📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Service Blower AC Mobil Berkualitas

Service Blower AC Mobil

Service blower AC mobil (Air Conditioner) merupakan salah satu tindakan yang Anda perlukan untuk mendapatkan kembali kesegaran dan kesejukan udara dalam mobil anda. Kondisi AC yang rusak pasti menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengendara maupun penumpang mobil. Sebagai negara tropis, Indonesia sering mengalami musim kemarau dengan cuaca yang panas dan terik, sehingga seringkali merasa gerah dan kepanasan saat melakukan perjalanan.

Masalah lain adalah bau yang datang dari AC mobil anda yang menimbulkan ketidaknyamanan. Bau yang ditimbulkan oleh AC ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yang perlu untuk diperbaiki. Masalah ini perlu di cek dan diperbaiki dengan service blower AC mobil untuk mengembalikan fungsi AC mobil pada umumnya, yaitu memberikan kenyamanan selama perjalanan anda.

Inilah Beberapa Penyebab AC Mobil Kalian Bau Tidak Sedap

Blower AC

  1. Pewangi yang tidak sesuai

Pewangi yang dipasang di AC dengan maksud untuk mendapatkan bau yang wangi dan enak selama perjalanan ternyata bisa menjadi salah satu penyebab bau yang tidak sedap di dalam  mobil. Hal ini dikarenakan kadar parfum atau kualitas dari pewangi yang digunakan sangat rendah sehingga terasa tidak nyaman dihirup oleh penggunanya. Tetapi bisa saja karena kadar pada pewangi alkohol tinggi yang membuat udara dari AC terasa asam.

Untuk mengatasi hal ini, anda harus lebih hati-hati memilih pewangi. Pilihlah pewangi dengan kualitas terbaik dan memiliki kadar alkohol yang rendah sehingga bau yang dikeluarkan pun bisa dinikmati oleh para penggunanya.

  1. Asap rokok

Asap rokok merupakan salah satu penyebab yang paling umum yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di mobil. Asap rokok akan menempel di setiap bagian mobil seperti jok, kursi, plafon, karpet, sudut-sudut mobil yang tidak bisa dijangkau, dan dashboard mobil yang tentunya sangat sulit untuk dibersihkan. Asap rokok yang menempel ini akan mempengaruhi bau pada AC yang terasa bau tidak sedap dan terasa masam.

Anda bisa menghindari bau asap tersebut dengan tidak merokok selama perjalanan. Jika anda ingin AC mobil tidak bau, anda bisa merokok di tempat lain dan melarang orang lain merokok di mobil anda. Ini merupakan cara satu-satunya untuk mendapatkan mobil yang aman dari bau asap rokok sehingga AC mobil anda juga tidak bau.

  1. Ventilasi jendela tidak dalam kondisi yang baik

Salah satu faktor penyebab AC bau adalah keadaan dari luar mobil yang sering tidak menentu, biasanya banyak asap dari kendaraan lain, asap pembakaran sampah, bau sampah busuk, dan lain sebagainya sehingga mempengaruhi bau di dalam mobil anda. Jika ventilasi mobil anda buruk, maka bau-bau tersebut akan masuk ke dalam mobil anda. Penggunaan AC dengan kondisi mobil yang sudah bau tersebut akan memperparah bau tidak sedap sehingga seluruh penumpang dan pengendara mobil akan merasa tidak nyaman.

Jika ventilasi jendela mobil anda buruk, ada baiknya anda melakukan servis supaya perjalanan anda lebih nyaman. Selain itu, AC anda juga akan berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu memberikan kesegaran dan kesejukan di dalam mobil anda.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Bangkai binatang

Ada kemungkinan penyebab bau pada AC adalah bangkai binatang. Binatang-binatang kecil seperti tikus, kecoa, atau tikus mungkin saja masuk dan terperangkap hingga akhirnya mati dan membusuk. Bangkai ini mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap sehingga menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara.

Anda bisa melakukan pembersihan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan sehingga memperoleh kendaraan yang bersih dari bangkai dan bau yang tidak sedap. Jika terjadi kerusakan oleh binatang-binatang kecil tersebut, anda bisa melakukan service blower AC mobil untuk mengecek secara detail kerusakan yang sudah terjadi.

  1. Evaporator AC sudah kotor atau bocor

Kondisi AC yang sudah bau biasanya disebabkan oleh evaporator yang sudah kotor atau bocor. Kotoran-kotoran yang berada di evaporator biasanya menumpuk dan lembab sehingga memicu munculnya jamur dan bakteri. Mikroba-mikroba ini akan mengeluarkan bau yang tidak sedap yang berefek pada aroma AC mobil anda.

