📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

7 Masalah Umum Gangguan Sistem Kelistrikan Mobil

Sistem kelistrikan mobil

Sistem kelistrikan mobil merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan, sebab sistem kelistrikan merupakan sistem vital yang dapat membuat seluruh komponen mobil berjalan dengan baik. Fungsi yang berjalan seperti lampu, mesin dan fitur lainnya yang terdapat pada mobil bagian dalam atau luar. Secara umum sistem kelistrikan mobil diartikan sebagai rangkaian energi listrik yang disusun untuk menjalankan fungsi mobil. Perlu diketahui jika sistem kelistrikan mobil terdiri dari beberapa macam misalnya sistem starter, sistem pengapian, dan sistem pengisian. Sistem ini akan berjalan melalui daya listrik yang diterima.

Gangguan Sistem Kelistrikan Mobil

Sistem kelistrikan mobil

Setiap jenis mobil memiliki kesamaan untuk berisiko mengalami gangguan sistem kelistrikan mobil kapanpun. Terdapat beberapa tanda peringatan yang dapat membantu Anda untuk mencari tahu gangguan sistem kelistrikan mobil yang terjadi pada kendaraan Anda. Tentunya, dengan mengetahui tanda-tanda masalah pada mobil, dapat menjauhkan mobil anda dari kerusakan permanen. Meskipun gangguan sistem kelistrikan mobil memang sedikit rumit, dengan mengetahui gejala atau tanda kerusakan akan membantu anda untuk menjelaskan lebih baik kepada bengkel yang anda kunjungi nantinya. Oleh karena itu sebaiknya perhatikan baik-baik gangguan listrik pada mobil anda agar masalah yang dialami dapat ditangani dengan tepat. Berikut ini merupakan gangguan Sistem kelistrikan mobil paling umum

  • Mendiagnosis Masalah Kelistrikan Mobil

Agar mengetahui gangguan sistem kelistrikan mobil, ada baiknya untuk mencari tanda-tanda yang menunjukkan masalah mobil anda yang membutuhkan perbaikan listrik. Tentu saja, untuk menemukan solusi perbaikan gangguan sistem kelistrikan mobil adalah dengan menemukan area yang bermasalah terlebih dahulu.

Caranya, saat mesin mati dan mobil tidak dapat dihidupkan bagian kelistrikannya, kemungkinan besar aki mobil anda habis. Sehingga bisa saja penyebab masalah kelistrikan pada mobil Anda karena alternator yang padam. Melalui jenis mobil yang berbeda-beda, sebaiknya melakukan pemeriksaan secara profesional untuk mobil Anda dan mendiagnosis penyebab gangguan sistem kelistrikan mobil anda.

  • Gangguan Starter Mesin

Terdapat beberapa alasan mengapa mobil tidak mau menyala, dan starter yang rusak merupakan salah satunya. Sistem starter merupakan bagian mobil yang memulai seluruh proses untuk menjalankan kendaraan. Bahkan dengan baterai yang terisi penuh dan kondisi alternator yang bagus, tentu saja mobil tidak dapat digunakan jika sistem kelistrikan mobil pada bagian starter tidak berfungsi.

Oleh karena itu, periksa sistem listrik starter secara pribadi atau professional untuk memperbaiki atau menggantinya jika dirasa sudah rusak untuk membuat mobil anda kembali normal dan berjalan kembali. Dalam sistem kelistrikan starter mesin, hal yang harus diperhatikan adalah suara “klik” yang dihasilkan saat menekan starter. Jika tidak terdengar suara saat ditekan, kemungkinan Anda perlu memeriksa kondisi starter agar tidak terjadi kerusakan yang fatal.

  • Gangguan Aki Mobil

Jika sebelumnya Anda telah memeriksa starter dan tidak terdapat kerusakan, tetapi mobil anda tetap tidak bisa dijalankan. Kemungkinan besar yang terjadi adalah kabel starter yang longgar atau aki mobil yang sudah mati. Masalah yang terjadi pada aki mobil umumnya terjadi karena kerusakan, masa pakai aki yang buruk, atau kebocoran dari aki. Setiap menggunakan aki, hindari cairan yang terdapat di dalam aki untuk bersentuhan langsung dengan kulit karena akan memberi efek terbakar atau iritasi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam gangguan sistem kelistrikan mobil pada aki yaitu lampu redup, lampu yang tidak mau menyala, atau mesin yang tidak mau hidup. Hal yang disebutkan tersebut merupakan gejala jika akia tau baterai yang digunakan membutuhkan perawatan segera.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Alternator yang Tidak Berfungsi

Jika starter dan aki telah diperiksa dan tidak terdapat gangguan sistem kelistrikan mobil. Serta kondisinya baik-baik saja, maka komponen selanjutnya yang dapat diperiksa adalah alternator. Mengetahui alternator yang rusak dapat dirasakan saat tenaga mobil berkurang dan mobil mulai melambat saat beroperasi. Karena muatan tidak terdistribusi, sistem kelistrikan mobil mulai berkedip. Alternator yang tidak berfungsi harus segera diganti. Hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan alternator adalah tenaga yang berkurang dan kecepatan mobil hilang dengan cepat. Hal Ini membutuhkan perawatan dari tenaga mobil professional.

