New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Pengertian VVTI , Fungsi, dan Manfaat Pada Mesin Mobil Anda

Semakin berkembangnya teknologi tiap tahunnya, hal ini juga turut berimbas pada sematan teknologi yang digunakan untuk mobil. Jika dalam sistem motor terdapat istilah FI atau ECO, nah dalam mobil salah satunya yakni sistem VVT-i. Logo ini kerap dijumpai di bagian eksterior mobil terutama pada mobil Toyota, Daihatsu hingga Suzuki. Apakah anda salah satunya?

Nah bagi anda pengguna mobil, sudahkah anda mengetahui pengertian dan fungsi dari VVT-i? Berikut penjelasan selengkapnya dibawah ini

Pengertian VVTI

Variable Valve Timing Intelligence atau lebih akrab disebut dengan VVTI merupakan sebuah sistem yang berfungsi mengatur kinerja katup elektronik dan emisi pembuangan yang keluar dapat diatur sefisien mungkin. Sistem ini hanya disematkan pada mobil berjenis bensin.

Sebelum hadirnya VVTI, pendahulunya yakni bernama VVT yang dikembangkan oleh vendor Toyota pada tahun 1991. Sistem ini telah dilengkapi pengatur waktu pada buka katup tersebut. Dalam satu mesin terdapat dua buah aktuator VVT-i yang bekerja secara independen. Hal inilah yang menjadikan penamaan dual VVTI sebab jumlahnya sepasang.

Manfaat Pada VVTI

Dengan hadirnya sistem VVTI, dapat membuat mobil anda menjadi bertenaga namun lebih irit dan efisien. Bahan bakar yang dikeluarkan pun ramah lingkungan sehingga tidak terlalu menimbulkan gejala asap ngebul. Jadi anda tidak perlu khawatir jika berkendara dengan tenaga besar, BBM akan tetap irit meski mesin berkapasitas kecil.

Baca Juga : Permasalahan Toyota Innova dan Fortuner yang Sering Terjadi

Cara Kerja VVTI

Bagian VVTI terdiri dari:

-ECU yang menghitung ketepatan waktu kinerja katup masuk secara optimal berdasarkan kondisi operasi mesin,

-Katup kontrol oli (OCV) yang mengontrol tekanan hidrolik di bawah instruksi ECU, dan

-Katrol VVT yang secara terus-menerus mengubah timing katup masuk menggunakan tekanan hidrolik.

Bagaimana kinerja VVTI pada mesin mobil anda?

Untuk mengatur kinerja pembukaan dan penutupan katup agar optimal, maka ECU berusaha menyesuaikan kecepatan mesin, volume udara masuk, dan posisi throttle (akselerator) yang disesuaikan dari pedal gas dan beban mesin.

Nah itulah ulasan mengenai pengertian vvti pada mesin mobil yang tersemat sistem tersebut. Cari permasalahan mobil anda hanya di Dokter Mobil

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!