New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
cara pasang stabilizer mobil avanza

Manfaat dan Cara Pasang Stabilizer Mobil Avanza Di Rumah

Cara pasang stabilizer mobil Avanza ini memang tidak harus dilakukan di bengkel. Asal tahu caranya, Anda dapat memasanya sendiri dirumah. Toyota Avanza sendiri merupakan salah satu city car yang kerap mengalami masalah kestabilan saat dipacu pada kecepatan diatas 100 kilometer.

Untuk itu, Anda perlu memasang stabilizer agar mobil tetap seimbang meski dipacu pada kecepatan tinggi. Proses pemasangan stabilizer mobil, terutama Avanza ini memang tidaklah sulit. Anda hanya perlu menempatkan rangka stabilizer pada sumbu roda mobil. Sehingga, proses pemasangannya pun dapat Anda lakukan sendiri dirumah tanpa harus meminta bantuan montir bengkel.

Manfaat Menggunakan Stabilizer Mobil Avanza Untuk Berkendara

cara pasang stabilizer mobil avanza

Selain berguna untuk menstabilkan sumbu roda kendaraan saat dipacu di kecepatan tinggi. Stabilizer mobil pada Toyota Avanza ini juga memiliki manfaat lainnya. Untuk itu, ini dia beberapa manfaat menggunakan stabilizer mobil Avanza saat Anda gunakan berkendara. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mengurangi Tingkat Kemiringan Mobil Saat Melewati Belokan Tajam

Pemasangan stabilizer pada mobil, termasuk Toyota Avanza ini berguna untuk mengurangi tingkat kemiringan mobil saat melewati belokan tajam. Salah satu penyebab kecelakaan adalah ketidakseimbangan mobil kala melewati belokan tajam. Sehingga, dengan dipasangnya stabilizer ini tentu dapat mengurangi resiko kecelakaan.

  1. Meningkatkan Daya Cakram Pengereman Ban Mobil

Agar mobil tidak mengalami selip saat melewati belokan tajam, maka Anda dapat memasang stabilizer mobil. Stabilizer ini berguna untuk mengingkatkan daya cakram pengereman pada bagian ban. Sehingga meminimalisir resiko selip atau “rem blong” ketika melewati belokan tajam.

Jadi, stabilizer mobil ini memang ditujukan sebagai “pengamanan tambahan”  bagi Anda yang berkendara mobil-mobil kelas city car seperti Toyota Avanza. Sebelum membeli stabilizer mobil, maka ada baiknya Anda belajar mengenai cara pasang stabilizer mobil Avanza dirumah.

Cara Pasang Stabilizer Mobil Avanza Dirumah

Di musim virus corona ini ada baiknya bagi Anda untuk tetap berada dirumah dan mengurangi bertemu dengan banyak orang. Apabila Anda berencana untuk memasang stabilizer mobil Toyota Avanza milik Anda, maka ada baiknya untuk memasang stabilizer dirumah saja. Bagaimana caranya ? Untuk itu, kami akan memberikan tutorial cara pasang stabilizer mobil Avanza dirumah, yakni :

  1. Menyiapkan Perlengkapan Pemasangan Stabilizer

Siapkan terlebih dahulu segala kebutuhan untuk pemasangan stabilizer mobil Avanza milik Anda. Perlengkapan tersebut seperti kunci pas, kunci inggris, hingga kunci shock dengan pilihan nomor kecil hingga besar.

  1. Membeli Stabilizer Toyota Avanza

Setelah semua perlengkapan telah Anda siapkan, maka silahkan membeli stabilizer Toyota Avanza di bengkel resmi atau terpercaya.

  1. Proses Pemasangan Stabilizer

Pemasangan stabilizer mobil Avanza ini tidak terlalu rumit. Hanya saja, Anda perlu kejelian dalam proses pemasangan stabilizer. Anda dapat mengikuti cara pasang stabilizer mobil Avanza dirumah dengan cara berikut :

    • Pencocokan Lubang Stabilizer Dengan Lubang Arm Ban Mobil

Pertama, Anda harus mencari terlebih dahulu lubang arm ban mobil untuk dicocokkan dengan lubang stabilizer.

    • Pemasangan Awal Stabilizer Mobil

Setelah lubang arm dan stabilizer cocok, maka langkah selanjutnya adalah dengan pemasangan awal stabilizer. Disarankan untuk memasang bagian kanan terlebih dahulu guna memudahkan instalasi pemasangan antar lubang stabilizer dengan lubang arm ban Avanza.

    • Pemasangan Baut Bagian Depan

Apabila lubang stabilizer dan lubang arm ban mobil telah sesuai dengan posisi, maka Anda dapat memasangkan baut untuk mengencangkan antara stabilizer dengan arm ban mobil Avanza.

Anda dapat menggunakan kunci pas atau kunci shock untuk proses pemasangan baut. Inilah proses yang dirasa cukup rumit. Sebab, pemasangan baut bagian depan ini harus lewat bagian belakang lubang arm terlebih dahulu

    • Pemasangan Baut Bagian Belakang

Setelah pemasangan baut bagian depan, maka langkah terakhir adalah pemasangan baut bagian belakang. Pemasangan baut bagian belakang ini lebih mudah. Sebab, ukuran baut stabilizer bagian depan ini lebih besar ketimbang baut bagian depan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Overheat Mobil

Apabila baut belakang berhasil terpasang, maka cek kembali stabilizer yang telah terpasang. Jangan sampai ada kesalahan dalam proses pemasangan stabilizer mobil Avanza.

Cara pasang stabilizer mobil avanza. Guna mengurangi resiko kecelakaan di jalan serta memperstabil kendaraan kala dipacu di kecepatan tinggi, maka mobil Avanza milik Anda memasang stabilizer pada bagian arm ban mobil bagian depan. Nah memasang stabilizer ini tidak perlu dating ke bengkel. Sebab, Anda dapat memasang dirumah dengan mempelajari cara pasang stabilizer mobil Avanza dirumah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5213

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!