Selain itu, evaporator yang bocor juga bisa menimbulkan bau yang sangat mengganggu. Bau yang timbul tersebut adalah freon, sehingga semakin besar kebocoran evaporator, maka semakin terasa bau freon yang dihasilkan. Evaporator AC yang kotor dan bocor merupakan kejadian yang sangat sering menyebabkan AC mengeluarkan bau yang tidak sedap, sehingga anda memerlukan service blower AC mobil untuk mengecek keadaan AC mobil anda secara keseluruhan.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, anda harus melakukan servis AC mobil secara berkala. Anda juga bisa melakukan service blower AC mobil secara rutin untuk mendapatkan kondisi AC selalu optimal dan nyaman digunakan agar perjalanan anda terasa lebih menyenangkan.

Dibaca Juga:Inilah Cara Merawat Pompa Oli Mobil Agar Tahan Lama

 Service Blower AC Mobil secara Berkala

Sebelum melakukan service blower AC mobil secara rutin, anda harus memahami penyebab blower mati terlebih dahulu. Berikut adalah penyebab kerusakan yang sering terjadi

  1. Motor blower rusak

Motor blower merupakan dinamo yang akan berputar apabila dialiri arus listrik. Bagian ini memiliki tiga komponen utama yaitu magnet, kumpara, dan carbon brush. Jika ada dua bagian dari tiga komponen ini rusak, maka keseluruhan motor blower harus diganti.

  1. Sekring blower rusak

Apabila sekring rusak, maka arus listrik tidak akan mengalir ke AC. Kerusakan pada bagian sekring blower diakibatkan oleh korsleting yang terjadi yang memutus arus listrik ke AC mobil anda.

  1. Relay blower rusak

Relay blower berfungsi untuk memisahkan bagian yang membutuhkan daya listrik besar dan yang kecil. Jika bagian ini rusak, maka arus listrik yang berasal dari aki tidak bisa mengalir ke mesin blower, sehingga blower tidak bisa beroperasi.

  1. Resistor blower rusak

Resistor merupakan struktur tahanan listrik yang sudah diatur besar dan kecilnya sehingga akan mempengaruhi kecepatan putaran blower. Jika resistor ini mengalami kerusakan atau putus, maka listrik tidak akan mengalir ke blower dan AC tidak dapat digunakan.

  1. Saklar blower rusak

Saklar berfungsi untuk menambah atau mengurangi kecepatan dari putaran kipas blower. Jika saklar ini rusak, maka tidak ada listrik yang bisa menggerakkan kipas sehingga AC tidak dapat digunakan. Pada bagian ini memang jarang terjadi kerusakan, namun jika rusak anda bisa melakukan service blower AC mobil untuk melihat jenis kerusakan pada blower dan memperbaikinya sesuai dengan tingkat kerusakan yang terjadi.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, anda bisa melakukan service blower AC mobil berkala sebagai bentuk perawatan terhadap AC mobil anda. Service blower AC mobil mampu mengoptimalkan fungsi AC pada mobil anda, yakni memberikan kesejukan dan kesegaran udara selama perjalanan. Berikut adalah hal-hal yang akan anda dapatkan ketika melakukan service blower AC mobil di salah satu bengkel terkenal dan terpercaya, yaitu Dokter Mobil.

Bengkel Dokter Mobil merupakan bengkel yang sudah dipercaya oleh banyak pelanggan dengan tingkat kepuasan yang tinggi, termasuk service blower AC mobil. Selain itu, Dokter Mobil sudah memiliki sertifikat ISO 9001:2015 tentang management quality system yang menjamin produk-produk yang ditawarkan juga memiliki kualitas yang terbaik.

Cukup sekian informasi mengenai layanan service blower AC mobil ini dilakukan oleh teknisi ahli yang sudah berpengalaman dan terjamin kemampuannya. Pelayanan yang akan anda dapatkan saat melakukan service blower AC mobil di Dokter Mobil juga akan sangat memuaskan karena penanganan yang dilakukan berdasarkan data-data yang diperoleh menggunakan tenaga mesin dan tenaga para ahli sehingga masalah mobil anda akan terpecahkan dengan akurat dan tepat. Service blower AC mobil akan menjamin kondisi AC mobil anda akan kembali optimal sehingga perjalanan anda semakin nyaman dan menyenangkan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