๐Ÿ“ข SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   ๐Ÿ“ข Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   โฉ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Fungsi Tombol pada Dashboard Mobil, Banyak Fungsinya!

Fungsi Tombol pada Dashboard Mobil

Dashboard mobil adalah salah satu bagian penting yang berisi berbagai tombol dan indikator yang digunakan untuk mengendalikan mobil. Setiap tombol pada dashboard mobil memiliki fungsi yang khusus untuk membantu pengemudi mengoperasikan mobil dengan lebih mudah, aman, dan nyaman.

Namun, tidak semua orang mengetahui fungsi tombol dashboard mobil tersebut dengan baik. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas lebih detail tentang fungsi tombol pada dashboard mobil, sehingga pengemudi dapat memahami dengan baik dan mengoperasikan mobil dengan lebih efektif.

Fungsi Tombol pada Dashboard Mobil

Tombol-tombol pada dashboard mobil memiliki fungsi yang beragam dan penting untuk membantu pengemudi dalam mengoperasikan kendaraannya. Berikut ini adalah beberapa fungsi tombol pada dashboard mobil:

  1. Tombol Starter

Tombol starter pada dashboard mobil berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan mesin mobil.

Pada mobil modern, fungsi tombol pada dashboard mobil yang satu ini umumnya terletak di sebelah kanan kemudi.

Saat menekan tombol starter, sirkuit listrik pada mobil akan menghubungkan antara baterai mobil dan sistem pengapian.

Kemudian, mesin mobil akan dihidupkan dan mobil siap untuk digunakan. Ketika tombol starter dilepaskan, sirkuit listrik pada mobil akan terputus dan mesin mobil akan mati.

Tombol starter pada mobil modern biasanya memiliki fitur keamanan, seperti immobilizer atau push-to-start, untuk mencegah pencurian mobil.

  1. Tombol Lampu

Tombol lampu pada dashboard mobil berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan lampu mobil.

Terdapat beberapa jenis lampu pada mobil untuk fungsi tombol pada dashboard mobil yang satu ini, seperti lampu utama, lampu rem, dan lampu hazard.

Lampu utama digunakan saat berkendara di malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk. Lampu rem berguna untuk memberi tanda kepada pengemudi di belakang mobil bahwa mobil sedang berhenti atau melambat.

Sedangkan lampu hazard digunakan saat mobil mengalami kerusakan atau berhenti di jalan dan perlu memberi tanda kepada pengendara lain.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers ๐Ÿ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin โค๏ธ

Pengemudi dapat menggunakan tombol ini untuk mengatur penggunaan lampu mobil sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di jalan.

  1. Tombol Wiper

Tombol wiper pada dashboard mobil berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan penghapus kaca mobil.

Terdapat beberapa mode untuk fungsi tombol pada dashboard mobil ini, seperti mode normal, cepat, lambat, dan otomatis.

Mode normal biasanya digunakan saat hujan ringan, sedangkan mode cepat digunakan saat hujan lebat.

Mode lambat biasanya digunakan saat pengemudi ingin membersihkan kaca mobil dari kotoran atau debu.

Sedangkan mode otomatis akan menyesuaikan kecepatan penghapus kaca mobil dengan kecepatan mobil dan intensitas hujan.

Pengemudi dapat mengatur kecepatan penghapus kaca mobil sesuai dengan kondisi cuaca dan kecepatan mobil agar pandangan tetap jelas dan aman saat berkendara.

  1. Tombol AC

Tombol AC pada dashboard mobil berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan sistem pendingin udara pada mobil.

Sistem AC pada mobil bekerja dengan mengambil udara dari luar mobil dan memasukkannya ke dalam mobil setelah melalui proses pendinginan.

Pengemudi dapat mengatur suhu dan kecepatan kipas AC sesuai dengan kenyamanannya. Fungsi tombol pada dashboard mobil yang satu ini biasanya terletak di pusat dashboard atau di bawah tombol audio pada mobil.

Ketika suhu di dalam mobil terasa panas, pengemudi dapat menekan tombol AC dan memilih suhu yang diinginkan.

Penggunaan sistem AC yang tepat dan efisien dapat membuat pengemudi dan penumpang lebih nyaman saat berkendara, terutama saat berada di daerah tropis yang memiliki suhu tinggi.

Baca Juga: Fungsi Tombol AC Mobil, Beda Lambang Beda Pula Peruntukannya

  1. Tombol Audio

Tombol audio pada dashboard mobil berfungsi untuk mengatur sistem audio pada mobil, seperti radio, CD player, atau bluetooth.

Tombol audio pada mobil modern biasanya terletak di pusat dashboard dan memiliki layar sentuh untuk memudahkan pengaturannya.

Pengemudi dapat mengatur volume dan memilih lagu yang ingin didengarkan melalui fungsi tombol pada dashboard mobil ini. Selain itu, tombol audio juga dapat digunakan untuk mengatur panggilan telepon saat terhubung dengan sistem hands-free pada mobil.

Pengemudi harus memperhatikan pengaturan audio pada mobil agar tidak mengganggu perhatian dan konsentrasi saat berkendara.

  1. Tombol Power Window

Tombol power window pada dashboard mobil berfungsi untuk membuka atau menutup jendela mobil secara otomatis.

Terdapat tombol untuk setiap jendela mobil, sehingga pengemudi dapat mengontrol jendela mobil dengan mudah.

Tombol power window biasanya terletak di sebelah kanan dan kiri dashboard mobil atau pada panel pintu mobil.

Penggunaan funsgi tombol pada dashboard mobil ini harus dilakukan dengan hati-hati, terutama saat berada di jalan raya yang padat, agar tidak membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang lainnya.

Selain itu, pengemudi juga harus memastikan bahwa jendela mobil sudah ditutup secara sempurna sebelum meninggalkan mobil.

  1. Tombol Pengatur Kursi

Tombol pengatur kursi pada dashboard mobil berguna untuk mengatur posisi duduk pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

Terdapat tombol untuk mengatur posisi kursi ke depan atau ke belakang, serta untuk mengatur kemiringan kursi.

Tombol pengatur kursi biasanya terletak di sisi kanan dan kiri kursi mobil. Pengemudi dapat menyesuaikan posisi duduknya agar lebih nyaman dan sesuai dengan postur tubuhnya saat berkendara untuk fungsi tombol pada dashboard mobil ini.

Selain itu, tombol pengatur kursi juga dapat membantu pengemudi memperbaiki posisi duduk agar pandangan ke depan lebih jelas dan meminimalkan risiko terjadinya kelelahan saat berkendara dalam jarak yang cukup jauh.

Mau Beli Mobil Bekas? Cek Kondisi Tombol pada Dashboard Mobilnya dengan Periksa di Chekko!

Sebagai pengemudi, memahami fungsi tombol pada dashboard mobil sangat penting agar dapat mengoperasikan mobil dengan lebih aman, efisien, dan nyaman.

Kondisi tombol pada dashboard mobil juga perlu diperhatikan dengan baik karena fungsinya yang sangat krusial dalam membantu pengemudi mengendalikan mobil.

Tombol yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat mengganggu pengemudi dan membahayakan keselamatan saat berkendara.

Dengan memperhatikan kondisi tombol pada dashboard mobil sebelum membeli mobil bekas, Anda dapat memastikan bahwa mobil yang Anda beli berfungsi dengan baik dan aman untuk dikendarai.

Selain itu, dengan menggunakan layanan inspeksi mobil seperti Chekko, Anda dapat memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya tentang kondisi mobil yang akan Anda beli.

Dengan begitu, Anda dapat membeli mobil bekas dengan lebih percaya diri dan menghindari kerugian di masa mendatang.

Jadi, jangan ragu untuk memeriksakan mobil bekas Anda pada layanan Chekko di Dokter Mobil untuk menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara Anda.

Dalam mengemudikan mobil, pengemudi perlu memahami fungsi tombol pada dashboard mobil dengan baik agar dapat mengoperasikan mobil dengan aman dan efisien.

Kondisi dan fungsi tombol pada dashboard mobil juga perlu diperhatikan dengan baik karena fungsinya yang sangat krusial dalam membantu pengemudi mengendalikan mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers ๐Ÿ‘‹, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

7 Penyakit Honda Jazz Matic

7 Penyakit Honda Jazz Matic

Meski sudah resmi mundur dari peredaran, nyatanya Honda Jazz matic masih menjadi salah satu mobil yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Sayangnya, seringkali penyakit Honda Jazz

Links

โ€ผ๏ธ FREE GENERAL CHECK UP โ€ผ๏ธ

Saya mau ambil promo free general checkup!