New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Jangan Panik, Ketahui Penyebab Mesin Mobil Tiba Tiba Mati

Berkendara menggunakan mobil pribadi membuat perjalanan menjadi nyaman meski jarak jauh sekalipun. Namun apa jadinya bila mesin mobil tiba tiba mati? Panik, kesal, jengah menyelimuti suasana hati anda. Nah kira-kira apa sih penyebab mesin mobil tiba tiba mati mendadak? Jangan biarkan hal ini didiamkan terus berlanjut. Untuk mengetahui penyebabnya, simak selengkapnya dibawah ini;

1. Cek Komponen Listrik

Ketika mobil anda tiba-tiba mati, hal utama yang harus di cek adalah komponen listrik. Perhatikan instrumen di dashboard, lampu, klakson, dll apakah masih dapat berkinerja dengan baik atau sebaliknya. Jika salah satunya tidak menyala, maka sekring utama listrik mesin mobil mengalami gangguan hingga terputus, sebab tidak ada daya listrik dari aki.

2. Alternator Rusak

Selanjutnya, alternator yang sudah rusak atau terganggu dapat memicu mobil menjadi mogok seketika. Untuk menghasilkan listrik pada mesin, dibutuhkan kerjasama antara aki dengan alternator. Jika alternator yang tidak terisi daya listrik ke komponen aki, maka tidak heran bila mesin mati. Aki menjadi tekor sebab tidak ada back up tenaga dari alternator.

3. Aki

Kebanyakan para pengguna mobil Avanza mengeluhkan keadaan mobilnya mendadak mati, bahkan untuk distarter kembalipun susah. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata aki pada mobil tersebut sudah tekor atau habis.

Solusinya yakni mengganti aki lama dengan aki baru.

4. ECU

Beberapa merk mobil seperti Avanza, Terios, Rush, Xenia, dll meletakkan posisi ECU dibawah blower AC. Ketika terdapat permasalahan AC, alhasil kinerja terganggu. AC mampet dan airnya tidak dapat keluar dengan sempurna. Akhirnya, air AC keluar didalam sehingga dapat berpotensi masuk kedalam part ECU.

Baca Juga : Faktor Penyebab ECU Mobil Rusak dan Solusi Mengatasinya

Solusinya mau tidak mau harus membersihkan ECU bebas dari air agar mesin dapat menyala kembali.

5. Sensor

Penyebab sensor sudah kotor hingga tidak dapat berkinerja dengan maksimal ialah sebab jarang mendapatkan perawatan tune up. Seperti yang telah kita ketahui, tune up merupakan proses pembersihan saluran ruang pembakaran sehingga bebas dari kerak karbon.

Selain ruang pembakaran, sensor apalagi yang kira-kira bermasalah?

-Server throttle

Berfungsi untuk mengatur udara ketika AC dihidupkan atau ketika tidak digas dalam posisi idle. Sensor ini juga dapat mengalami penumpukan kotoran. Ketika tertutup kotoran, udara menjadi tidak bisa masuk sehingga sensor bermasalah.

-Crankshoft Sensor

Jika komponen ini rusak, maka check engine dapat menyala secara otomatis.

-O2 Sensor

Letaknya berada dalam knalpot. Jika O2 sensor mengalami kerusakan, maka mesin dapat mengalami indikasi brebet. Dampaknya dapat mati sendiri ketika kerusakan sudah parah. Check engine dapat menyala jika komponen ini mengalami kerusakan.

-MAF Sensor

MAF Sensor berfungsi untuk menghitung seberapa banyak udara yang masuk dalam ruang pembakaran. Semakin banyak udara yang masuk maka filamen semakin dingin. Ketika MAF sensor sudah kacau atau bermasalah, maka dampaknya mesin menjadi brebet hingga boros bahan bakar.

Diagnosa pun sulit sebab check engine tidak menyala seperti kerusakan sensor lainnya.

-Cam Sensor

Hampir serupa dengan sensor diatas, cam sensor tidak dapat menyalakan check engine sehingga pengguna mengalami kesulitas diagnosa. Cam sensor hanya terdapat pada beberapa jenis mobil tertentu saja.

Nah, itulah penyebab mesin mobil tiba tiba mati. Jika anda ragu untuk membongkarnya sendiri, silahkan bawa mobil anda ke Dokter Mobil. Hal ini tidak terlepas dari perawatan mobil baik rutin hingga berkala. Jadi, berikan perawatan terbaik untuk mobil anda ya..

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya