik.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Mobil tidak bisa menyala

Mobil yang tidak mau menyala, merupakan masalah yang paling sering ditemui. Jika mobil tidak mau hidup, kemungkinan besar terdapat masalah dengan baterai, alternator, atau starter kendaraan. Jika kendaraan sudah dinyalakan tetapi tidak terjadi apa-apa, maka harus diperiksa apakah lampu interior menyala saat membuka pintu. Jika lampu tidak berfungsi dan mobil tidak mau hidup, masalahnya kemungkinan baterai yang mati. Jika lampu menyala tetapi tidak ada yang terjadi saat Anda memutar kunci, kemungkinan masalahnya adalah alternator yang rusak. Tidak hanya itu saja, jika saat menyalakan mobil tidak terdengar bunyi klik saat Anda memutar kunci, kemungkinan masalahnya adalah starter.

  • Terlihat kerusakan atau kebocoran dari baterai

Periksa baterai dari waktu ke waktu untuk mencari atau penumpukan di sekitar terminal aki. Keduanya bisa menjadi tanda jika baterai mobil anda bocor, mengalami masalah, atau mendekati akhir masa pakainya. Saat membuka bagian aki atau baterai, sebaiknya Anda perlu berhati-hati karena isi baterai bersifat korosif dan akan merusak kulit Anda.

  • Lampu Berfungsi, tapi redup saat Mengemudi

Jika lampu dasbor atau lampu depan tampak redup saat dijalankan dengan kecepatan rendah atau saat mobil dalam keadaan diam, mungkin terdapat masalah dengan baterai, alternator, atau pengatur tegangan. Adanya masalah atau kerusakan dengan alternator pengatur tegangan juga dapat menyebabkan lampu kendaraan menjadi redup dalam beberapa keadaan.

  • Mobil Berjalan Baik Tapi Lampu Rem Tidak Berfungsi

Jika lampu rem tidak berfungsi, kemungkinan besar terdapat masalah pada sekring kendaraan Anda. Namun, tidak menutup kemungkinan jika bohlam juga mengalami kerusakan. Jika beberapa bagian tertentu dari kendaraan seperti lampu rem atau radio tidak berfungsi, perlu diperiksa terlebih dahulu untuk agar tidak perlu mengganti sekring.

Merawat Sistem Kelistrikan Mobil yang Tepat

Merawat sistem kelistrikan mobil akan berjalan dengan baik dan masa pakai yang related lama jika dilakukan perawatan kelistrikan kendaraan seperti melakukan pembersihan rutin. Misalnya, titik koneksi berbagai kabel yang berliku-liku di bawah kap  mobil merupakan tempat yang paling mungkin untuk terjadi penumpukan kotoran dan karat. Selain itu, mereka juga harus dipasang dengan erat pada braket yang sesuai untuk memastikan aliran listrik yang berkelanjutan. Jika tidak, tentunya akan menghasilkan getaran yang dapat merusak komponen lain dan memperlambat kerja mesin mobil.

Merawat Sistem Kelistrikan Mobil Anda

Agar sistem kelistrikan mobil senantiasa berjalan dengan baik, maka perlu dilakukan merawat sistem kelistrikan mobil secara teratur dan konsisten dengan beberapa langkah mudah berikut ini.

  • Membersihkan Aki dan kabel secara teratur

Korosi baterai dapat terbentuk setelah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan terhadap baterai dan kabel secara berjangka. Contohnya seperti memeriksa baterai dan kabel mobil sebulan sekali untuk memastikan tidak terdapat karat yang menumpuk. Jika terlihat beberapa  beberapa karat, dapat dibersihkan dengan cara  mencampurkan campuran soda kue dan air atau menggunakan cairan penghilang karat.

Untuk membersihkan baterai Anda secara efektif, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Lepaskan kabel baterai Anda dari kap kendaraan.
  • Bersihkan kabel dengan hati-hati dengan sikat kawat dan cairan
  • Bilas kabel dan tempat baterai dengan air, kemudian keringkan
  • Hubungkan kembali baterai Anda dengan sisi positif terlebih dahulu.

Tips Pemeliharaan Kendaraan

Kemampuan berkendara mobil akan tetap pada performa terbaik jika memastikan kebersihan luar dan dalam. Namun, bahkan dengan kebiasaan membersihkan mobil secara teratur dan merawat sistem kelistrikan mobil, tetap harus berusaha untuk mencegah sebagian besar masalah mobil dengan merawat kendaraan Anda dengan sangat hati-hati. Misalnya saat menghidupkan mesin dengan komponen utama dimatikan, (stereo, motor blower, dan kompresor AC) dapat membantu meringankan beban starter mesin kendaraan anda. Untuk masalah kelistrikan utama, sebaiknya hubungi tenaga mekanik professional agar tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Jadi langkah mudah yang dapat anda lakukan secara manual yaitu dengan:

  • Selalu menjaga kondisi kabel dan soket kendaraan agar terbebas dari karat dan kerak, serta memastikan kabel tetap aman dan tidak terkelupas.
  • Perhatikan kondisi aki mobil, untuk melihat volume air dan mengecek kondisi fisik bebas karat.
  • Menghindari modifikasi kelistrikan seperti peningkatan perangkat audio secara manual di rumah, ada baiknya untuk melakukan modifikasi di bengkel Dokter Mobil.
  • Waspada terhadap kebocoran cairan yang dapat menyebabkan hubungan arus pendek.

Melakukan Servis Rutin

Lakukan perawatan kendaraan secara rutin terutama di bengkel resmi dan terpercaya untuk merawat sistem kelistrikan mobil anda. Melalui perawatan kelistrikan kendaraan di bengkel, maka pengecekan akan dilakukan secara menyeluruh sehingga akan mendeteksi kerusakan lebih cepat. Melakukan perawatan mobil dapat dilakukan di bengkel Domo Electric yang banyak menyediakan jasa kelistrikan untuk masalah arus listrik pada kendaraan Anda. Tidak hanya itu saja, mobil dengan kondisi sistem kelistrikan yang baik dan arus listrik yang aman akan membuat nilai jual tetap stabil dan mobil cenderung lebih aman.

Harus diingat jika bagian-bagian dari merawat sistem kelistrikan mobil bekerja secara bersamaan membentuk konfigurasi, sehingga masalah dengan salah satu komponen akan dapat menyebabkan masalah dengan sistem lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk senantiasa merawat sistem kelistrikan mobil anda dengan melakukan perawatan kelistrikan kendaraan secara teratur. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