📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Ini Dia, Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah Serta Bagaimana Cara Unutuk Mengatasinya

Penyebab lampu mobil redup sebelah

Lampu kendaraan adalah bagian yang paling penting, bahkan bukan hanya pada mobil tetapi juga pada kendaraan lainnya. Tanpa lampu kendaraan Anda akan kesulitan ketika berkendara pada malam hari dengan kondisi gelap.

Penyebab lampu mobil redup sebelah dan harus segera diketahui supaya Anda bisa terhindar dari masalah berbahaya yang ada di sepanjang jalan. Baik itu seperti kecelakaan bahkan juga dapat membahayakan kendaraan yang lainnya.

Apa saja yang menjadi penyebab lampu mobil redup sebelah, serta bagaimana cara mengatasinya, Anda bisa cek dalam artikel berikut ini.

Indikator Atau Tanda Saat Lampu Mobil Bermasalah

Penyebab lampu mobil redup sebelah

Pada saat Anda berkendara pada malam hari tentunya Anda tidak bisa terlalu jelas melihat jalan yang Anda lalui, penyebabnya bisa jadi karena lampu Anda yang bermasalah. Indikator kerusakan pada lampu kendaraan bisa dideteksi dengan tanda lampu yang mulai meredup.

Selain penyebab lampu mobil redup sebelah itu jika lampu sein juga rusak, maka indikator lampu sein pada speedometer Anda juga akan berkedip. Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, lampu sein mulai redup atau justru akan mati total.

Cukup berbahaya jika membiarkan lampu sein kendaraan Anda mati dan lampu jarak dekat juga rusak. Ditambah jika Anda memiliki kebiasaan untuk menyalakan lampu jarak jauh demi untuk menggantikan lampu jarak dekat.

Dampak Buruk Bagi Pengendara Lain

Dampaknya akan sangat buruk bagi pengendara lain karena itu cukup menyilaukan sehingga akan mengganggu pengguna jalan. Oleh karena itu ketika Anda mulai menyadari bahwa lampu kendaraan redup segera lah untuk cari tahu apa penyebabnya.

Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah Atau Bahkan Mati

Penyebab lampu mobil redup sebelah

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Beberapa hal yang menjadi penyebab lampu mobil redup sebelah adalah sebagai berikut:

  • Longgarnya Kabel dan Soket pada Lampu kendaraan

Penyebab lampu mobil redup sebelah yang pertama adalah pada bagian jalur kelistrikan pada lampu seperti kabel dan soket. Pada sistem kelistrikan ada banyak sekali jalur kabel yang tersambung pada kendaraan di antaranya bisa saja yang menempel pada body atau ground cable (kabel ground).

Dampak yang dapat ditimbulkan bukan hanya redup akan tetapi juga memicu konsleting. Untuk mengetahui mana saja kabel dan socket yang longgar Anda harus mengeceknya dengan satu per satu.

  • Reflektor mulai mengkusam

Selain sistem perkabelan dan soket, kerusakan juga bisa terjadi pada reflektor lampu kendaraan. Reflektor ini mempunyai fungsi supaya pancaran cahaya dari lampu kendaraan bisa menyebar luas dan juga memanjang. Namun jika pantulan cahaya yang dihasilkan buruk lampu pun akan bisa meredup.

Reflektor lampu yang bisa saja kotor dan mengkusam dapat dikarenakan beberapa penyebab seperti berkarat atau juga jarang dibersihkan. Hasil pantulan lampu kendaraan pun juga akan menjadi lebih sedikit yang menjadikan Anda mulai kesulitan untuk melihat jalan saat berkendara di malam hari dengan kondisi jalan yang gelap ataupun cuaca yang berkabut.

Selain berkarat, reflektor ini juga bisa kusam karena kondisi lingkungan yang kurang baik karena cuaca dan suhu dari lampu mobil. Penyebab lampu mobil redup sebelah sebenarnya bisa saja dihindari jika Anda juga rutin untuk melakukan servis lengkap.

  • Kualitas bola lampu yang Buruk dan kurang maksimal

Apakah Anda pernah mengganti lampu kendaraan yang bukan aslinya? Mungkin juga Anda pernah mengganti bohlam di bengkel abal-abal atau bengkel yang belum terpercaya? Bisa saja dikarenakan kualitas bohlam yang digunakan berkualitas buruk.

Kualitas bohlam yang buruk juga bisa disebabkan karena usia bohlam yang sudah terlalu tua dan juga seharusnya sudah diganti. Lampu bohlam yang mempunyai kualitas yang buruk juga tidak akan bisa bertahan lama dan mempunyai ciri-ciri akan mati adalah mulai meredup.

  • Matinya Relay Mobil

Setiap mobil pasti memiliki komponen relay pada sistem kelistrikannya, relay yaitu saklar elektrik yang bisa bekerja dengan adanya arus listrik yang mengalirinya. Kerusakan pada relay mobil ini juga bisa menjadi penyebab lampu mobil redup sebelah.

Pada saat switch tidak bekerja maksimal bukan hanya lampu saja yang bisa redup tapi bahkan bisa saja mati saat Anda sedang berkendara. Jadi setelah mengecek kondisi perkabelan dan socket sebaiknya Anda juga mengecek relay pada mobil ini.

  • Voltase Lampu yang Tidak Sesuai

Salah menggunakan bohlam juga bisa menjadi penyebab lampu mobil redup sebelah. Setiap mobil pasti sudah memiliki standar lampu masing masing, jika ukuran bola lampu yang terlalu kecil tentu saja hasilnya juga akan redup.

Tidak masalah jika Anda mau mengganti warna lampu bohlam atau merek lain sesuai dengan keinginan Anda. Namun yang wajib diperhatikan saat mengganti lampu bohlam adalah soal besar kecilnya voltase yang dibutuhkan. Membeli bohlam dengan voltase yang rendah atau tinggi bisa jadi penyebab lampu mobil redup sebelah.

  • Putusnya Sekring Lampu Mobil

Sekring adalah satu komponen yang paling penting bagi pada sistem kelistrikan mobil karena berfungsi untuk menghindari korsleting. Contohnya ketika ada kabel yang terkelupas dan soket yang kendor dapat memicu arus listrik yang berlebih maka sekring juga akan putus.

Ketika sekring putus maka juga bisa menjadi penyebab lampu mobil redup sebelah atau bisa saja mati sesuai dengan letak sekringnya. Misalnya terletak di sebelah kiri maka lampu kiri yang akan redup. Apabila sekring lampu putus maka Anda juga diharuskan untuk mengecek apakah ada komponen yang menyebabkan arus yang berlebih.

Cara Mengatasi Lampu Mobil Redup Sebelah

Sesudah Anda mengenali semua penyebab lampu mobil redup sebelah ini, Anda tentunya juga harus segera memperbaikinya. Jika itu dibiarkan terus menerus maka lampu tidak hanya redup namun juga bisa saja mati.

Menghindari matinya lampu mobil beberapa cara ini bisa mengatasinya, yang perlu dilakukan adalah.

  • Cek Apakah Kualitas dan Daya Bohlam Sudah Sesuai Dengan Standar

Pertama, yang harus Anda lakukan adalah mengecek apakah bohlam yang Anda gunakan sudah sesuai dengan standar untuk mobil atau belum. Anda bisa mengecek pada bohlam sebelumnya yang asli dari pabrik, Anda juga bisa menanyakannya langsung ke bengkel mobil resmi.

Ketika ukuran dayanya terlalu kecil atau malah terlalu besar sebaiknya Anda segera menggantinya. Dengan begitu lampu Anda akan menyala dengan terang kembali.

  • Mengganti Komponen Relay Pada Mobil

Apabila penyebab lampu mobil redup sebelah adalah kerusakan relay maka Anda bisa langsung menggantinya. Sebelum mengganti relay sebaiknya cobalah untuk menggoyangkan kabel ketika lampu menyala dengan kondisi mobil diam.

Dibaca Juga: 5 Fungsi Relay Pada Mobil dan Penjelasannya

Apabila ternyata lampu sudah kembali terang artinya kerusakan yang terjadi bukan pada relay tetapi pada kendornya sistem perkabelan pada mobil. Namun jika relay yang bermasalah, maka segeralah untuk mengganti di bengkel resmi agar segera ditangani oleh ahlinya.

  • Memperbaiki atau Mengganti Sekring

Sudah mengecek sekring dan menemukan masalah? Ada beberapa tahapan untuk dapat mengatasinya karena sekring ini juga merupakan salah satu penyebab lampu mobil redup sebelah. Pertama cobalah Anda untuk melilitkan dua buah serabut tembaga ke bagian terminal.

Kemudian pasangkan sekring headlamp di posisi yang benar dan cobalah untuk menyalakan lampu. Apabila solusi pertama ini tidak bekerja maka Anda bisa langsung ke bengkel resmi agar sekring lama segera diganti dengan yang baru.

  • Mengganti Soket atau Sistem Perkabelan yang Rusak

Kabel yang sudah mulai mengelupas atau soket yang sudah mati tidak bisa diperbaiki. Anda hanya perlu untuk langsung menggantinya supaya arus listrik kembali normal dan stabil, jika tidak lampu akan terus menerus redup hingga sampai lampu mati.

Khususnya jika kabel ternyata sudah dinyatakan putus, maka arus listrik dapat dipastikan tidak akan bisa menyalakan lampu mobil. Hindari untuk menyambungkan kabel jika putus karena bisa berpotensi terjadinya konsleting dalam waktu dekat.

  • Juga Jangan Lupa Untuk Membersihkan Reflektor Mobil

Meskipun terlihat sepele, membersihkan reflektor mobil juga sangatlah penting. Karat pada reflektor mobil muncul karena kotoran yang sudah sangat menumpuk. Belum lagi jika cuaca di lingkungan sekitar mobil lembab itu bisa mempercepat timbulnya karat.

Apabila reflektor selalu dalam kondisi yang bersih maka pantulan cahaya juga akan terlihat lebih terang dan terbebas dari karat dan kotoran. Membersihkan reflektor ini sebaiknya jangan dilakukan sembarangan, perlu diserahkan pada ahlinya agar tidak salah dan agar bersih secara maksimal.

Yang Perlu Di Lakukan Jika Tidak Bisa Mengatasi

Tidak cukup dengan hanya mengenali apa saja penyebab lampu mobil redup sebelah atau seluruhnya. Karena dengan redupnya lampu adalah ciri dari terjadi kerusakan yang harus segera diatasi.

Sebaiknya Anda langsung saja datang ke bengkel Dokter Mobil resmi terdekat agar kerusakan bisa segera ditangani oleh ahlinya. Jangan menunggu sampai lampu mati, karena bisa saja kerusakan menjadi semakin parah dan Anda harus mengeluarkan biaya perbaikan yang lebih besar. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9822

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️