Artikel

merawat kaki kaki mobil

Bagaimana Cara Merawat Kaki-kaki Mobil Anda Agar Tetap Prima?

Halo Domolovers,

Menggunakan mobil sebagai kendaraan pribadi adalah pilihan yang baik, apalagi untuk perjalanan yang jauh dan membutuhkan muatan lebih banyak orang. Sama seperti kebanyakan kendaraan, mobil juga perlu mendapatkan perawatan supaya tetap awet dan nyaman di gunakan.

Ada banyak bagian dari mobil yang perlu Anda perhatikan dan salah satunya adalah cara merawat kaki kaki mobil. Kaki kaki mobil adalah bagian penting yang harus dirawat dan dijaga pemakaiannya, supaya tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Mengapa Perlu Merawat Kaki Kaki Mobil?

Jalanan di Indonesia banyak jalanan yang berlubang dan tidak rata, sedangkan menurut Badan Pusat Statistik mencatat kurang lebih 200.000 km atau 40% jalanan di Indonesia dalam keadaan rusak. oleh karenanya potensi kerusakan kaki mobil Anda semakin besar dan dapat merugikan pengguna jalan.

Selain jalanan, ketidak nyamanan berkendara juga diakibatkan oleh kerusakan pada kaki mobil. Anda tentunya tidak ingin kegiatan berkendara Anda menjadi tidak nyaman karena permasalahan pada kaki mobil dan bagaiamana cara merawat kaki kaki mobil, terlebih saat hendak berpergian di kantor atau acara-acara penting.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara merawat kaki kaki mobil And tetap awet dan memiliki prforma yang baik dalam jangaka waktu yang lebih panjang. Simak, yuk!

Penyebab Terjadinya kerusakan Pada Kaki Kaki Mobil

Sebelum membahas panjang lebar tentang perawatan kaki kaki mobil, sebaiknya cari tahu dulu apasih penyebab kerusakkanya? Ada beberapa penyebab kaki kaki mobil cepat rusak diantaranya:

  1. Memuat beban yang terlalu berat

Muatan yang berlebihan pada mobil akan memberikan beban yang cukup berat. Kelebihan beban ini bukan hanya akan mempengaruhi ban mobil saja, namun juga dapat merusak kaki kaki mobil Anda.

Beban yang berat akan berdampak pada daya tahan shockbreaker yang berperan membantu pegas untuk menahan beban mobil. Daya tahan shockbreaker akan berkurang ketika diberi beban yang berat sehingga mobil menjadi limbung.

  1. Bushing arm dan bushing tie rusak

Anda pernah mendengar bunyi berisik dan berdecit dari kolong mobil, atau suara bergemuru ketika mobil di rem? Jika iya, bisa jadi itu adalah bushing stabilizer yang rusak. Sebuah komponen yang bertugas sebagai tumpuan dengan lengan pencengkramannya.

  1. Tie road bermasalah

Selanjutnya adalah masalah yang terjadi pada tie road mobil Anda, fungsi tie road menjadi penghubung antara setir dengan roda mobil. Jika terjadi kerusakan pada bagian ini, maka akan berpengaruh juga pada kinerja setir yang oleng atau tergangu saat berada di jalanan berbelok.

  1. Mengemudi dalam kecepatan yang tinggi

Kebiasaan para pengemudi ketika hendak berpergian ke suatu tempat dalam keadaan sudah terlambat, pasti akan meningkatkan kecepatan berkendaranya.

Hal ini mungkin akan membantu kita sampai lebih awal dan tidak khawatir terlambat. Tapi kadang di satu sisi kita melupakan bahwa hal tersebut juga akan berpengaruh pada ball joint mobil yang cepat rusak. Kecepatan tinggi kadang membuat kita tak bisa menghindari dari lubang ataupun jalan yang tidak rata sehingga ball joint cepat rusak.

  1. Bearing rusak

Kestabilan kecepatan kendaraan dipengaruhi oleh bantalan pada roda yang disebut dengan bearing. Apabila bearing ini mengalami kerusakan maka akan muncul suara mendung dibagian roda dan putaran roda akan bergetar.

Setelah mengetahui penyebab rusaknya kaki kaki mobil, sekarang Anda jadi lebih tahu untuk menghindari penyebab-penyebab tersebut. Tapi bagaimana cara mengetahui atau tanda-tanda kaki kaki mobil yang mulai rusak?

Tanda Kaki Kaki Mobil Mulai Rusak

  • Timbul bunyi dan roda bergoyang

Salah satu tanda kaki kaki mobil mulai bemasalah ada pada komponen kaki mobil, yaitu pada bagian ball joint. Indikasinya adalah ketika roda mobil kurang stabil saat melintasi jalan bergelombang atau berlubang.

Biasanya gejala awal yang terdeteksi adalah kaki kaki mobil berbunyi dan roda akan bergoyang di jalanan yang kurang rata, sehingga merembet ke bagian lingkar setir yang tidak stabil.

  • Mobil limbung saat tikungan

Saat Anda berada berbelok di tikungan dan merasakan mobil limbung, maka itu adalah tanda kerusakan pada kaki-kaki mobil Anda. Hal tersebut cukup mengganggu, terlebih jika harus melewati jalannan rusak.

  • Velg Peyok atau retak

Apakah Anda sudah melihat bagaiman keadaan velg mobil anda? Sebaiknya periksa Kembali dan cari tahu apakah ada bagian yang retak atau peyok? Velg peyok merupakan tanda bahwa kaki kaki mobil Anda mengalami kerusakan dan perlu untuk segera ditangani.

  • Ban Aus

Ban yang aus memiliki hubungan erat dengan kerusakan kaki kaki mobil. Namun hal yang jarang dimengerti banyak pemilik kendaraan karena mengira penyebabnya hanya pada ban saja.

Dengan ciri ausnya tidak merata dan terjadi hingga ke telapak bagian dalam. Pastikan untuk menjaga tekanan angin yang sesuai rekomendasi pada setiap bannya.

  • Rem terasa tidak nyaman

Saat rem tidak terasa nyaman maka ada masalah pada kaki kaki mobil Anda. Anda bisa menguji cobanya sendiri dengan menjalankan mobil pada kecepatan sedang atara 40-60 km/jam dan kemudia menginjak rem. Apabila Anda harus mengeluarkan tenaga lebih saat melakukan pengereman untuk menghentikan mobil, maka booster room anda sudah rusak.

Tanda-tanda kerusakan kaki kaki mobil yang sudah terjadi tidak boleh diremehkan dan dibiarkan saja, segera mencari solusi mencari cara merawat kaki kaki mobil atau memperbaikinya.

Cara Merawat Kaki Kaki Mobil

Agar kaki kaki mobil Anda tidak mengalami kerusakan yang fatal dan berdampak lebih buruk lagi. Ada baiknya Anda mengeceknya di bengkel kaki kaki mobil terdekat. Berikut adalah penjelasan cara merawat kaki kaki mobil kesayangan Anda agar terlindungi dan semakin awet.

  1. Jalan Perlahan

Cara pertama merawat kaki kaki mobil yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kaki kaki mobil agar tetap awet adalah dengan berkendara secara perlahan dan tidak perlu ngebut. Kenapa demikian? Supaya Anda bisa mengendalikan atau mengontrol mobil secara penuh saat melewati medan-medan yang sulit seperti jalanan berlubang, dan tidak rata atau bergelombang.

Memacu kendaraan dengan kecepatan sedang, bisa membantu Anda menghindari jalanan rusak ataupun berlubang dan sebagai sarana merawat kaki kaki mobil agar tetap prima dan tidak cepat rusak

  1. Tidak Memarkir Mobil Secara Sembarangan

Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya dalam merawat kaki kaki mobil adalah memarkirkan mobil Anda dengan benar. Carilah tempat yang permukaannya rata. Jika dipaksakan pada permukaan yang tidak rata maka akan mempercepat kerusakan kaki kaki mobil Anda.

Hal yang paling bayak dilakukan orang-orang tapi tidak disadari dampaknya cukup berpengaruh pada kaki mobil Anda.

  1. Gunakan Velg Yang Standar

Banyak pemilik mobil yang ingin tampil beda pada monil mereka, salah satunya dengan mengganti ukuran velg mobilnya menjadi lebih besar. Tapi yang tidak diketahui adalah kendaraan roda empat memiliki standarisasinya sendiri untuk ukuran velg.

Jangan pernah Anda memaksakan karena tidal semua velg cocok untuk mobil tertentu, yang pada akhirnya akan membuat kaki mobil cepat rusak.

Nah, itulah penjelasan tentang cara merawat kaki kaki mobil agar tetap awet dan prima performanya.

Untuk Anda yang ingin merawat kaki kaki mobil bisa langsung mendatangi bengkel mobil Dokter Mobil Terdekat. Semoga bermanfaat

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 48527

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Persamaan Dokter Manusia Dan Dokter Mobil? Cari Tahu Disini Yuk Biar Gak Bingung
Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia