📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Manfaat dan Cara Pasang Stabilizer Mobil Avanza Di Rumah

cara pasang stabilizer mobil avanza

Cara pasang stabilizer mobil Avanza ini memang tidak harus dilakukan di bengkel. Asal tahu caranya, Anda dapat memasanya sendiri dirumah. Toyota Avanza sendiri merupakan salah satu city car yang kerap mengalami masalah kestabilan saat dipacu pada kecepatan diatas 100 kilometer.

Untuk itu, Anda perlu memasang stabilizer agar mobil tetap seimbang meski dipacu pada kecepatan tinggi. Proses pemasangan stabilizer mobil, terutama Avanza ini memang tidaklah sulit. Anda hanya perlu menempatkan rangka stabilizer pada sumbu roda mobil. Sehingga, proses pemasangannya pun dapat Anda lakukan sendiri dirumah tanpa harus meminta bantuan montir bengkel.

Manfaat Menggunakan Stabilizer Mobil Avanza Untuk Berkendara

cara pasang stabilizer mobil avanza

Selain berguna untuk menstabilkan sumbu roda kendaraan saat dipacu di kecepatan tinggi. Stabilizer mobil pada Toyota Avanza ini juga memiliki manfaat lainnya. Untuk itu, ini dia beberapa manfaat menggunakan stabilizer mobil Avanza saat Anda gunakan berkendara. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mengurangi Tingkat Kemiringan Mobil Saat Melewati Belokan Tajam

Pemasangan stabilizer pada mobil, termasuk Toyota Avanza ini berguna untuk mengurangi tingkat kemiringan mobil saat melewati belokan tajam. Salah satu penyebab kecelakaan adalah ketidakseimbangan mobil kala melewati belokan tajam. Sehingga, dengan dipasangnya stabilizer ini tentu dapat mengurangi resiko kecelakaan.

  1. Meningkatkan Daya Cakram Pengereman Ban Mobil

Agar mobil tidak mengalami selip saat melewati belokan tajam, maka Anda dapat memasang stabilizer mobil. Stabilizer ini berguna untuk mengingkatkan daya cakram pengereman pada bagian ban. Sehingga meminimalisir resiko selip atau “rem blong” ketika melewati belokan tajam.

Jadi, stabilizer mobil ini memang ditujukan sebagai “pengamanan tambahan”  bagi Anda yang berkendara mobil-mobil kelas city car seperti Toyota Avanza. Sebelum membeli stabilizer mobil, maka ada baiknya Anda belajar mengenai cara pasang stabilizer mobil Avanza dirumah.

Cara Pasang Stabilizer Mobil Avanza Dirumah

Di musim virus corona ini ada baiknya bagi Anda untuk tetap berada dirumah dan mengurangi bertemu dengan banyak orang. Apabila Anda berencana untuk memasang stabilizer mobil Toyota Avanza milik Anda, maka ada baiknya untuk memasang stabilizer dirumah saja. Bagaimana caranya ? Untuk itu, kami akan memberikan tutorial cara pasang stabilizer mobil Avanza dirumah, yakni :

  1. Menyiapkan Perlengkapan Pemasangan Stabilizer

Siapkan terlebih dahulu segala kebutuhan untuk pemasangan stabilizer mobil Avanza milik Anda. Perlengkapan tersebut seperti kunci pas, kunci inggris, hingga kunci shock dengan pilihan nomor kecil hingga besar.

  1. Membeli Stabilizer Toyota Avanza

Setelah semua perlengkapan telah Anda siapkan, maka silahkan membeli stabilizer Toyota Avanza di bengkel resmi atau terpercaya.

  1. Proses Pemasangan Stabilizer

Pemasangan stabilizer mobil Avanza ini tidak terlalu rumit. Hanya saja, Anda perlu kejelian dalam proses pemasangan stabilizer. Anda dapat mengikuti cara pasang stabilizer mobil Avanza dirumah dengan cara berikut :

    • Pencocokan Lubang Stabilizer Dengan Lubang Arm Ban Mobil

Pertama, Anda harus mencari terlebih dahulu lubang arm ban mobil untuk dicocokkan dengan lubang stabilizer.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

    • Pemasangan Awal Stabilizer Mobil

Setelah lubang arm dan stabilizer cocok, maka langkah selanjutnya adalah dengan pemasangan awal stabilizer. Disarankan untuk memasang bagian kanan terlebih dahulu guna memudahkan instalasi pemasangan antar lubang stabilizer dengan lubang arm ban Avanza.

    • Pemasangan Baut Bagian Depan

Apabila lubang stabilizer dan lubang arm ban mobil telah sesuai dengan posisi, maka Anda dapat memasangkan baut untuk mengencangkan antara stabilizer dengan arm ban mobil Avanza.

Anda dapat menggunakan kunci pas atau kunci shock untuk proses pemasangan baut. Inilah proses yang dirasa cukup rumit. Sebab, pemasangan baut bagian depan ini harus lewat bagian belakang lubang arm terlebih dahulu

    • Pemasangan Baut Bagian Belakang

Setelah pemasangan baut bagian depan, maka langkah terakhir adalah pemasangan baut bagian belakang. Pemasangan baut bagian belakang ini lebih mudah. Sebab, ukuran baut stabilizer bagian depan ini lebih besar ketimbang baut bagian depan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Overheat Mobil

Apabila baut belakang berhasil terpasang, maka cek kembali stabilizer yang telah terpasang. Jangan sampai ada kesalahan dalam proses pemasangan stabilizer mobil Avanza.

Cara pasang stabilizer mobil avanza. Guna mengurangi resiko kecelakaan di jalan serta memperstabil kendaraan kala dipacu di kecepatan tinggi, maka mobil Avanza milik Anda memasang stabilizer pada bagian arm ban mobil bagian depan.

Nah memasang stabilizer ini tidak perlu dating ke bengkel. Sebab, Anda dapat memasang dirumah dengan mempelajari cara pasang stabilizer mobil Avanza dirumah.

Risiko dan Efek Samping Memasang Stabilizer Mobil Avanza Sendiri

Risiko:

  • Kesalahan pemasangan: Jika stabilizer tidak dipasang dengan benar, bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mobil lain, seperti bushing, ball joint, atau tie rod.
  • Keamanan: Stabilizer yang tidak terpasang dengan benar dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.
  • Garansi: Memasang stabilizer sendiri dapat membatalkan garansi mobil.

Efek samping:

  • Handling mobil yang berubah: Stabilizer dapat mengubah handling mobil, sehingga pengemudi perlu beradaptasi dengan cara mengemudi yang baru.
  • Biaya: Membeli stabilizer dan peralatan yang dibutuhkan untuk pemasangannya dapat menambah biaya.

Cara Memilih Stabilizer yang Sesuai dengan Mobil Avanza

  • Pilih stabilizer yang sesuai dengan tahun dan model Avanza. Ada beberapa jenis stabilizer yang tersedia di pasaran, dan tidak semua cocok untuk semua model Avanza.
  • Pilih stabilizer dari merek yang terpercaya. Stabilizer berkualitas rendah dapat mudah rusak dan membahayakan keselamatan.
  • Pertimbangkan kebutuhan dan budget Anda. Stabilizer tersedia dalam berbagai harga dan fitur.

Perbedaan Pemasangan Stabilizer untuk Mobil Avanza Generasi Berbeda

Proses pemasangan stabilizer pada dasarnya sama untuk semua generasi Avanza. Namun, ada beberapa perbedaan kecil yang perlu diperhatikan:

  • Generasi pertama (2004-2011): Stabilizer depan dipasang di bawah engine mounting.
  • Generasi kedua (2011-2015): Stabilizer depan dipasang di atas engine mounting.
  • Generasi ketiga (2015-2021): Stabilizer depan dan belakang dipasang di atas engine mounting.

Tips:

  • Sebaiknya baca buku panduan mobil Avanza Anda untuk mengetahui cara pemasangan stabilizer yang tepat.
  • Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda, sebaiknya serahkan pemasangan stabilizer kepada bengkel yang terpercaya.

Kesimpulan

Memasang stabilizer mobil Avanza sendiri di rumah dapat menghemat biaya, tetapi ada beberapa risiko yang perlu diperhatikan. Pastikan Anda memilih stabilizer yang sesuai dengan mobil Anda dan ikuti petunjuk pemasangan dengan benar.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Penyebab AC Mobil Vios Tidak Dingin

7 Penyebab AC Mobil Vios Tidak Dingin

Seringkali pemilik mobil Toyota Vios mengalami masalah dengan AC yang tidak menghasilkan udara dingin. Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada duduk dalam mobil yang pengap

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form