📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

7 Kelebihan Mobil Matic dan Kekurangannya, Wajib Dipertimbangkan Sebelum Digunakan

Semuanya tentu setuju bahwa kelebihan mobil matic terletak pada kemudahan saat digunakan. Kelebihan ini menjadi poin menarik, terutama bagi yang awam dan ingin belajar bagaimana cara mengemudikan sebuah mobil. Itulah mengapa permintaan mobil matic cukup laris bak kacang goreng. 

Jika Anda mulai tertarik untuk belajar mengemudi mobil dan sedang memilih mobil yang akan digunakan, berikut ini informasi seputar kelebihan mobil matic serta kekurangannya yang patut Anda simak. 

Kelebihan Mobil Matic

Kelebihan Mobil Matic

Mobil matic telah menjadi pilihan populer untuk banyak orang, terutama orang yang tidak terbiasa dengan transmisi manual. Dianggap lebih ‘ramah’ bagi para pengemudi pemula, berikut ini adalah kelebihan dari mobil matic.

  1. Nyaman Digunakan Berkendara

Kelebihan utama mobil matic adalah kenyamanan berkendara. Mobil matic memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan menghilangkan rasa ‘pegal’ yang sering ditimbulkan ketika sedang menyetir mobil bertransmisi manual. Sebab perpindahan transmisi di mobil matic serta pengeremannya tak memerlukan injak pedal kopling. Jauh lebih mudah untuk digunakan bagi para pengemudi mobil yang sedang belajar mengendarai mobil. 

  1. Memiliki Kontrol yang Lebih Baik

Selain kenyamanan berkendara, kelebihan mobil matic juga memberikan kontrol lebih baik dan lebih akurat. Ini disebabkan oleh fakta bahwa transmisi matic melakukan perpindahan gigi secara otomatis sehingga Anda tidak perlu repot mengubah persneling. Ini juga meningkatkan stabilitas dan kestabilan berkendara.

  1. Mudah Digunakan di Medan Lintasan Berliku

Mobil matic juga lebih mudah untuk dikendarai dalam kondisi jalan yang berliku atau berbelok. Karena transmisi otomatis, Anda tidak perlu mengubah persneling secara manual, yang berarti Anda tidak perlu terus-menerus mengontrol pedal kopling dan gas. Ini membuat berkendara lebih aman dan nyaman.

  1. Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) Lebih Efisien

Kelebihan mobil matic yang lainnya adalah efisiensi bahan bakar. Karena transmisi otomatis, mobil matic cenderung menggunakan lebih sedikit bahan bakar daripada mobil manual. Hal ini karena transmisi matic menghabiskan sedikit bahan bakar untuk mengoperasikan sistemnya. Ini berarti Anda dapat menghemat uang pada pengeluaran bahan bakar Anda.

  1. Lebih Aman untuk Dioperasikan

Kelebihan mobil matic juga lebih aman untuk dioperasikan. Karena transmisi otomatis, Anda tidak perlu khawatir tentang kecelakaan karena salah mengganti persneling. Ini juga berarti bahwa berkendara dengan mobil matic lebih aman daripada mobil manual.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Awet Penggunaannya

Kelebihan mobil matic juga terletak pada ketangguhan yang lebih baik daripada mobil manual. Ini disebabkan oleh fakta bahwa transmisi otomatis memiliki kemampuan untuk mengubah gigi secara lebih halus dan efisien daripada transmisi manual. Hal ini membuat mobil matic lebih awet dan tahan lama.

  1. Mudah Dirawat

Kelebihan mobil matic juga lebih mudah untuk dipelihara. Transmisi otomatis yang lebih sederhana membuat perawatan lebih mudah. Anda tidak perlu repot menyetel kopling dan mesin mobil setiap kali Anda mengendarainya. Selain itu, pemeliharaan mobil matic juga lebih murah daripada mobil manual.

Baca Juga: Cara Merawat Mobil Matic dengan Baik dan Benar

Kekurangan Mobil Matic

Kekurangan Mobil Matic, Setelah Memahami Kelebihan Mobil Matic

Meskipun mobil matic memiliki banyak kelebihan, mobil matic juga memiliki beberapa kekurangan yang patut Anda pertimbangkan, diantaranya:

  1. Harga Jual Lebih Mahal Dibandingkan Mobil Manual

Pertama, mobil matic lebih mahal daripada mobil manual. Hal ini karena mobil matic memiliki mesin yang lebih kompleks, yang membutuhkan biaya lebih mahal untuk perawatannya. Selain itu, biaya perawatan mobil matic juga lebih tinggi karena komponen yang lebih berteknologi tinggi.

  1. Akselerasi Kurang Gesit

Kedua, mobil matic memiliki kecepatan yang lebih rendah daripada mobil manual. Hal ini karena kopling otomatis tidak menghasilkan tenaga yang cukup untuk mengakselerasi mobil dengan cepat. Pemilik mobil matic juga tidak dapat mengatur kecepatan mobil dengan fleksibilitas yang dimiliki oleh pemilik mobil manual.

  1. Kinerja Mesin Lebih Berat

Ketiga, mobil matic lebih berat daripada mobil manual. Hal ini karena mesin otomatis yang terintegrasi dengan kopling menambah berat mobil. Berat tambahan ini dapat mengurangi kinerja mobil karena mengurangi kapasitas bahan bakar.

Rutin Lakukan Perawatan Mobil Matic secara Berkala di DOMO Transmisi

Kunci selalu optimalnya mobil matic adalah dengan rutin melakukan perawatan. Sebab mobil yang selalu dilakukan pemeriksaan dan perawatan mampu terhindar dari potensi kerusakan akibat kondisi komponen yang terbengkalai. 

Banyak bengkel mobil yang tersedia di berbagai penjuru tempat, namun pemilihan bengkel spesialis matic adalah yang paling tepat karena penanganannya lebih tepat guna untuk mobil matic. 

Apabila Anda kesulitan dalam mencari bengkel spesialis matic terpercaya, DOMO Transmisi bisa menjadi pilihan yang terpercaya untuk Anda tuju. 

DOMO Transmisi adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang merupakan spesialis di bidang perawatan dan perbaikan transmisi mobil. Layanan pemeriksaan komponen, servis, dan penggantian komponen transmisi di DOMO Transmisi dikerjakan oleh teknisi yang handal dan berpengalaman sehingga menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman.

DOMO Transmisi juga memiliki layanan General Checkup hingga di 32 titik komponen mobil secara GRATIS! Sehingga perawatan dan perbaikan transmisi mobil bisa tuntaskan permasalahan secara akurat dan Anda pun bisa lebih siaga saat komponen mobil berpotensi alami kerusakan.

Reservasi layanan DOMO Transmisi juga sangat mudah, karena bisa langsung dari rumah. Anda hanya perlu menghubungi via WhatsApp di 0821-6866-5566 (atau klik di sini), selanjutnya customer service DOMO Transmisi akan mengarahkan Anda menuju lokasi untuk masalahnya langsung ditangani. 

Penutup

Demikian informasi lengkap seputar kelebihan mobil matic serta kekurangannya yang patut Anda pertimbangkan jika ingin melabuhkan pilihan pada mobil matic. Setelah mengetahui sisi keunggulan dan kekurangannya, penting pula untuk mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan mempercayakan pada bengkel spesialis matic terpercaya, seperti di DOMO Transmisi. 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5678

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya