πŸ“’ SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   πŸ“’ Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab dari Tarikan Mobil Matic Lemot dan Cara Mengatasinya

tarikan mobil matic lemot

Pernahkan Anda mengalami tarikan mobil matic lemot? Sebenarnya hal ini memiliki banyak sekali penyebab. Ada beberapa hal yang menyebabkan permasalahan ini terjadi.

Mulai dari masalah yang terdapat pada bagian mobil, ataupun faktor lainnya. Karena hal inilah, Anda perlu mengetahui tentang apa saja penyebabnya agar Anda bisa memperbaikinya.

Terlebih tarikan mobil adalah salah satu bagian yang sangat penting pada saat berkendara. Apabila tarikan mobil matic lemot, hal ini pastinya akan membuat menjadi tidak nyaman.

Sehingga, tetap menjaga tarikan mobil dalam keadaan baik adalah suatu keharusan demi kenyamanan. Berikut adalah penyebab dari lemotnya tarikan dari mobil matic yang perlu Anda ketahui.

Tarikan Mobil Matic Lemot Disebabkan Kampas Kopling yang Sudah Mulai Menipis

tarikan mobil matic lemot

Pernah mendengar tentang pengaruh kampas kopling terhadap tarikan mobil? Kampas kopling adalah salah satu hal yang juga bisa menjadi penyebab dalam masalah ini.

Kampas kopling yang sudah mulai menipis biasanya tidak akanΒ  bisa mencengkeram flywheel dengan kuat, dan hal ini sebenarnya bukan hanya terjadi pada mobil matic tetapi juga manual dengan gejala yang juga berbeda.

Untuk mobil matic, apabila kampas kopling dari mobil Anda mulai menipis maka akan membuat fungsi dari kampas ganda kopling menjadi selip.

Hal ini kemudian menyebabkan tarikan pada mobil menjadi terasa lebih berat. Masalah ini terkadang juga disertai gejala seperti bergetarnya bagian bawah mobil pada saat dibawa berkendara.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❀️

Untuk masalah tarikan mobil matic lemot yang satu ini, Anda sangat disarankan untuk mengganti plat kopling mobil Anda, karena apabila dibiarkan justru akan menyebabkan kerusakan pada bagian lain seperti pada flywheel.

Bearing Roda yang Terganggu Juga Sebabkan Tarikan Mobil Matic Lemot

Bearing roda adalah bagian mobil yang berfungsi sebagai sebuah bantalan roda untuk steering knuckle. Bearing roda yang bermasalah ini ternyata juga bisa menjadi penyebab dari tarikan mobil matic lemot yang selanjutnya.

Karena memiliki fungsi sebagai bantalan roda, komponen yang satu ini juga bisa terganggu fungsinya apabila pelumas yang terdapat didalamnya kurang. Sehingga, hal ini akan membuat tarikan mobil menjadi lebih berat dari biasanya.

Baca Juga: Ketahui 6 Penyebab Umum Tarikan Mobil Berat, Segera Atasi

Tentunya, hal ini akan membuat mobil menjadi tidak nyaman pada saat dikendarai.

Terlebih, mobil dengan masalah ini akan mengeluarkan suara yang berisikan dikarenakan pelumas bearing yang kurang.

Oleh karenanya, pastikan bahwa pelumas dari roda bearing ini selalu cukup.

Cengkraman Rem yang Terlalu Kuat Juga Jadi Penyebab

Memiliki sistem rem yang bisa mencengkeram dengan kuat dan erat pastilah suatu hal yang bagus.

Tetapi, bagaimana jika cengkramannya terlalu kuat?

Apakah hal itu juga akan bagus?

Tentunya tidak, cengraman dari rem yanh terlalu kuat bjsa menyebabkan mobil menjadi terasa lebih berat.

Apabila rem menyengkram terlalu kuat, hal ini bisa menjadi penyebab tarikan mobil matic lemot.

Hal ini biasanya terjadi pada rem mobil yang berjenis tromol. Lalu, apa solusinya? Solusinya adalah dengan menyetel ulang rem mobil Anda.

Karena penyetelan rem tromol yang terlalu kuat, mobil menjadi terasa lebih berat sehingga Anda perlu menyetel ulang rem tersebut agar sedikit longgar dan tidak mencengkeram ban terlalu kuat.

Transmisi Mobil yang Bermasalah Sebabkan Tarikan Mobil Matic Lemot

Penyebab yang selanjutnya dari tarikan mobil matic lemot adalah terletak pada transmisi mobil. Seperti yang diketahui, transimisi merupakan salah satu bagian terpenting di dalam mobil.

Sehingga, apabila terjadi suatu masalah seperti adanya plat gigi yang tiba-tiba saja terhimpit ataupun terkena masalah lainnya, hal ini tentunya akan mempengaruhi proses dari perpindahan gigi tersebut.

Karenanya tarikan mobil menjadi macet dan juga terhambat, sehingga meskipun gigi sudah dipindah, posisinya tetap tidak berubah.

Macetnya Turbo Vane yang Terdapat pada Mobil

Turbo yang terpasang di dalam mesin mobil adalah suatu komponen yang sangat penting. Komponen yang terdapat dalam mesin mobil ini memiliki fungsi sebagai pendongkrak torsi juga power dari mesin mobil.

Di dalam komponen ini, terdapat komponen bernama turbo vane, fungsi dari komponen turbo vane ini adalah sebagai penjaga katup yang mengatur boosting udara yang berasal dari turbo.

Tetapi, apabila katup ini tertutup secara terus-menerus juga bisa menyebabkan aliran udara yang harusnya ke mesin ikut tertutup.

Karena hal ini, maka menyebabkan masalah terhadap RPM. Karena turbo yang tertutup, maka mesin menjadi tidak bisa mencapai RPM secara maksimal bahkan sekalipun gas sudah ditekan dengan penuh.

Untuk mengatasi masalah tarikan mobil matic lemot yang satu ini, Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel yang sudah terpercaya. Hal ini karena, masalah ini tidak bisa ditangani secara sembarangan.

Catalytic Converter Mampet Bisa Menyebabkan Masalah pada Tarikan Mobil

Jika sebelumnya penyebab dari tarikan mobil matic lemot adalah karena masalah yang terjadi pada turbo vane yang macet, penyebab selanjutnya adalah karena Catalytic mobil yang mampet.

Tidak jauh berbeda, hal ini tentunya dikarenakan terjadinya penyumbatan. Sebagai salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk menyerap gas polutan yang beracun dimana kemudian akan diubah menjadi gas tidak berpikiran, komponen ini juga cukup penting.

Komponen yang menyerap gas polutan yang dihasilkan dari hasil pembakaran mesin mobil agar bisa dikeluarkan menjadi gas ramah lingkungan ini juga memiliki peran yang cukup krusial.

Karena hal itu pula, komponen ini juga berpotensi untuk tersumbat dikarenakan penyaringan yang terjadi.

Apabila komponen mobil yang satu ini jarang diganti dan dibersihkan, maka polutan yang sudah disaring sebelumnya akan berubah menjadi kerak.

Dalam jangka waktu yang lama, apabila terus dibiarkan maka kerak tersebut akan bisa menutup rongga dari Catalytic mobil ini.

Karena terjadinya penyumbatan, maka proses pembuangan gas akan macet dan membuat RPM menjadi sulit untuk mencapai maksimum dikarenakan gas yang tersumbatnya.

AC Mobil yang Tersumbat Juga Bisa Menjadi Salah Satu Penyebab

Selain beberapa hal yang dijelaskan di atas, ternyata AC mobil juga bisa menjadi salah satu penyebab dari tarikan mobil matic lemot.

Hal ini dikarenakan apabila AC mengalami masalah seperti terjadinya penyumbatan sirkulasi, maka akan secara otomatis membuat mesin mobil juga akan terasa berat.

Untuk hal ini biasanya akan ditandai dengan turunnya suhu AC sehingga tidak terasa dingin lagi.

Apabila Anda mengalami masalah terkait tarikan mobil matic lemot dikarenakan hal ini, sebaiknya langsung bawa ke Dokter Mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!