📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Perlunya Servis Setelah Membeli Mobil Bekas dan Bagian yang Harus Dicek

servis setelah membeli mobil bekas

Servis setelah membeli mobil bekas adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Hal ini sebenarnya cukup penting, selain untuk mengetahui kondisi mobil juga untuk menjaga agar mobil awet.

Tetapi, sayangnya banyak orang yang mengabaikan hal ini karena dirasa tidak penting. Padahal, dengan melakukan langkah ini Anda bisa memastikan bahwa kondisi dari mobil yang Anda beli memang masih cukup layak.

Tetapi, sebelum Anda melakukan servis kepada mobil yang baru Anda beli, sebaiknya ketahui dulu tentang kondisi mobil atau bagaimana cara pemakaian mobil sebelumnya.

Hal ini diperlukan karena, agar kita mengetahui bagaimana dan apa saja perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil Sebelumnya sehingga kita bisa meneruskan perawatan tersebut.

Tetapi, meskipun begitu kita juga tetap harus melakukan servis setelah membeli mobil bekas.

Selain untuk kenyamanan juga demi menghindari hal yang tidak diinginkan. Lalu, servis apa saja yang diperlukan? Berikut adalah penjelasannya.

Melakukan Servis Setelah Membeli Mobil Bekas Bisa Dimulai dengan Mengecek Bagian Mesin

servis setelah membeli mobil bekas (2)

Mesin mobil adalah bagian yang paling penting bagi mobil. Oleh karena hal itu, melakukan pemeriksaan terhadap mesin mobil bekas adalah suatu hal yang wajib.

Apabila Anda merasa bingung untuk memulai servis setelah membeli mobil bekas, saya sarankan untuk melakukan servis terhadap bagian mesinnya terlebih dahulu.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Meskipun, mobil bekas yang Anda beli batu saja berusia 5 tahun kurang ataupun 10 tahun kurang, memeriksa mesin mobil tetaplah menjadi hal terpenting yang perlu diprioritaskan.

Selain karena mesin merupakan bagian yang bisa menentukan kenyamanan dari mobil, mesin juga bagian penentu tentang performa dari mobil tersebut.

Karena, bisa dibayangkan apabila Anda baru saja membeli sebuah mobil bekas, tetapi ternyata mobil tersebut justru memiliki mesin yang buruk dan sering rusak.

Selain menganggu kenyamanan juga membuat biaya perbaikan dan perawatan menjadi membeludak. Jelas hal itu bukanlah hal yang akan Anda inginkan.

Pastikan Melakukan Pemeriksaan Secara Teliti

Untuk melakukan servis mesin sebagai bentuk servis setelah membeli mobil bekas ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan yang mendalam dan teliti terhadap kondisi dari mobil tersebut seperti misalnya kondisi oli.

Lakukan pemeriksaan secara lengkap terhadap oli mobil mulai dari oli transmisi, oli mesin, oli garden, dan bagian lainnya apakah memerlukan ganti oli atau perlu menambah.

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap oli mobil, lakukan juga pemeriksaan pada bagian lainnya seperti di ruang pembakaran. Busi, seal mesin, kabel busi, mesin pendingin, hingga AC mobil.

Anda perlu melakukan pemeriksaan dengan seksama untuk menghindari adanya kerusakan yang tidak terdeteksi.

Pastikan untuk memeriksanya dengan benar, meskipun pada bagian luar mobil terlihat masih bagus dan prima.

Melakukan Pemeriksaan Listrik Mobil Sebagai Servis Setelah Membeli Mobil Bekas

Kelistrikan mobil adalah salah satu bagian yang juga cukup penting di dalam mobil. Bagian ini juga perlu menjadi bagian prioritas dalam pengecekan setelah mesin mobil.

Setelah Anda selesai melakukan pengecekan terhadap keseluruhan mesin mobil, baiknya lakukan pemeriksaan terhadap bagian kelistrikan seperti di bagian aki mobil, alternator, hingga sekring dan juga bagian yang lainnya.

Karena bagian kelistrikan ini juga cukup berpengaruh terhadap kerja mobil setelah mesin, jangan sampai Anda melupakan bagian ini dan menyebabkan masalah seperti mobil mogok dan lainnya.

Baca Juga: Macam-Macam Layanan Pada Bengkel Kelistrikan Mobil

Untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi aki atau tegangannya sebagai bentuk servis setelah membeli mobil bekas, Anda bisa mengeceknya dengan multitester.

Untuk penggunaannya cukup pasang alat ini ke bagian aki yang sedang menyala. Setelahnya, akan muncul angka pada multitester tersebut.

Untuk aki yang normal, biasanya angka yang dihasilkan adalah diantara 13 sampai dengan 13,8 volt, tetapi apabila angka yang dihasilkan kurang atau justru lebih dari nilai tersebut artinya aki mengalami masalah.

Salah Satu Alasan Kenapa Servis Setelah Membeli Mobil Bekas Penting Dilakukan

Servis setelah membeli mobil bekas ini sangatlah penting dilakukan karena salah satu alasannya adalah apabila terdapat masalah yang terjadi pada bagian aki atau alternator setelah kita melakukan pengecekan, kita bisa segera mengganti komponen tersebut dengan komponen yang baru.

Tapi, jika Anda belum punya dana yang cukup untuk membelinya, Anda bisa melakukan servis ataupun perbaikan meskipun hal ini mungkin tidak akan bertahan lama.

