📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Waktu Tepat untuk Melakukan Spooring dan Balancing Pada Mobil

Spporing dan Balancing pada Mobil

Key Takeaway:

Spooring dan balancing mobil perlu dilakukan setiap 10.000 km atau setiap 5.000 km untuk keamanan tambahan.

Perawatan ini menyeimbangkan posisi titik berat pada ban, mencegah ketidaknyamanan dalam berkendara, dan mengurangi risiko kecelakaan.

Pertanyaan:

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing pada mobil?

Jawaban:

Waktu yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing pada mobil adalah setiap 10.000 km. Namun, untuk keamanan tambahan, Anda dapat melakukannya setiap 5.000 km.

Ban mobil perlu perawatan agar kondisinya optimal, terutama spooring dan balancing. Ini mencegah ketidaknyamanan dan risiko kecelakaan.

Pastikan ban selalu terisi angin, hati-hati di jalan bergelombang, dan ganti ban yang aus.

DOMO KAKI-KAKIunit bisnis terbaru dari Dokter Mobilmenyediakan layanan perawatan kaki-kaki mobil dengan teknisi terlatih dan peralatan canggih yang bisa Anda percayakan untuk perawatan spooring dan balancing.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Waktu yang Tepat Spooring dan Balancing pada Mobil

Waktu yang Tepat Spooring dan Balancing pada Mobil

Keadaan dimana ban pada kendaraan beroda empat yang harus fit ini berlaku pada bagian depan dan belakang.

Kesetaraan antara ban depan dan bagian belakang tidaklah selalu mudah dan bila diteruskan dalam berkendara tanpa ada treatment pendukung akan beresiko tertentu.

Bila telah terasa adanya ketidaknyamanan dalam berkendara tersebut, spooring dan balancing menjadi hal yang harus dilakukan. Pola ini ialah bentuk pada penyeimbangan kondisi pada tiap-tiap ban mobil.

Seringkali bentuk spooring dan balancing pada mobil tertinggal dan terlupakan begitu saja, padahal kondisi ban mobil sedang tak setara.

Perihal ini dapat beresiko pada kerusakan ban mobil bersangkutan hingga berakibat pada ketidakseimbangan dalam berkendala. Kemudian bila handle dalam melaju tak optimal, resiko kecelakaan bisa saja terjadi.

Sehingga, solusi berupa service pada kaki-kaki mobil atau yang sering disebut dengan spooring dan balancing.

Seperti yang diketahui bahwa spooring dan balancing itu merupakan treatment yang ditujukan untuk menyeimbangkan posisi dari titik berat pada tiap-tiap ban.

Perihal ini tentu wajib karena dalam pemakaian, laju sebentar maupun lebih lama sama-sama mempunyai resiko dalam mempengaruhi adanya kondisi ketidaklurusan antara tiap-tiap ban, utama dari ban depan dan yang belakang itu.

Sehingga, service pada kaki-kaki mobil harus dilakukan secara berkala sebagai bentuk perawatan pada kendaraan bersangkutan.

Dalam masa hitungannya, waktu yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing pada mobil ini ialah setiap 10.000 km.

Tetapi untuk cari aman, Anda bisa menerapkan skala pada 5.000 km guna memberikan service pada kaki-kaki mobil.

Kemudian, bisa pula Anda terapkan adanya rotasi ban agar nantinya semakin menunjang adanya pengkondisian yang optimal dan nyaman untuk ban tersebut.

Sembari memberikan spooring dan balancing, tentunya dalam setiap penggunaan mobil ini perlu ditunjang hal-hal dalam penjagaan untuk ban.

Bentuk-bentuk perawatan tersebut antara lain ialah:

Sangatlah penting dalam memberikan perawatan pada mobil, utamanya pada kaki-kaki mobil.

Dimana dalam treatment ini seringkali dilewatkan oleh banyak pihak sehingga menjadikan resiko kerusakan pada ban mobil itu lebih besar.

Tentu saja sebelum resiko ringan hingga yang berat terjadi, Anda perlu memberikan perawatan optimal.

Seperti halnya dengan spooring dan balancing yang dilaksanakan secara berkala. Kemudian pastikan bahwa proses perawatan tersebut benar-benar menunjang dan tercover dengan baik.

Baca Juga : Dealer AC Mobil Denso Kelapa Gading

Efek Buruk Abaikan Spooring dan Balancing yang Direkomendasikan

Spooring dan balancing yang tidak dilakukan secara berkala sesuai rekomendasi dapat memiliki beberapa efek negatif, antara lain:

  1. Ketidakstabilan dan Ketidaknyamanan Berkendara

Spooring yang tidak tepat dapat menyebabkan mobil menjadi tidak stabil saat berkendara, terutama pada kecepatan tinggi.

Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan membuat pengalaman berkendara menjadi tidak nyaman.

  1. Keausan Ban yang Tidak Merata

Selain itu, ketidakseimbangan roda juga dapat menyebabkan keausan ban yang tidak merata.

Ban yang aus secara tidak merata dapat mengurangi daya cengkram ban dengan jalan, meningkatkan risiko tergelincir, terutama saat kondisi jalan basah.

  1. Konsumsi Bahan Bakar yang Lebih Tinggi

Ketidakseimbangan roda dapat berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Roda yang tidak seimbang akan meningkatkan gesekan dengan jalan, yang memerlukan lebih banyak tenaga untuk menggerakkan mobil.

Akibatnya, mesin akan bekerja lebih keras dan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar.

  1. Komponen Suspensi yang Lebih Cepat Aus

Selain itu, ketidakseimbangan roda juga dapat mempercepat keausan komponen suspensi.

Komponen-komponen ini akan mengalami tekanan yang tidak merata, yang dapat menyebabkan kerusakan lebih cepat.

Oleh karena itu, melakukan spooring dan balancing secara berkala sangat penting untuk menjaga stabilitas, efisiensi bahan bakar, dan umur pakai komponen suspensi mobil Anda.

Mempercayakan proses spooring dan balancing pada mobil ialah salah satu alamat tepat dalam mendapatkan service pada kaki-kaki mobil.

Namun tahukah Anda bahwa adanya bengkel terpercaya untuk menghandle treatment ini harus diperhatikan pula guna menghindari adanya hal-hal yang tak diinginkan.

Anda pun tak perlu cemas, banyak bengkel yang siap memberikan pelayanan spooring dan balancing tersebut dengan baik.

Salah satunya DOMO KAKI-KAKI yang merupakan unit bisnis terbaru dari Dokter Mobil dengan spesialisasi perawatan dan perbaikan kaki-kaki mobil.

Menggunakan peralatan paling canggih yang didatangkan langsung dari luar negeri dengan ditangani oleh teknisi yang di-training dengan ketat, penanganan perawatan dan perbaikan kaki-kaki mobilseperti spooring dan balancing— di DOMO KAKI-KAKI akan terjamin kualitasnya.

Untuk info lebih lanjutnya, Anda bisa cek info terbaru soal perawatan kaki-kaki mobil di DOMO KAKI-KAKI dengan cek website resminya di domokakikaki.com.

Adapun jika terjadi permasalahan lain pada mobil Anda, seperti tarikan mesin yang jadi kurang responsif, segera lakukan reservasi perawatan mobil di Dokter Mobil sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan yang ada hingga diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

magnet clutch ac mobil rusak

Penyebab Magnet Clutch AC Mobil Rusak

Berikut penyebab magnet clutch AC mobil rusak. Magnet clutch AC mobil adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendingin udara mobil. Komponen ini bertugas untuk

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form