📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Pengertian VVTI , Fungsi, dan Manfaat Pada Mesin Mobil Anda

VVTI adalah sistem penting dalam mobil bensin yang mengatur kinerja katup secara efisien, meningkatkan tenaga mesin, efisiensi bahan bakar, dan mengurangi emisi. Artikel ini menjelaskan pengertian, manfaat, dan cara kerjanya.

VVTI mengatur pembukaan dan penutupan katup untuk meningkatkan efisiensi mesin dan tenaga, dengan pengaturan oleh ECU berdasarkan kondisi operasi mesin dan throttle position.

Semakin berkembangnya teknologi tiap tahunnya, hal ini juga turut berimbas pada sematan teknologi yang digunakan untuk mobil.

Jika dalam sistem motor terdapat istilah FI atau ECO, nah dalam mobil salah satunya yakni sistem VVT-i. Logo ini kerap dijumpai di bagian eksterior mobil terutama pada mobil Toyota, Daihatsu hingga Suzuki. Apakah anda salah satunya?

Nah bagi anda pengguna mobil, sudahkah anda mengetahui pengertian dan fungsi dari VVT-i? Berikut penjelasan selengkapnya dibawah ini

Pengertian VVTI

Variable Valve Timing Intelligence atau lebih akrab disebut dengan VVTI merupakan sebuah sistem yang berfungsi mengatur kinerja katup elektronik dan emisi pembuangan yang keluar dapat diatur sefisien mungkin. Sistem ini hanya disematkan pada mobil berjenis bensin.

Sebelum hadirnya VVTI, pendahulunya yakni bernama VVT yang dikembangkan oleh vendor Toyota pada tahun 1991. Sistem ini telah dilengkapi pengatur waktu pada buka katup tersebut.

Dalam satu mesin terdapat dua buah aktuator VVT-i yang bekerja secara independen. Hal inilah yang menjadikan penamaan dual VVTI sebab jumlahnya sepasang.

Manfaat Pada VVTI

Dengan hadirnya sistem VVTI, dapat membuat mobil anda menjadi bertenaga namun lebih irit dan efisien. Bahan bakar yang dikeluarkan pun ramah lingkungan sehingga tidak terlalu menimbulkan gejala asap ngebul. Jadi anda tidak perlu khawatir jika berkendara dengan tenaga besar, BBM akan tetap irit meski mesin berkapasitas kecil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Baca Juga : Permasalahan Toyota Innova dan Fortuner yang Sering Terjadi

Cara Kerja VVTI

Bagian VVTI terdiri dari:

  • ECU yang menghitung ketepatan waktu kinerja katup masuk secara optimal berdasarkan kondisi operasi mesin,
  • Katup kontrol oli (OCV) yang mengontrol tekanan hidrolik di bawah instruksi ECU, dan
  • Katrol VVT yang secara terus-menerus mengubah timing katup masuk menggunakan tekanan hidrolik.

Bagaimana kinerja VVTI pada mesin mobil anda?

Untuk mengatur kinerja pembukaan dan penutupan katup agar optimal, maka ECU berusaha menyesuaikan kecepatan mesin, volume udara masuk, dan posisi throttle (akselerator) yang disesuaikan dari pedal gas dan beban mesin.

Efektivitas dan Kehandalan Sistem VVTI

1. Efektivitas dan Kehandalan Jangka Panjang

Sistem VVTI (Variable Valve Timing Intelligent) terbukti efektif dalam meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar mesin. Sistem ini umumnya handal dan jarang mengalami masalah dalam jangka waktu yang panjang.

Namun, beberapa kemungkinan perawatan atau kerusakan yang mungkin timbul seiring penggunaan mobil antara lain:

  • Kerusakan sensor VVT-i: Sensor ini dapat menjadi kotor atau aus seiring waktu, dan perlu dibersihkan atau diganti.
  • Kebocoran oli pada aktuator VVT-i: Kebocoran ini dapat menyebabkan masalah pada performa mesin.
  • Rantai timing: Rantai timing pada mesin VVT-i perlu diperiksa dan diganti secara berkala.

2. Perbedaan Performa dan Efisiensi

Mobil yang dilengkapi dengan sistem VVTI umumnya memiliki performa yang lebih baik dan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil yang tidak dilengkapi dengan sistem ini.

Perbedaan ini dapat terasa dalam berbagai kondisi jalan, termasuk:

  • Akselerasi: Mobil dengan VVTI umumnya memiliki akselerasi yang lebih cepat.
  • Tenaga: Mobil dengan VVTI umumnya memiliki tenaga yang lebih besar pada putaran mesin rendah.
  • Efisiensi bahan bakar: Mobil dengan VVTI umumnya lebih hemat bahan bakar.

3. Pemeliharaan Sistem VVTI

Berikut beberapa cara untuk melakukan pemeliharaan atau perawatan terhadap sistem VVTI agar tetap berfungsi dengan optimal:

  • Gunakan oli mesin yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  • Lakukan servis berkala di bengkel resmi.
  • Periksa sensor VVT-i dan aktuator VVT-i secara berkala.
  • Ganti rantai timing sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan.

Pengaturan khusus saat servis berkala:

Pada umumnya, tidak diperlukan pengaturan khusus saat melakukan servis berkala pada mobil yang menggunakan teknologi VVTI.

Namun, bengkel resmi mungkin akan melakukan pemeriksaan dan penyetelan khusus pada sistem VVTI untuk memastikan bahwa sistem tersebut berfungsi dengan optimal.

Kesimpulan

Sistem VVTI merupakan teknologi yang efektif untuk meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar mesin. Sistem ini umumnya handal dan mudah dirawat.

Memilih mobil dengan sistem VVTI dapat memberikan keuntungan dalam hal performa, efisiensi bahan bakar, dan ketahanan mesin dalam jangka panjang.

Nah itulah ulasan mengenai pengertian vvti pada mesin mobil yang tersemat sistem tersebut. Cari permasalahan mobil anda hanya di Dokter Mobil

Referensi

Sistem VVT-i: https://en.wikipedia.org/wiki/VVT-i

Perawatan VVT-i: https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/ini-alasan-perawatan-mesin-dual-vvti-avanza-sangat-mudah

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

AC Pajero Mati, Inilah 5 Penyebab & Cara Mengatasinya

Penyebab & Solusi Ac Mobil Pajero Mati

Anda tengah menghadapi situasi yang mengecewakan saat AC Pajero Anda tiba-tiba mati? Jangan khawatir! Artikel ini akan membahas lima penyebab umum mengapa AC Pajero mati,

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!