New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Fungsi Relay Pada Mobil

5 Fungsi Relay Pada Mobil dan Penjelasannya

Fungsi relay pada mobil adalah sebagai perantara sekaligus pengantar arus listrik menuju ke baterai. Dalam hal ini juga, komponen ini berperan sebagai pengalir dan pengendali arus listrik. Relay adalah salah satu komponen kelistrikan di dalam mobil yang mempunyai fungsi sangat penting. Relay memiliki dua materi yakni poin dan kumparan.

Istilah relay tidak asing lagi bagi sistim kelistrikan mobil. Menurut bahasa, relay berarti menyampaikan atau menyiarkan. Istilah relay berkaitan sekali dengan kelistrikan. Seperti relay pada mobil, dan relay pada motor. Fungsi relay pada mobil sangat beragam. Salah satunya fungsi relay 4 kaki pada mobil, relay lampu, relay klakson, dan lain-lain.

Fungsi Relay Pada Mobil

Fungsi Relay Pada Mobil

Bagi anda yang memiliki mobil, anda perlu mengetahui komponen-komponen utama yang ada di dalam mobil beserta fungsinya. Karena hal ini menyangkut kemudahan dalam memaksimalkan penggunaan mobil dengan baik sekaligus bisa mendeteksi jika terjadi segala kerusakan pada mobil.

Sementara itu, mobil terdiri-dari berbagai komponen yang mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing. Salah satunya relay. Secara umum, relay terdapat pada sepeda motor dan juga terdapat pada mobil. Relay terdiri-dari relay lampu, dan relay starter mobil. Yang menjadi pembahasan kali ini adalah apa fungsi relay pada mobil.

Komponen dan fitur yang terdapat pada mobil berbagai macam. Namun pada dasarnya yang paling penting terdapat dua komponen yakni komponen mobil di bagian mesin, dan komponen kelistrikan. Yang merupakan salah satu komponen kelistrikan di dalam mobil adalah Relay. Relay mempunyai fungsi penting dalam mobil sebagai pengendali  arus listrik di dalam mobil.

Relay berfungsi juga sebagai penguat listrik. Dalam hal ini, setiap arus listrik yang masuk ke dalam kelistrikan mobil diperkuat hingga arus listrik menjadi kuat dan lancar yang dapat memberikan penerangan yang sangat jelas pada lampu mobil dan suara klakson yang nyaring serta  AC yang bekerja dengan baik.

Jika anda mendapatkan kerusakan pada bagian AC mobil maka anda bisa melakukan pengecekan pada bagian relay pada mobil. Relay yang baik pastinya mampu menjalankan AC mobil dengan baik, membuat lampu mobil lebih mrenyala terang dan suara klakson yang lebih terdengar jelas.

Fungsi Relay Pada Mobil

Berbicara mengenal fungsi relay pada kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil sudah sangat jelas. Namun masih ada sebagian orang yang belum mengetahui apa fungsi relay. Secara singkat dan mudahnya fungsi relay pada motor maupun mobil sebagai penguhubung arus listrik sekaligus sebagai pemutus listrik.

Peranan dan fungsi relay sangat besar.Seperti fungsi relay pada lampu mobil. Relay akan berfungsi sebagai saklar yang menghubungkan arus listrik pada mobil hingga dapat sampai ke lampu mobil dan klakson mobil. Dengan adanya relay akan membuat arus listrik menjadi sangat besar dan membuat lampu mobil dapat teralisi listrik dan menyala terang.

Cara kerja relay pada mobil dimulai dari sebuah kumparan yang mengandung listrik hingga terjadinya medan elektromagnetik yang mampu memberikan pasokan arus listrik pada bagian lampu, klakson dan komponen mobil lain. Harga relay pada mobil sangat murah. Relay Bosch tahan panas dan berbahan keramik sangat banyak beredar di pasaran. Untuk harga relay klakson mobil terbaru dimulai dari Rp 40 ribu sampai Rp 175 ribu.

Namun jika anda mendapatkan relay pada mobil anda mengalami kerusakan maka segera secepatnya untuk diperbaiki. Ciri-ciri relay starter pada mobil mengalami rusak tampak pada waktu kunci kontak digerakkan dan disambungkan. Akan tetapi mesin tak berputar dan menyala, yang keluar hanya suara kletek-kletek  atau dinamo stater tak berfungsi secara baik. Dengan tanda tersebut, relay pada mobil tak berfungsi baik. Lalu apa saja fungsi relay pada mobil?

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa fungsi relay pada mobil, antara lain:

1.Memperpanjang umur saklar pada mobil

Fungsi yang pertama dari relay pada mobil untuk membuat awet saklar mobil atau membuat panjang umur saklar. Karena akan bisa menghindari saklar panas lalu meleleh. Sehingga saklar dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Namun untuk menjalankan fungsi relay pada mobil memerlukan pasokan arus listrik yang cukup besar supaya relay dapat berkinerja optimal. Relay pada mobil memiliki arus listrik yang mengalir sampai menembus saklar.

Dengan demikian, anda dapat mengetahui fungsi saklar mobil di komponen relay adalah untuk membangkitkan arus listrik pada mobil. Selanjutnya arus listrik merembet menuju kompresor Air conditioning (AC) dan terus menuju ke lampu mobil hingga komponen mobil lain.

2.Memperkecil hambatan pada arus listrik

Fungsi relay pada mobil lainnya adalah untuk meminimalisir terjadinya hambatan pada arus listrik. Dampak terjadinya hambatan pada arus listrik, salah satunya adalah lampu mobil menjadi kurang terang.  Dengan adanya relay di mobil maka lampu mobil akan menyala dengan sangat terang.

Dibaca Juga: Kerusakan Rangkaian Kelistrikan AC Mobil Beserta Solusinya

Disamping dampak hambatan arus listrik pada mobil yang bisa membuat lampu mobil kurang terang maka dampak lainnya adalah membuat bunyi klakson menjadi sangat pelan atau lemah. Dengan adanya relay pada mobil membuat suara klakson akan jadi sangat nyaring. Dengan demikian, tidak bisa dipandang sebelah mata lagi dari fungsi relay yang manfaatnya sangat besar bagi mobil yang anda kendarai. Seperti akan membuat lampu mobil lebih menyala sangat terang dan suara klakson mobil yang lebih nyaring dan terdengar jelas. Semua itu berkat fungsi relay yang mampu mengatasi terjadinya hambatan arus listrik.

3.Mengunci mobil

Fungsi relay di mobil yang tak kalah penting adalah mengunci mobil. Hal tersebut jika pemilik mobil sengaja untuk melakukan penguncian mobil menggunakan relay yang dimulai penghentian arus listrik pada mobil. Dalam hal ini fungsi relay berikutnya adalah melakukan pemutusan arus listrik dan penghubung arus listrik.

Salah satu hal yang diinginkan oleh pemilik mobil adalah mobilnya berada di tempat aman dan sudah dikunci secara aman. Namun  terkadang penguncian mobil menggunakan kunci mobil masih kurang aman. Dalam hal ini anda membutuhkan sistem penguncian tambahan. Salah satunya anda bisa menggunakan relay pada mobil yang berguna dan berfungsi untuk melakukan penguncian tambahan pada mobil. Sehingga mobil lebih terjaga dari segi keamanannya.

4.Saklar

Fungsi relay pada mobil lainnya adalah sebagai saklar switch elektromagnetik. Dalam hal ini, fungsi relay untuk melakukan pengendalian terhadap arus listrik dari mobil. Relay dapat memproduksi daya magnet lewat kumparan yang telah diberi aliran listrik. Dengan adanya gaya elektromagnetik akan membuat tersambungnya poin kontak.

5.Sebagai pelindung saklar

Berikutnya, yang menjadi fungsi relay pada mobil sebagai pelindung saklar. Komponen ini bertugas memberikan perlindungan pada bagian saklar mobil sehingga tidak sembarangan orang bisa menggunakan saklar mobil dan membuat saklar mobil tetap terlindungi dengan baik dari panas.

Relay sama seperti komponen di dalam mobil yang dapat rusak. Relay pada mobil yang rusak membuat mobil tak berfungsi dengan baik. Dokter Mobil (doktermobil.com) adalah bengkel mobil terpercaya yang menerima reparasi mobil dari segi mesin dan kelistrikan seperti relay mobil yang rusak agar bisa baik lagi dan kembali optimal dari fungsi relay pada mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu