New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Udara Panas AC Mobil Tidak Dingin

Udara Panas AC Mobil Tidak Dingin

Pernah mengalami keadaan udara panas saat AC Mobil tidak dingin ketika hendak berpergian? Tentu sangat tidak nyaman bukan?

Berikut ini adalah penyebab yang harus diperhatikan pada saat kita menjumpai AC mobil tidak dingin hanya keluar angin pada siang hari :

  1. Temperatur Mesin Panas

    Overheat bisa saja terjadi ketika tekanan dalam sistem AC terlalu besar. Tekanan yang besar ini akan menyebabkan putusnya magnetic clutch. Hal ini bisa juga menyebabkan terputusnya arus listrik menuju field coil sehingga body kompresor tidak dapat bekerja secara maksimal.

  2. Kompresi Didalam Kompresor Lemah

    Kompresi pada kompresor berfungsi mendistribusikan Freon. Jika kompresor yang masih sehat masih mampu mendistribusikan Freon hingga ke evaporator,tidak halnya jika kompresor dengan keadaan drop. Kompresor dengan kondisi seperti ini akan bekerja maksimal jika mobil sudah berjalan lancar. Point utamanya adalah kinerja kompresor yang bekerja berat ditambah dengan kondisi udara panas siang hari sehingga semakin lama akan menyebabkan kinerja kompresor menurun.

  3. Putaran Fan Radiator Kurang Kencang

    Fan pada radiator berfungsi membuang udara panas pada kondensor. Putaran fan yang lemah dapat disebabkan karena suhu didalam mesin meningkat.

  4. Freon Habis Karena Kebocoran

    Secara umum,penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin pada saat siang hariterjadi karena permasalahan satu dengan yang lain saling berhubungan. Putaran kipas pada radiator yang kurang kencang seperti yang telah kita jelaskan di atas mengakibatkan tekanan pada Freon yang tinggi karena suhu yang tidak stabil.

    Hal ini menyebabkan Freon keluar sedikit demi sedikit melalui seal sambungan antar pipa,atau bisa juga melalui seal shaft yang berada pada kompresor. Selalu ingat,Freon yang habis didalam system mesin AC mobil terjadi karena kebocoran,bukan karena efek dari sirkulasi Freon didalam AC.

  5. Evaporator Kotor

    Evaporator dalam system AC mobil berfungsi untuk mendistribusikan udara dingin ke bagian kabin mobil. Cara kerjanya mirip seperti paru paru yang mengantarkan udara yang baik untuk tubuh. Jika Evaporator ini kotor dan tersumbat akan mengakibatkan udara dingin yang dihembuskan kurang sejuk.

    Hal ini tentu saja akan diperparah pada kondisi siang hari yang panas. Udara sejuk yang minim karena evaporator mulai drop tidak akan mampu menyeimbangkan udara dalam kabin. Menyeimbangkan saja terlalu berat,apa lagi membuat udara dalam kabin jadi lebih sejuk.

  6. Filter Kabin Kotor

    Filter pada kabin berfungsi menyaring udara,filter yang kotor tentu saja akan menyebabkan sirkulasi udara tidak lancar. Di ibaratkan filter kabin ini seperti halnya fentilasi pada rumah. Ketika fentilasi ini kotor atau tersumbat udara yang mauk juga akan terhalangi. Umumnya,udara disiang hari yang panas minim akan angina. Hal ini tentu saja memperburuk keadaan,belum lagi jika kita berkendara di kemacetan Jakarta selain udara siangnya yang panas juga macet disana sini.

  7. Ekstra Fan Lemah

    Ekstra fan berfungsi untuk mempercepat pendinginan Freon,apabila komponen ini lemah yang terjadi adalah proses kondensasi Freon akan terganggu. Selain itu jaraknya yang berdekatan dengan radiator apabila ekstrafan ini mati atau lemah,panas di radiator akan diserap oleh kondensor. Hal inilah yang menyebabkan mesin secara keseluruhan ikut terpengaruh menjadi overheating.

  8. Tekanan pada Sistem AC Mobil yang Berlebihan

    Hal ini dapat terjadi ketika oli kompresor berlebih yang menyebabkan tekanan pada Freon meingkat. Tekanan yang berlebihan ini yang lantas membuat kompresor terlalu panas. Ketika hal ini terjadi,condenser akan kesulitan melakukan proses kondensasi. Akibatnya udara yang dikeluarkan tidak maksimal.

  9. Saluran Pembuangan Air Kondensasi Tersumbat

    Air kondensasi yang tersumbat ini diakibatkan oleh kotoran yang terserap oleh blower atau evaporator yang kotor dan menyebabkan lendir dan menyumbat saluran buang. Hal ini dapat kita lihat ketika kita menjumpai adanya tetesan air dibawah dashboard.

  10. Keadaan Perjalanan Macet

    Pada saat perjalanan macet,distribusi atau sirkulasi Freon AC tidak optimal,hal ini disebabkan karena kinerja kompresor yang tidak optimal,meskipun kompresor bekerja secara normal. Ditambah lagi kondisi jalanan seperti diperkotaan besar seperti Jakarta pada siang hari menyebabkan macet dimana mana. Tentu saja hal ini menjadikan mesin mobil semakin panas.

  11. Kelebihan Penumpang

    Kelebihan penumpang menyebabkan udara didalam kabin mobil sulit bersirkulasi. Bagi AC mobil hal ini menyebabkan penyesuaian suhu kabin semakin berat. Untuk mengatasi hal ini kita dapat menggunakan AC double blower.

Temukan Solusimu di Dokter Mobil

Bagi anda yang membutuhkan perawatan dan service AC mobil untuk mengatasi masalah Udara Panas AC Mobil Tidak Dingin

Silahkan menghubungi Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang memiliki beberapa keunggulan seperti:

– Mekanik berpengalaman lebih dari 5 tahun
– Peralatan service yang lengkap dan berteknologi terbaru
– Spare part pengganti asli dan berkualitas
– Pengecheckan AC mobil yang “By Data” menggunakan mesin canggih
– Pengecheckan AC mobil GRATIS
– Garansi uang kembali 100% jika masalah muncul kembali.

Jika anda membutuhkan service silahkan menghubungi Dokter Mobil di phone/kontak:

KELAPA GADING
Jln. Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading 15810
Phone/WA: 0877-8713-3366

GADING SERPONG
RUKO Paramount Dotcom Blok Orange no.5 Gading Serpong
, Pakulonan Baru., Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810
Phone/WA: 0813-1991-2289

CIBUBUR
Kawasan Ruko Niaga Citra Gran Blok R6 No 6, KM 4,
Jl. Alternatif Cibubur, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17435
Phone:0858-1765-3292

BEKASI
Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
(Dekat Pintu Tol Becakayu)
☏ (021) 22845887

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya