📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Lantai Kabin Basah Saat AC Mobil Dihidupkan? Ini Penyebabnya!

lantai kabin basah saat ac mobil dihidupkan

Lantai kabin basah saat AC mobil dihidupkan biasanya disebabkan karena AC yang bocor. Penyebab dari AC mobil yang keluar inipun beragam. Berbagai kebiasaan yang Anda lakukan terkadang juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa AC mobil bocor dan menyebabkan kebasahan pada lantai kabin. Tetapi, terdapat beberapa ciri yang sebenarnya bisa kita waspadai. Biasanya tanda ini adalah salah satu sinyal terjadinya masalah pada AC mobil, sabung Anda harus lebih peka agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Karena mendapati masalah seperti lantai kabin basah saat ac mobil dihidupkan jelaslah bukan hal yang menyenangkan. Hal ini pastinya akan mengganggu kenyamanan dari pemilik mobil pada saat berkendara. Sehingga, ada baiknya anda selalu rutin melakukan pengecekan terhadap setiap komponen mobil Anda terutama di bagian AC ini. Berikut adalah beberapa penyebab dari lantai kabin basah pada saat ac mobil dihidupkan dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebabkan Lantai Kabin Basah Saat AC Mobil Dihidupkan

  • Lantai Kabin Basah Saat AC Mobil Dihidupkan bisa Dikarenakan Penggunaan AC Mobil yang Non Stop dalam Waktu Lama

lantai kabin basah saat ac mobil dihidupkan (2)

Jika Anda seseorang yang sering bepergian jauh baik di dalam kota ataupun keluar kota, tentunya Anda akan sangat sering menggunakan AC mobil. Tetapi, penggunaan AC Mobil yang terus-menerus dan tanpa henti adalah salah satu penyebab dari masalah lantai kabin basah saat AC mobil dihidupkan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Sama seperti dengan tubuh manusia, setiap komponen yang ada di dalam mobil juga membutuhkan waktu untuk beristirahat. Apalagi, jika Anda sering menggunakannya dan dalam waktu panjang tentu akan mempengaruhi kondisi dari AC mobil tersebut.

Apabila Anda memiliki rencana untuk pergi ke suatu tempat dengan jarak yang cukup jauh, sebaiknya ambil waktu sebentar untuk istirahat. Selain istirahat, selalu rajinlah untuk melakukan pemeriksaan dan servis rutin demi menjaga kualitas dari komponen mobil Anda. Menyalakan AC Mobil dalam waktu lama dan tanpa istirahat, akan membuat AC mobil menjadi mengeluarkan air yang kemudian merembes ke kabin mobil. Karena rembesan inilah yang kemudian menyebabkan lantai kabin basah saat AC mobil dihidupkan.

  • Lantai Kabin Basah Saat AC Mobil Dihidupkan Bisa Disebabkan Karena Terdapat Masalah di Bagian Evaporator Mobil

Penyebab dari lantai kabin basah saat AC mobil dihidupkan yang selanjutnya adalah karena evaporator mobil yang bermasalah. Hal ini biasanya dikarenakan terjadinya penyumbatan yang terdapat di bagian bawah dari evaporator. Dimana sumbatan ini berada di saluran khusus di evaporator yang kemudian menyebabkan merembesnya air AC ke bagian bawah dari dashboard mobil. Hal ini tentunya akan secara otomatis membuat lantai dari kabin mobil basah.

Baca Juga: Cara Merawat Evaporator AC Mobil Agar Tetap Terjaga dan Dingin

Lantai kabin basah saat AC mobil dihidupkan yang disebabkan oleh evaporator ini biasanya dikarenakan terjadinya penyumbatan di bagian saluran pembuangan. Selain terjadinya penyumbatan yang menyebabkan air merembes, hal ini juga bisa disebabkan karena selang saluran yang lepas. Hal lainnya adalah dikarenakan selang evaporator yang kotor, kotoran yang terdapat di dalam saluran selang ini akan membentuk lendir yang kemudian mencair dan menyebabkan lantai kabin basah saat AC mobil dihidupkan.

  • Lantai Kabin Basah Saat AC Mobil Dihidupkan Bisa Disebabkan Oleh Saluran Drain Hose Mobil yang Tersumbat

Penyebab yang selanjutnya dari lantai kabin basah saat AC mobil dihidupkan adalah karena terjadi penyumbatan di bagian saluran drain hose mobil. Pada saat AC terus menyala, maka akan terjadi proses kondensasi dimana evaporator akan terus menghasilkan air di permukaannya. Apabila hal ini terus dibiarkan, maka air dari kondensasi tersebut lama kelamaan akan mengenai bagian dari evaporator. Dan hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya penyumbatan di bagian drain hose atau saluran buang kondensasi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Karena adanya selang yang tersumbat, maka air yang seharusnya menetes menjadi terhambat dan beralih menjadi menetes ke bagian kolong mobil. Sehingga air ini kemudian menyebabkan lantai kabin basah saat AC mobil dihidupkan. Tetapi, apabila drain hose bekerja secara normal dan tidak mengalami gangguan, maka air hanya akan merembes ke bagian bawah mobil.

Solusi Masalah Lantai Kabin Basah Saat AC Mobil Dihidupkan

Setelah Anda mengetahui tentang penyebab dari lantai kabin basah saat AC mobil dihidupkan, sekarang yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghindari hal-hal yang sudah disebutkan di atas. Tapi, bagaimana jika sudah terlanjur? Ada beberapa solusi yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa digunakan. Mari disimak!

  • Mengatasi Selang Pembuangan yang Tersumbat

Penyebab yang paling sering terjadi dari lantai kabin basah saat AC mobil dihidupkan adalah karena penyumbatan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa selang evaporator yang kotor akan bisa menghasilkan lendir ataupun cairan yang berbeda seperti gel. Cairan ini nantinya akan menyumbat selang dan kemudian mencair sehingga membasahi kabin. Untuk cara mengatasinya, cukup semprotkan angin dengan tekanan tinggi guna membersihkan sumbatan, selain itu Anda juga bisa mengorek selang menggunakan kawat ataupun lidi yang panjang untuk membersihkan.

  • Mengatasi Selang yang Terjepit di Karet Bodi Mobil

Untuk masalah yang satu ini, caranya cukuplah mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengendorkan penjepit karet dari bodi mobil tersebut. Untuk masalah ini, Anda juga sebaiknya perlu mengurutkan terlebih dahulu bagian selang yang mana yang saat itu sedang terjepit.

  • Mengatasi Selang Sambungan AC yang Lepas

Selang sambungan AC yang lepas juga menjadi salah satu alasan kabin mobil basah. Selang dari sambungan AC yang lepas, tentu akan bisa menyebabkan air menetes ke lantai. Untuk mengatasi hal yang satu ini, juga tidak terlalu sulit karena selain letaknya yang mudah dijangkau, memasang selang juga tidak butuh keahlian khusus. Yang perlu Anda lakukan, cukup memasang kembali selang yang terlepas atau mengencangkan selang tersebut jika longgar.

Baca Juga: Simak Tips Mudah Cara Mengetahui Selang AC Mobil Bocor

Tapi, mungkin ini juga membutuhkan usaha yang sedikit ekstra karena tempat dari selang ini yang berada di bawah dashboard mobil. Tetapi meskipun begitu, hal ini masih tetap bisa dilakukan sendiri di rumah. Kecuali, apabila masalah yang Anda temui tidak bisa diatasi. Karena terdapat beberapa faktor lain yang terkadang juga terjadi pada AC mobil.

Memilih Bengkel yang Tepat Untuk Mengatasi Masalah Lantai Kabin Basah Saat AC Mobil Dihidupkan

Apabila Anda mulai menemui masalah yang lebih serius tentang AC mobil Anda, langsung bawa mobil Anda ke tempat servis AC mobil kredibel, seperti Dokter Mobil, untuk segera mendapatkan penanganan yang benar dan tepat. Dokter Mobil Indonesiamerupakan sebuah tempat servis mobil yang memang sudah terpercaya dan ahli terkait masalah AC mobil. Apabila Anda membawa mobil Anda kesini, maka mobil Anda tentunya akan segera mendapatkan penanganan yang benar dan tepat. Selain itu, dengan Anda membawa mobil Anda ke tempat servis yang terpercaya dan lebih faham terkait permasalahan AC, mobil Anda juga akan terhindar dari kerusakan yang jauh lebih para karena adanya kesalahan penanganan.

Telah dipercaya oleh ribuan dan beragam jenis mobil untuk pecahkan masalah AC mobilnya, teknisi di Dokter Mobil sudah ahli dan berpengalaman serta dibekali peralatan berteknologi canggih sehingga Anda tak perlu ragu akan kualitas pelayanannya. Ingin segera enyahkan masalah lantai kabin basah saat AC mobil dihidupkan? Lakukan reservasi service AC di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp agar berbagai pertanyaan Anda seputar AC mobil kesayangan Anda dapat terjawab dan terpecahkan hingga tuntas. Anda juga bisa berkunjung langsung ke cabang Bengkel Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Itulah artikel terkait dengan permasalahan kabin mobil yang bisa diakibatkan oleh AC yang bocor. Semoga artikel ini bisa membantu Anda semua dalam mengenali permasalahan mobil dan juga penyebabnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8965

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