📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Sama-sama Matic, Ini Perbedaan Transmisi CVT dan AT

Banyak yang menyangka bahwa mobil matic hanya memiliki satu jenis saja. Padahal sebenarnya mayoritas mobil matic yang berada di jalanan terdiri dari dua jenis, lho, yakni CVT dan AT. Meski sama-sama matic, perbedaan transmisi CVT dan AT ternyata cukup signifikan dan memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Untuk Anda yang masih bingung melabuhkan pilihan pada mobil matic CVT atau AT, berikut ini adalah paparan informasi lengkap seputar perbedaan transmisi CVT dan AT yang patut Anda simak. 

Apa Itu CVT dan AT pada Transmisi Mobil Matic?

CVT (Continuously Variable Transmission) adalah jenis transmisi yang memiliki satu set transmisi yang tidak berubah. Ini artinya, transmisi ini menggunakan satu set gigi untuk mengubah kecepatan mobil daripada menggunakan berbagai set gigi yang berbeda. Ini menghasilkan perpindahan kecepatan yang lebih halus dan lebih nyaman. Selain itu, transmisi ini juga efisien bahan bakar dan membuat mobil lebih responsif.

AT (Automatic Transmission) adalah jenis transmisi yang menggunakan berbagai set gigi untuk mengubah kecepatan. Ini artinya, transmisi ini memiliki tiga set gigi untuk mengubah kecepatan, yaitu P, R, N, D, dan L. Setiap set gigi menawarkan kecepatan yang berbeda, sehingga Anda dapat menyesuaikan kecepatan mobil sesuai kebutuhan. Meskipun transmisi ini tidak sehalus dan responsif seperti CVT, ia memungkinkan mobil untuk berpindah kecepatan lebih cepat.

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi CVT pada Mobil Matic

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi CVT pada Mobil Matic, Setelah Mengetahui Perbedaan Transmisi CVT dan AT

Dalam mempertimbangkan pilihan Anda untuk mobil matic, berikut ini adalah poin kelebihan dan kekurangan transmisi CVT pada mobil matic. 

Kelebihan Transmisi CVT

  1. Pengoperasiannya yang lebih mudah

Transmisi CVT memungkinkan mobil matic Anda untuk berjalan tanpa jeda saat pemindahan gigi, yang membuat pengoperasiannya lebih mudah daripada transmisi otomatis konvensional.

  1. Lebih efisien

Transmisi CVT memungkinkan mobil matic untuk berjalan pada kecepatan optimal untuk menghasilkan daya maksimum, yang membuatnya lebih efisien daripada transmisi otomatis konvensional.

  1. Lebih halus

Transmisi CVT membuat mobil matic Anda lebih halus saat mengoperasikannya, karena tidak ada jeda ketika pemindahan gigi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Kekurangan Transmisi CVT

  1. Biaya perawatan yang lebih tinggi

Karena teknologi yang lebih maju, transmisi CVT memerlukan perawatan yang lebih mahal daripada transmisi otomatis konvensional.

  1. Kesulitan untuk menarik beban berat

Transmisi CVT kurang mampu menangani beban berat, sehingga kurang cocok untuk mobil matic yang digunakan untuk menarik beban berat.

  1. Harga yang lebih tinggi

Mobil matic yang menggunakan transmisi CVT biasanya lebih mahal daripada mobil matic yang menggunakan transmisi otomatis konvensional.

Transmisi CVT adalah pilihan yang baik untuk mobil matic Anda jika Anda ingin menikmati pengalaman berkendara yang lebih halus dan efisien. Namun, biaya perawatannya yang lebih tinggi dan kesulitan untuk menarik beban berat harus dipertimbangkan. Selain itu, harga dari mobil matic dengan transmisi CVT biasanya lebih tinggi daripada yang menggunakan transmisi otomatis konvensional.

Baca Juga: 5 Penyebab CVT Mobil Jebol, Wajib Waspada!

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi AT pada Mobil Matic

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi AT pada Mobil Matic, Setelah Mengetahui Perbedaan Transmisi CVT dan AT

Transmisi AT atau Automatic Transmission merupakan jenis transmisi yang populer saat ini yang diaplikasikan pada mobil matic. Transmisi AT memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan transmisi AT pada mobil matic.

Kelebihan Transmisi AT pada Mobil Matic

  1. Hemat BBM

Mobil matic dengan transmisi AT menawarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini dikarenakan transmisi AT mampu menyesuaikan tingkat putaran mesin sesuai dengan tingkat kecepatan saat mobil melaju. 

  1. Mudah digunakan

Lebih mudah dikendalikan dibandingkan dengan transmisi manual. Tidak perlu repot menarik tuas perseneling untuk mengubah gigi saat berkendara.

  1. Memperpanjang usia mobil

Dengan menggunakan transmisi AT, mobil matic tidak perlu mengalami usang karena pemakaian gigi yang berlebihan.

Kekurangan Transmisi AT pada Mobil Matic

  1. Meningkatkan biaya perawatan

Karena transmisi AT menggunakan banyak komponen elektronik, biaya perawatan akan menjadi lebih mahal dibandingkan dengan mesin manual.

  1. Kurang responsif

Responsifitas transmisi AT kurang baik dibandingkan dengan transmisi manual. Hal ini dikarenakan adanya keterlambatan dalam mengubah gigi saat pedal gas ditekan.

  1. Lebih berat

Transmisi AT berat dan menambah bobot pada mobil matic.

Cara Merawat Transmisi Mobil Matic

Cara Merawat Transmisi Mobil Matic, Setelah Mengetahui Perbedaan Transmisi CVT dan AT

Mobil bertransmisi matic memiliki keunggulan diantaranya memberikan kenyamanan dan keseimbangan dalam berkendara. Namun, karena menggunakan teknologi canggih, transmisi matic membutuhkan perawatan secara berkala untuk menjamin masa pakai yang panjang. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat transmisi mobil matic.

  1. Gunakan oli transmisi yang tepat

Oli transmisi menjadi bagian penting dari transmisi matic. Anda harus mengganti oli sesuai dengan jadwal yang dianjurkan oleh pabrikan mobil. Gunakanlah jenis oli yang disarankan, karena jenis yang salah dapat menyebabkan kerusakan transmisi.

  1. Berhati-hati saat berkendara

Perhatikan kondisi jalan dan jangan menginjak pedal gas secara tiba-tiba. Hal ini dapat membuat transmisi berat dan menyebabkan kerusakan pada sistem. Juga, jangan melakukan putaran kecepatan tinggi.

  1. Periksa kondisi transmisi secara berkala

Anda harus memeriksa kondisi transmisi secara berkala untuk memastikan bahwa semua bagian bekerja dengan baik. Periksalah kondisi oli, suhu, tekanan, dan kondisi sekunder sistem transmisi.

  1. Gunakan filter oli yang baru

Filter oli juga penting untuk transmisi matic dan Anda harus mengganti filter oli secara berkala untuk menjamin kinerja yang efisien. Gunakanlah filter yang dianjurkan oleh pabrikan dan lakukan penggantian secara berkala.

Baca Juga: Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar Agar Mesin Lebih Awet

  1. Pastikan bahwa komponen sistem transmisi berfungsi dengan baik

Anda harus memeriksa komponen sistem transmisi dengan hati-hati untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik. Jika terdapat masalah, segera periksalah dan lakukan perbaikan.

Penutup

Demikian informasi lengkap seputar perbedaan transmisi CVT dan AT hingga bagaimana kiat-kiat melakukan perawatan pada transmisi mobil matic, baik CVT dan AT.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya