📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

3 Alasan lampu check engine tidak menyala saat kontak on

lampu check engine tidak menyala saat kontak on

lampu check engine tidak menyala saat kontak on

Jika Kamu mengalami lampu check engine tidak menyala saat kontak on, kemungkinan besar terjadi beragam masalah yang menimpa mobil. Apalagi lampu indikator mati keseluruhan, tentu sangat tidak baik jika membiarkannya terlalu lama. Sebaiknya segera atasi kendala satu ini karena cukup penting untuk mendiagnosa permasalahan lain pada komponen mobil.

Kendala lampu check engine pastinya berhubungan dengan masalah kelistrikan. Kondisi mobil yang sudah tua biasanya rentan mengalami masalah semacam ini. Sudah semestinya Kamu selaku pemilik kendaraan untuk merawat dan memperbaiki mobil kesayangan.

Sebenarnya, masalah lampu check engine yang mati ini bisa diatasi dengan mudah. Namun, bila Kamu tidak memiliki peralatan yang memadai, tidak ada salahnya untuk mempercayakan mobil kepada ahlinya. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah lampu check engine mati? Simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Lampu Check Engine Tidak Menyala Saat Kontak On

  1. Memeriksa kondisi aki

Cara pertama yang dapat Kamu lakukan untuk mengatasi kendala ini adalah dengan memeriksa kondisi aki mobil. Untuk kasus ini, biasanya terdapat baut atau mur yang tidak dipasang dengan baik alias longgar. Jika benar, Kamu dapat mengencangkannya kembali.

Selain mur dan baut yang longgar, kotoran seperti serbuk putih dan karat bisa saja menjadi akar permasalahan. Kamu dapat melepas aki kemudian bersihkan hingga benar-benar bebas dari kotoran. Perlu diketahui bahwa aliran listrik dari kutub aki bisa terhambat oleh kotoran.

  1. Memeriksa sekring

Penyebutan dan letak lampu check engine tentunya berbeda-beda tergantung jenis atau merek mobil. Kamu dapat memberikan bagian sekring jika memang lampu pada mobil tidak menyala secara keseluruhan. Masalah pada sekring biasanya mengakibatkan kelistrikan pada mobil tidak bekerja sebagaimana mestinya. Jika memang terdapat kendala, Kamu dapat menggunakan ECU (Engine Control Unit) dari kendaraan lain untuk memeriksa apakah letak permasalahannya itu dari sekring atau bukan.

  1. Memeriksa kabel

Selanjutnya, Kamu dapat memeriksa kondisi kabel pada mobil jika memang semua lampu indikator tidak menyala. Kamu sendiri tentu tahu betul bahwa kelistrikan sangat berhubungan dengan kabel-kabel. Aliran listrik bisa saja terganggu bila kondisi kabel yang ada pada mobil rusak atau bahkan terputus. Terlepas dari itu, jika Kamu tidak terlalu paham tentang kelistrikan, maka sebaiknya biarkan orang ahli yang mengalami masalah tersebut.

lampu check engine tidak menyala saat kontak on

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Baca Juga : Penyebab Setir Mobil Speleng

Itulah beberapa cara mengatasi lampu check engine tidak menyala saat kontak on yang mungkin bisa Kamu coba sendiri. Jangan terlalu memaksakan diri bila awam terhadap permasalahan pada mobil. Kamu dapat membawa mobil kesayangan ke bengkel-bengkel terdekat untuk mendapatkan hasil memuaskan. Semoga tulisan ini memberikan banyak manfaat terutama bagi Kamu yang sedang mengalami kendala serupa.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8769

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️