📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Mobil Bergetar saat Diam? Ini 6 Penyebabnya

Mobil Bergetar saat Diam, Ini 6 Penyebabnya

Mobil terasa bergetar saat melaju di jalan yang berbatu mungkin hal yang wajar. Tapi jika mobil bergetar saat diam, apakah ini adalah hal yang wajar? Anda perlu mewaspadai hal ini, sebab bergetarnya mobil saat diam adalah tanda bahwa mobil kesayangan Anda sedang alami permasalahan.

Penting untuk mengetahui sumber permasalahannya agar mobil kesayangan Anda bisa selalu terja kondisinya. Untuk itu, berikut ini adalah penyebab mobil bergetar saat diam serta cara mengatasinya yang patut Anda simak. 

Penyebab Mobil Bergetar saat Diam

Penyebab Mobil Bergetar saat Diam

Mobil memungkinkan kita untuk mencapai tempat tujuan yang akan dituju dengan cepat dan mudah. Namun, ada saat-saat ketika mobil mulai bergetar saat diam. Hal ini dapat menyebabkan rasa takut dan rasa tidak nyaman bagi pengemudi, serta mengurangi efisiensi dan kenyamanan berkendara.

Jika hal ini terjadi pada mobil Anda, berikut ini adalah penyebab mobil bergetar saat diam. 

  1. Roda Mobil Tidak Seimbang

Penyebab utama dari vibrasi yang terjadi saat mobil Anda berhenti adalah keseimbangan yang buruk pada roda mobil. Ketika roda tidak seimbang, mereka akan bergetar saat mobil berjalan. Gejala lainnya yang berkaitan dengan masalah ini adalah suara berdecit yang datang dari bawah mobil.

  1. Sistem Transmisi Mobil Bermasalah

Penyebab lain dari getaran saat mobil diam adalah masalah transmisi. Mungkin ada komponen transmisi yang rusak atau tidak berfungsi dengan benar. Ini dapat menyebabkan getaran saat mobil berhenti. Jika Anda menemukan masalah ini, cobalah untuk mengecek transmisi Anda untuk memastikan semuanya berfungsi dengan benar.

  1. Adanya Kebocoran Oli

Kebocoran oli juga dapat menyebabkan getaran saat mobil berhenti. Jika oli bocor, maka mesin Anda tidak akan berfungsi dengan benar. Hal ini akan menyebabkan mesin untuk bergetar saat Anda berhenti. Jika Anda menemukan masalah ini, cobalah untuk mengganti oli dan mengecek sistem kelistrikan mesin Anda.

  1. Bushing dan Mount Rusak

Adanya kerusakan pada bushing dan mount bisa menjadi penyebab mobil bergetar saat diam. Engine mounting memang berguna untuk menahan posisi mesin sebagaimana mestinya, meskipun terjadi kompresi getaran pada mesin. Sehingga jika mobil terasa bergetar saat diam, hal ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada bagian mount dan bushing.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Karet Penahan Kap Mesin Getas

Untuk menahan agar kap mesin bisa menutup dengan baik, terdapat karet penyangganya. Karet ini memiliki masa pakai yang terbatas. Sehingga jika karet sudah mulai getar atau rusak, hal ini dapat menyebabkan kap mesin tidak bisa menutup sempurna dan getaran dari mesin tidak akan teredam dengan baik. 

  1. Piston Mobil Alami Aus

Piston mobil berguna agar mobil bisa melaju pada gerak statis secara terus menerus. Ketika mobil bergetar saat diam, ini bisa disebabkan karena piston mobil yang sudah alami keausan. 

Cara Mengatasi Mobil Bergetar saat Diam

Cara Mengatasi Mobil Bergetar saat Diam

Ketika Anda menemukan masalah dengan getaran saat mobil berhenti, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasinya.

  1. Periksa Bagian Keseimbangan Roda

Pertama, Anda harus memeriksa keseimbangan roda. Pastikan semua roda berada dalam keseimbangan yang baik. Jika ada roda yang tidak seimbang, Anda harus mengganti atau memutarnya.

  1. Periksa Apakah Oli Alami Kebocoran

Anda juga harus memeriksa oli. Jika oli bocor, cobalah untuk menggantinya. Jika Anda masih menemukan masalah, cobalah untuk mengecek sistem kelistrikan mesin Anda untuk memastikan semuanya berfungsi dengan benar.

  1. Cek Kondisi Bushing dan Mount

Ketiga, Anda harus memeriksa bushing dan mount. Bushing dapat menjadi sumber getaran saat mobil berhenti. Jika bushing tidak sehat, Anda harus menggantinya. Jika mount tidak sehat, Anda harus memeriksa apakah ada kerusakan. Jika ada kerusakan, Anda harus menggantinya.

  1. Perhatikan Kondisi Suspensi

Keempat, Anda harus memeriksa suspensi. Pastikan bahwa suspensi berfungsi dengan baik. Jika ada masalah dengan suspensi, Anda harus menggantinya. Ini akan membantu mengurangi getaran saat mobil berhenti.

  1. Periksa Kondisi Ban

Kelima, Anda harus mengecek kondisi ban Anda. Pastikan ban Anda masih dalam kondisi baik. Jika ban Anda sudah tua, Anda harus menggantinya. Hal ini akan membantu mengurangi getaran saat mobil berhenti.

Baca Juga: Waktu Tepat untuk Melakukan Spooring dan Balancing Pada Mobil

  1. Ganti Karet Kap Mesin dan Piston Mobil

Keenam, Anda bisa mulai mengganti karet kap mesin dan piston mobil yang sudah rusak dan aus. Karena kedua komponen tersebut hanya bisa kembali prima dalam mengatasi getaran mobil saat diganti dengan yang baru dan kondisinya tetap terjaga.

Tanda-tanda Masalah Mobil Selain Getaran Saat Diam

Selain getaran saat diam, ada beberapa tanda lain yang menunjukkan bahwa mobil Anda mungkin mengalami masalah:

  • Performa mesin menurun: Mesin terasa tidak bertenaga, tarikan lemah, atau boros bahan bakar.
  • Suara mesin tidak normal: Terdengar suara kasar, dengungan, atau ketukan dari mesin.
  • Asap knalpot tidak normal: Asap knalpot berwarna hitam pekat, putih, atau kebiruan.
  • Kesulitan saat mengemudi: Mobil terasa oleng, kemudi bergetar, atau sulit dikendalikan.
  • Kebocoran oli atau cairan lainnya: Terlihat kebocoran oli, air radiator, atau cairan rem di bawah mobil.
  • Lampu indikator menyala: Lampu check engine, lampu oli, atau lampu temperatur mesin menyala.

Mendiagnosis Getaran Saat Diam

Untuk mengetahui apakah getaran pada mobil saat diam disebabkan oleh masalah serius atau hanya masalah kecil, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  • Perhatikan jenis getaran: Getaran yang halus dan ringan biasanya menunjukkan masalah kecil, sedangkan getaran yang kasar dan kuat biasanya menunjukkan masalah yang lebih serius.
  • Perhatikan kapan getaran terjadi: Getaran yang hanya terjadi saat idle mungkin disebabkan oleh masalah pada mesin, sedangkan getaran yang terjadi saat mobil sedang melaju mungkin disebabkan oleh masalah pada roda, transmisi, atau bagian lainnya.
  • Periksa kondisi ban: Ban yang aus, tekanan ban yang tidak sesuai, atau ban yang rusak dapat menyebabkan getaran saat mobil sedang melaju.
  • Dengarkan suara dari mobil: Dengarkan suara dari mesin, transmisi, atau bagian lain untuk mencari sumber getaran.
  • Bawa mobil ke bengkel: Jika Anda tidak yakin dengan penyebab getaran, bawalah mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa oleh mekanik yang ahli.

Perbedaan Getaran Roda dan Transmisi

Getaran yang disebabkan oleh masalah pada roda biasanya terasa pada kemudi dan seluruh bagian mobil, sedangkan getaran yang disebabkan oleh masalah pada transmisi biasanya terasa pada bagian bawah mobil dan getaran semakin terasa saat mobil sedang melaju.

Berikut beberapa ciri khas getaran yang disebabkan oleh masalah pada roda dan transmisi:

Getaran Roda:

  • Getaran terasa pada kemudi dan seluruh bagian mobil.
  • Getaran biasanya semakin terasa saat mobil sedang melaju pada kecepatan tertentu.
  • Getaran dapat disertai dengan suara dengungan atau decitan dari roda.

Getaran Transmisi:

  • Getaran terasa pada bagian bawah mobil.
  • Getaran semakin terasa saat mobil sedang melaju, terutama saat perpindahan gigi.
  • Getaran dapat disertai dengan suara kasar atau bunyi “klunking” dari transmisi.

Perlu diingat bahwa ini hanya ciri-ciri umum dan tidak selalu akurat. Cara terbaik untuk mengetahui penyebab getaran pada mobil Anda adalah dengan membawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa oleh mekanik yang ahli.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/