New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Penyebab AC Mobil Cepat Panas

Penyebab AC Mobil Cepat Panas

Kerusakan AC pada kendaraan anda dapat menjadi tanda adanya masalah pada mobil anda. Salah satu tanda tersebut adalah AC mobil yang justru mengeluarkan panas. Mencari penyebab AC mobil cepat panas sangat penting untuk memastikan kerusakan AC dapat segera diperbaiki.

Penyebab Ac Mobil Cepat Panas

Tentu harus dicek terlebih dulu pada bagian sistem AC mobil yang dimiliki apakah sudah berjalan sesuai dengan fungsinya dari masing-masing komponen tersebut. Secara umum penyebabnya adalah perawatan mobil yang tidak rutin, kalaupun rutin namun tidak menyeluruh misalnya fokus pada bagian mesin saja.

Periksalah ketika mobil dinyalakan terdengarkah suara yang sedikit tidak biasa di bagian sistem AC mobil Anda. Jika ternyata ada, maka kemungkinan ada bagian komponen AC mobil Anda yang sudah Aus atau sudah tidak berfungsi lagi sehingga berjalannya sistem AC tidak normal.

Adapun yang paling mudah dilakukan adalah coba periksa terlebih dahulu bagian motor kipas pendingin masih berfungsi atau tidak. Bagian motor kipas pendingin ini ada masa pakainya, biasanya 2 hingga 3 tahun tergantung pemakaian. Apabila sudah waktunya harus diganti, jangan sampai pemasangannya terbalik karena akan berdampak AC mobil Anda tidak dingin nantinya.

Beberapa penyebab lainnya yang menyebabkan AC mobil menjadi cepat panas, antara lain :

  • Magnetic Clutch

    Magnetic clutch yang mulai bermasalah, gejalanya ketika awal jalan masih dingin namun ketika jalanan padat atau macet ac mobil tiba-tiba panas dan tidak jarang juga nanti ketika jalanan sudah mulai lancar ac mobil kembali dingin, pertanyaannya mengapa seperti itu? karena jika Dioda pada magnet sudah mulai lemah dan kena hawa panas yang lebih dari ruang mesin ketika macet akan menyebabkan off sementara waktu, dan kebanyakan jika masih tahap awal kerusakan akan ON kembali ketika mobil sudah jalan lancar karena jika mobil bergerak atau jalan, angin akan lebih banyak bersirkulasi di sekitar ruang mesin.

  • Cooling fan ac / fan radiator mati

    ketika cooling fan atau biasa disebut extra fan mati maka pembuangan panas di kondensor menjadi tidak sempurna dan membuat tekanan pada kondensor menjadi kepanasan / overheat yg berimbas menurunnya kinerja kompresor, biasanya kendala ini akan lebih terasa ketika mobil berhenti / macet.

  • Freon berlebihan

    Freon berlebihan akan membuat tekanan tinggi (High pressure) menjadi overheat, otomatis akan membuat kompresor menjadi kepanasan dan menurunkan performa dingin nya, bahkan jika terlalu overheat kompresor juga akan cut/off. mengapa freon bisa berlebihan? biasanya faktor human error dari bengkel, karena masih banyak para pengguna mobil yang awam tentang ac, merasa ac kurang dingin sedikit lalu membawa mobilnya ke bengkel sembarang untuk di tambah freon, padahal belum tentu ac kurang dingin itu faktor nya dari kurang freon.

  • Sistem AC Mampet

    mampet pada sistem ac umum nya terjadi pada dryer filter, expansi valve dan kondensor, efek mampet tentu saja akan membuat sirkulasi freon didalam sistem menjadi terhambat dan menyebabkan ac menjadi tidak konstan dinginnya.

  • Komponen Kompresor Aus

    Ini terjadi umumnya disebabkan karena sudah saatnya untuk diganti, gejala umum yang dapat terlihat dengan adanya bunyi kasar serta pada bagian sight glass akan terlihat hitam. Sehingga menimbulkan dampak lainnya yang terjadi yaitu tersumbatnya bagian dryer filter temasuk juga expansi valve.

  • Evaporator kotor

    Dampak yang terjadi pada aliran udara ke dalam mobil akan tersumbat, sehingga anginnya pun kecil. Penyebabnya bisa dari debu yang menumpuk di bagian evaporator tersebut, Sebaiknya disarankan agar dipasang kabin filter agar debu tidak mudah masuk ke bagian evaporator, agar komponen tersebut lebih awet.

  • Kebocoran Sistem ac

    Ini disebabkan adanya kebocoran yang terjadi pada Sistem AC, misalnya kebocoran pada evaporator atau condenssor, hingga kebocoran yang dapat terjadi pada sambungan Seal O-ring atau komponen lainnya.

  • Elektrik / kelistrikan

    beberapa komponen ac seperti kompresor, fan, blower hidup dengan aliran listrik apabila jalue kelistrikan ada yang terganggu maka akan membuat salah 1 dari komponen tsb tidak jalan dan tentunya akan membuat ac menjadi panas.

  • Temperature mesin overheat

    Radiator mampet, kebocoran air radiator, thermostart radiator rusak, waterpump rusak, bahkan sampai silinder head mesin itu akan membuat Temperature mesin menjadi overheat dan efek nya pasti akan langsung berimbas kepada ac mobil menjadi tidak dingin, karena jika mesin overheat maka tekanan freon pasti akan overheat juga dan membuat kompresor menjadi kepanasan secara berlebihan dan otomatis akan membuat kompresor cut/off sementara waktu.

  • Fanbelt putus

    Fanbelt putus bisa membuat puly Compressor tidak terhubung dengan Putaran mesin

Solusi :

Dari uraian tersebut ternyata penyebab AC mobil panas cukup banyak, sehingga para pengguna mobil cukup menganalisa kira-kira apa penyebabnya. Jika bukan karena komponen yang menunjang sistem AC, bisa coba cek temperature mesin nya apakah over heat / tidak. karena jika mesin over heat juga akan menyebabkan kompresor tidak bekerja.

Dokter Mobil

Solusi tepat untuk mengatasi mobil kesayangan Anda ! Bagi anda yang membutuhkan perawatan dan service AC mobil untuk mengatasi masalah Penyebab AC Mobil Cepat Panas

Silahkan menghubungi Dokter Mobil

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang memiliki beberapa keunggulan seperti:

– Mekanik berpengalaman lebih dari 5 tahun
– Peralatan service yang lengkap dan berteknologi terbaru
– Spare part pengganti asli dan berkualitas
– Pengecheckan AC mobil yang “By Data” menggunakan mesin canggih
– Pengecheckan AC mobil GRATIS
– Garansi uang kembali 100% jika masalah muncul kembali.

Jika anda membutuhkan service silahkan menghubungi Dokter Mobil di phone/kontak:

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya