📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

8 Ciri Shockbreaker Mati dan Rusak, Kenali Sebelum Terlambat!

8 Ciri Shockbreaker Mati dan Rusak, Kenali Sebelum Terlambat!

Mengenal ciri shockbreaker mati atau rusak bisa membantu Anda untuk mencegah kerusakan yang lebih parah di kendaraan Anda.

Beberapa tanda umum yang perlu Anda perhatikan adalah suara yang aneh saat melewati jalan yang bergelombang, perubahan dalam kenyamanan saat berkendara, serta kestabilan yang berkurang saat bermanuver di jalan.

Jangan biarkan shockbreaker yang rusak atau mati mengancam keselamatan Anda di jalan. Sebelum terlambat.

Pastikan Anda mengenali ciri shockbreaker mati atau yang sudah tidak berfungsi dengan baik dan segera perbaiki kendaraan Anda untuk tetap aman saat berkendara.

8 Ciri Shockbreaker Mati dan Rusak

Shockbreaker adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan yang berfungsi untuk menyerap getaran dari jalan yang bergelombang atau berlubang, sehingga kendaraan tetap stabil dan nyaman saat berkendara.

Namun, seiring dengan penggunaan kendaraan yang terus menerus, shockbreaker bisa mengalami kerusakan atau keausan.

Oleh karena itu, penting bagi pengendara untuk mengenali ciri shockbreaker mati sebelum terlambat.

1. Shockbreaker Membocor

Ciri shockbreaker mati pertama yang menandakan shockbreaker mati atau rusak adalah ketika terjadi kebocoran pada shockbreaker.

Ini bisa terjadi ketika per bushing atau seal terkikis atau rusak, atau saat ada retakan pada tabung shockbreaker.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Kebocoran ini dapat menyebabkan minyak shockbreaker bocor keluar, sehingga mengurangi efektivitas shockbreaker.

Dampaknya, mobil atau sepeda motor Anda tidak lagi dapat menyerap guncangan dengan baik, sehingga dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

2. Shockbreaker Bocor

Ciri kedua dari shockbreaker yang mati atau rusak adalah ketika shockbreaker terlihat bocor. Biasanya, bocor yang terjadi pada shockbreaker disebabkan oleh kebocoran pada retak atau seal yang sudah aus.

Jika shockbreaker bocor, maka minyak shockbreaker bisa keluar dan menyebabkan kinerjanya menurun secara signifikan. Selain itu, kebocoran juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain di sekitar shockbreaker, seperti rem atau ban.

3. Shockbreaker Berbunyi

Ciri shockbreaker mati ketiga dari shockbreaker yang rusak atau mati adalah ketika terdengar bunyi-bunyian saat mobil atau sepeda motor melewati jalan yang bergelombang atau berlubang.

Bunyi ini mungkin terdengar seperti suara menggosok atau menggaruk, dan bisa disebabkan oleh bushing atau seal yang aus atau baret.

Selain itu, shockbreaker yang mati atau rusak juga dapat membuat mobil atau sepeda motor Anda berbunyi berisik ketika melintasi jalan yang bergelombang.

4. Shockbreaker Bergoyang

Ciri keempat dari shockbreaker yang mati atau rusak adalah ketika shockbreaker bergoyang saat mobil atau sepeda motor melewati jalan yang bergelombang.

Shockbreaker yang rusak atau mati tidak mampu menahan guncangan dengan baik, sehingga dapat membuat mobil atau sepeda motor Anda bergoyang.

Jika ini terjadi, Anda harus segera mengganti shockbreaker agar mobil atau sepeda motor Anda kembali stabil saat berkendara.

5. Kendaraan Bergoyang saat Berhenti

Ciri shockbreaker mati kelima dari shockbreaker yang rusak atau mati adalah ketika mobil atau sepeda motor Anda bergoyang saat berhenti.

Biasanya, ini terjadi ketika shockbreaker sudah tidak mampu menahan guncangan saat melewati jalan yang bergelombang atau berlubang.

Jika mobil atau sepeda motor Anda bergoyang saat berhenti, Anda harus memeriksa shockbreaker dan segera menggantinya jika perlu.

6. Ban Mobil atau Sepeda Motor Aus Secara Tidak Merata

Ciri keenam dari shockbreaker yang rusak atau mati adalah ketika ban mobil atau sepeda motor Anda aus secara tidak merata.

Ini terjadi karena shockbreaker yang rusak atau mati tidak mampu menahan guncangan dengan baik, sehingga memengaruhi kinerja ban dan dapat menyebabkan ban aus secara tidak merata.

7. Kendaraan Susah Dikendalikan

Ciri ketujuh dari shockbreaker yang rusak atau mati adalah ketika kendaraan sulit dikendalikan saat bermanuver.

Shockbreaker yang rusak atau mati dapat menyebabkan kendaraan Anda sulit untuk dikendalikan, terutama ketika Anda sedang bermanuver. Hal ini bisa sangat berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Oleh karena itu, jika Anda merasa sulit untuk mengendalikan mobil atau sepeda motor Anda, pastikan untuk memeriksa shockbreaker dan menggantinya jika perlu.

8. Shockbreaker Terlihat Bocor

Ciri shockbreaker mati terakhir dari shockbreaker yang rusak atau mati adalah ketika terlihat bocor.

Biasanya, bocor yang terjadi pada shockbreaker disebabkan oleh kebocoran pada retak atau seal yang sudah aus.

Jika shockbreaker bocor, maka minyak shockbreaker bisa keluar dan menyebabkan kinerjanya menurun secara signifikan.

Selain itu, kebocoran juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain di sekitar shockbreaker, seperti rem atau ban.

BACA JUGA: 8 Cara Membuat Shockbreaker Mobil Empuk, Mudah Banget!

Mengenali ciri shockbreaker mati sangat penting untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Jika Anda mengalami salah satu dari ciri-ciri yang telah dijelaskan di atas, pastikan untuk segera memeriksanya dan mengganti shockbreaker yang rusak atau mati.

Selalu perhatikan kondisi shockbreaker pada mobil atau sepeda motor Anda untuk mencegah risiko kecelakaan dan memastikan kenyamanan berkendara yang optimal.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!