  • Arus Pendek atau Korsleting Listrik

Arus pendek dapat terjadi karena kondisi arus listrik mengalir melalui jalur yang lebih pendek dan tidak melalui jalur semestinya, sehingga jalur mengalami lebih banyak daya daripada yang dapat ditampung sehingga menyebabkan korsleting. Gangguan sistem kelistrikan mobil berupa arus pendek listrik merupakan masalah kelistrikan mobil yang cukup serius karena dapat menyebabkan mobil Anda terbakar bahkan meledak. Kendati demikian, dapat diwaspadai jika saat menggunakan mobil tercium bau seperti plastik terbakar saat mengemudi. Hati-hati dengan bau ini karena bisa menjadi indikasi kabel yang korsleting di aliran listrik.

Dibaca Juga: Kumpulan Penyebab Mobil Terbakar Akibat Korsleting Listrik!

  • Busi Longgar

Sama seperti sekrup longgar di furnitur kayu, busi yang longgar dapat menyebabkan banyak kerusakan. Busi dalam sistem pengapian mobil berperan untuk menyalakan piston, sehingga memungkinkan untuk menyebabkan beberapa aktivitas yang tidak biasa jika busi pada mobil Anda longgar. Salah satu tanda jika busi anda mengalami kerusakan seperti mobil kehilangan tenaga dengan cepat dan akhirnya mogok.

Mungkin selain mobil yang mengalami cacat produksi, busi dapat menjadi masalah utamanya. Dengan demikian, hal yang harus diwaspadai dengan masalah busi pada kendaraan anda adalah performa dan aktivitas mobil yang tidak biasa, serta mobil yang kehilangan performa melaju dengan drastis. Masalah sistem kelistrikan mobil seperti ini tentu saja perlu didiagnosis oleh seorang montir yang ahli. Meskipun busi dapat diganti secara manual di rumah, perawatan ahli selalu lebih baik.

  • Kabel longgar Dan kotak sekering rusak

Sekring yang putus tentu saja perlu diganti, kondisi kabel longgar di sekitar kotak sekring dapat membuat sekring mobil anda putus. Terlebih lagi, kabel yang rusak dan longgar juga dapat menyebabkan mobil Anda kehilangan tenaga dengan cepat. Hal yang harus diwaspadai saat mengendarai mobil adalah jika terdapat masalah pada sekring yang sering putus. Dengan menggunakan jasa profesional masalah sekring yang putus dapat diperbaiki dengan cepat.

  • Menghidupkan Mesin

Terkadang, kemungkinan terdapat bagian yang mengalami gangguan sistem kelistrikan mobil yang pada akhirnya dapat menguras daya aki mobil Anda. Hal ini dapat mencegah starter benar-benar menghidupkan mesin. Lampu ‘periksa mesin’ kecil di layar Anda mungkin akan menyala, dan mobil Anda tidak mau hidup. Tidak hanya itu, terkadang semakin tua mobil, semakin tinggi risiko mengalami masalah dengan bagian mesin yang berputar.

Oleh karena itu, Jika terdapat masalah dengan pengiriman injeksi bahan bakar, hal ini juga dapat menjadi awal kerusakan yang lebih parah. Servis dan pemeriksaan rutin dapat mencegah masalah sistem kelistrikan mobil di mesin anda. Injeksi bahan bakar dan pembersihan throttle body akan membantu menghidupkan mesin lebih cepat. Hal yang harus diperhatikan adalah mengetahui masalah area mobil tidak mau hidup. Oleh karena itu, diperlukan tenaga profesional untuk memeriksa masalah ini. Lakukan servis rutin untuk menghindari gangguan sistem kelistrikan mobil seperti masalah pada mesin.

Beberapa penyebab yang telah disebutkan, selanjutnya suara mesin anda. Jika Anda sudah terbiasa dengan suara mesin yang halus dan tiba-tiba terdapat suara berderak atau ketukan saat idling, Anda mungkin memiliki masalah busi. Bisa saja busi yang hanya perlu dibersihkan atau diganti. Ini juga bisa menjadi masalah listrik.

Oleh karena itu, Jika Anda sudah merasa terdapat gangguan sistem kelistrikan mobil yang anda miliki, segera bawa mobil Anda ke bengkel yang bagus seperti bengkel Dokter Mobil. Bengkel Dokter Mobil memiliki ahli mekanik yang dapat memperbaiki masalah dengan mudah. Tentunya, dengan mendiagnosis dini dan akurat akan menghemat uang Anda dan mencegah adanya gangguan sistem kelistrikan mobil anda lebih banyak. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️