Setelah memeriksa aki, lakukan juga pemeriksaan terhadap kabel dan sekring mobil. Pastikan tidak ada kabel yang putus ataupun yang bisa menyebabkan kebocoran listrik.

Karena, ketahanan serta keawetan dari aki juga bisa dipengaruhi dari listrik yang ada. Apabila terjadi kebocoran pada sistem kelistrikan, maka hal itu akan bisa merusak aki mobil.

Lakukan Pemeriksaan pada Bagian Kaki-kaki Mobil

Pernah mendengar suara seperti batu berbenturan pada saat Anda menaiki mobil? Suara seperti batu bertubrukan dan suara bergeruduk sebenarnya adalah tanda dari masalah yang terdapat di kaki mobil.

Apabila Anda mendengar suara seperti ini, sebaiknya jangan hanya dibiarkan tetapi segeralah melakukan pemeriksaan terhadap kaki-kaki mobil.

Karena, apabila hal ini dibiarkan akan bisa membuat kaki-kaki mobil menjadi rusak lebih parah pada saat kita gunakan.

Tapi, bagian mana saja yang perlu dicek apabila kita ingin melakukan servis setelah membeli mobil bekas? Pada bagian kaki-kaki ada beberapa komponen yang perlu Anda perhatikan.

Beberapa di antaranya adalah tie rod, arm, bushing, suspensi mobil, hingga dengan ball joint serta beberapa komponen lainnya yang berada di kaki-kaki.

Kaki-kaki harus dilakukan pemeriksaan pada saat selesai melakukan perjalanan jauh atau akan bepergian, takutnya apabila terjadi kerusakan yang me yang menyebabkan kaki-kaki patah atau jatuh pada saat perjalanan.

Untuk melakukan pemeriksaan di bagian kaki-kaki ini Anda perlu membawanya ke bengkel khusus, karena pada saat pemeriksaan roda mobil akan wajib dibuka sehingga bisa melihat kondisinya secara detail.

Dengan begitu, akan terlihat pada bagian mana saja kerusakan terjadi dan apa saja yang perlu diganti. Tetapi apabila semuanya masih baik, maka tidak perlu dilakukan penggantian karena untuk memperbaiki bagian kaki-kaki ini akan membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Sehingga pastikan Anda melalukan servis setelah membeli mobil bekas dan memeriksa dengan seksama untuk menghindari adanya kerusakan pada bagian kaki-kaki.

Lakukan Pemeriksaan Sistem Pendinginan Mesin Mobil di Dokter Mobil

Sebagai salah satu langkah dalam melakukan servis setelah membeli mobil bekas yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada sistem pendingin mobil.

Bagian pendingin atau AC mobil juga termasuk ke bagian atau komponen mobil yang penting.

Terlebih, kondisi dari AC mobil yang bekerja dengan maksimal juga menjadi salah satu faktor kenyamanan pada saat kita berkendara. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengecek juga bagian ini.

Untuk melakukan pengecekan pada sistem pendingin mobil, ada beberapa komponen yang perlu untuk dilihat yaitu pada bagian radiator, water pump, selang dari radiator, juga thermostat, hingga reservoir serta sensor-sensor yang ada didalamnya.

Anda perlu melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran pada mesin pendingin ini.

Untuk melakukan pengecekannya sebaiknya Anda juga tidak membawa ke sembarang bengkel tetapi ke ahli AC, seperti Dokter Mobil.

Hal ini karena Dokter Mobil adalah bengkel yang memang sudah dikenal sebagai bengkel spesialis service AC dan telah dipercaya oleh ribuan mobil untuk mengentaskan permasalahan AC mobilnya.

Dengan Anda melakukan servis setelah membeli mobil bekas disini, maka mobil Anda akan bisa ditangani dengan tepat dan benar, terlebih disini juga memberikan garansi kepada setiap pelanggannya.

Tentu jika ac dingin, langkah pertama nya adalah harus di check terlebih dahulu, apakah cukup dibersihkan ac mobilnya, atau ada faktor lain. Dokter mobil melayani service ac dengan standar bengkel ISO 9001:2015. Datang sekarang, untuk lakukan General Checkup Mobil GRATIS. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan GENERAL CHECKUP. Kemudian akan dijelaskan kendala, dan tindakan terbaik yang perlu dilakukan. Setelah itu akan dilakukan beberapa tahap lanjutan, salah satunya pembersihan evaporator, kondensor, dan flushing. Semua menggunakan teknologi mutakhir dengan standar bengkel internasional ISO 9001:2015. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Semua akan terlihat jika anda melakukan GENERAL CHECKUP MOBIL di Dokter Mobil. Mengenai pertanyaan ini, anda harus mulai mengecek Ruang Bakar Mesin Mobil. Lebih jelasnya, konsultasikan gratis ke CS kami.
Dokter Mobil menggunakan metode Karbon Clean dalam melakukan pengecekan Ruang Bakar Mesin Mobil. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Semua bisa dan datang ke Dokter Mobil PASTI BERES ! Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.

Lakukan reservasi service AC di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp untuk pemeriksaan hingga perbaikan sistem AC pada mobil bekas yang Anda punya. Anda juga bisa berkunjung langsung ke cabang Bengkel Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Itulah artikel terkait servis setelah membeli mobil bekas yang bisa kami paparkan. Semoga artikel ini akan bisa memberi manfaat untuk Anda dan membuat Anda sadar terhadap pentingnya melakukan servis kepada mobil dan memeriksa setiap komponennya.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form