🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Cara Agar Bensin Mobil Irit Ikuti Tips dan Trik Ini

Tips dan Trik Ini Agar Bensin Mobil Irit

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sebelum membahas tips tentang cara agar bensin mobil irit, kita perlu tahu sejarah singkat tentang mobil. Mobil berasal dari bahasa Yunani autos yang berarti yang memiliki makna bergerak . Sedangkan kata mobil memang diambil dari singkatan automobil.

Tips dan Trik Ini Agar Bensin Mobil Irit

Tips dan Trik Ini Agar Bensin Mobil Irit

Mobil telah banyak digunakan pada era belakangan dan perkembangannya dalam dunia otomotif sangatlah pesat. Bahkan banyak perusahaan perakit mobil baru yang merintis usahanya dan mencari cara agar bensin mobil irit serta ikut bergabung dalam pengembangan mobil sebagai alat transportasi yang umum digunakan. Dari mobil berbahan bakar bensin hingga tenaga surya, teknologi ini sudah dikembangkan sejauh ini untuk menunjang masyarakat dunia dan mempermudah kegiatan mereka sehari-hari.

Sejarah Singkat Mobil Dan Perkembangannya

Pada era sekarang model mobil pun tidak lagi itu-itu saja. Beberapa orang dengan keberuntungannya dapat memodifikasi mobil mereka sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Tidak heran untuk harga mobil dapat tembus hingga miliaran dolar karena produk custom seperti ini.

Mobil pertama ditemukan pada tahun 1769 oleh Nicholas J. Cugnot. Orang berkebangsaan Perancis tersebut membuat sebuah kendaraan roda tiga dengan bahan yang besar dan digerakkan oleh mesin uap. Pada saat itu, kendaraan digunakan untuk mengangkut alat dan senjata perang.

Karena hasil ciptaannya yang kurang sempurna pada saat itu kendaraan yang digunakan untuk mengangkut alat dan senjata perang lebih sering mengalami kecelakaan. Memasuki abad ke 19 perkembangan mobil mulai pesat, para ilmuwan mulai merancang kendaraan dengan konsep yang lebih sederhana dan berbahan bakar mudah.

Mobil berbahan bakar bensin pertama kali ditemukan oleh warga berkebangsaan Jerman bernama Carl Benz pada tahun 1886. Lalu mobil berbahan bakar bensin tersebut dikembangkan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhem Maybach di waktu yang bersamaan. Namun Carlz akhirnya mematenkan mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia pada tahun 1879.

Beberapa tahun setelah itu sering ditemukan mobil dengan berbagai macam model dan tipe sehingga membuat persaingan di dunia otomotif. Produksi mobil besar-besaran dengan harga terjangkau dimulai tahun 1902 oleh Oldsmobil dan kemudian 8 tahun setelahnya dikembangkan lagi oleh orang bernama Henry Ford.

Sebuah fakta penemuan mobil, Carl Benz menemukan mobil karena terinspirasi dari dirinya yang sering menggunakan sepeda gayuh saat dirinya berumur 19 tahun. Saat perjalanan menggunakan sepeda kayuh tersebut, Carl selalu berpikir bagaimana cara menciptakan sebuah mesin kendaraan supaya bisa berjalan tanpa perlu dikayuh.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Fakta menarik lainnya, saat Carl menunjukkan desain mobil pertama yang dinamainya Benz Patent Motorwagen pada saat demonstrasi mobil tersebut menabrak ke dinding sehingga masyarakat yang datang menonton demonstrasi desain mobil pertamanya menjadi trauma dan enggan menggunakan alat transportasi tersebut.

Carl yang berjasa dalam penemuan mobil akhirnya tutup usia pada umur 84 tahun dikarenakan penyakit Pneumonia yang ia derita.

Sedangkan untuk mobil di Indonesia sendiri masuk pada tahun 1894 dan orang Indonesia pertama yang memiliki mobil adalah Pakubuwono X. Pakubuwono X memesan mobil bermerk Benz dengan desain sesuai keinginannya sendiri melalui sales mobil yang dipercaya untuk pengiriman mobil dari Eropa menuju Indonesia, orang tersebut bernama John C Potter.

Mobil yang dimiliki Pakubowono X memiliki kapasitas penumpang sebanyak 8 orang dan memiliki kapasitas tangki hingga 2 liter.

Mengenal Jenis-Jenis Bahan Bakar

Di Indonesia PT Pertamina (Persero) dipercaya sebagai penjaja bahan nakar minyak oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PT Pertamina sudah berdiri sejakk tahun 1957. PT Pertamina menjual bahan bakar atau yang biasa kita sebut bensin dengan jenis-jenisnya sebagai berikut :

  1. Premium

Premium merupakan bahan bakar yang umum digunakan karena memiliki angka oktan rendah yaitu 88.

  1. Pertalite

Angka oktan yang dimiliki petralite ada di atas Premium yaitu pada oktan 90. Karena memiliki zat aditif untuk mengurangi korosi, petralite lebih sering digunakan karena ramah lingkungan dan lebih hemat dibanding premium.

  1. Pertamax

Angka oktan pada pertamax ada pada 92. Pertamax mampu membersihkan bagian dalam mesin karena memiliki fungsi detergency. Selain itu, ia juga memiliki pelindung pada dinding tangki kendaraan dan ruang bakar bensin serta dapat menjaga kemurnian dari bahan bakar sehingga menjadikan pembakaran lebih sempurna.

  1. Pertamax Turbo

Pertamax turbo memiliki angka oktan 98 dan menjadi produk bensin kelas atas karena memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah meningkatkan kecepatan maksimal, akselerasi serta menjadikan pembakaran lebih sempurna.

  1. Pertamax Racing

Untuk pertamax racing tidak dijual secara umum karena bahan bakar ini merupakan bahan bakar khusus yang diperuntuhkan untuk motor atau mobil balap. Pertamax racing memiliki kadar oktan lebih dari 100.

Cara Agar Bensin Mobil Irit

Kembali lagi pada cara agar bensin mobil irit, berikut akan dijelaskan bagaimana agar bensin mobil irit tanpa harus menggunakan cara yang sedikit merepotkan dan rumit. Sebagai pemilik mobil tentunya kita akan mencari segala cara agar bensin mobil irit. Dikarenakan harga bahan bakar yang terus melonjak dan ketersediaannya yang semakin menipis kita harus memperhatikan beberapa faktor agar bensin mobil irit.

Cara paling efektif agar bensin mobil irit salah satunya adalah dengan mengurangi pemakaian kendaraan yang kita miliki. Serta memperhatikan laju kendaraan dalam kecepatan yang telah ditentukan. Kapasitas bensin akan terus menurun diikuti dengan kecepatan berkendara yang kita lakukan, semakin cepat mobil kita melaju maka akan semakin cepat pula volume bensin akan habis.

Cara lain agar bensin mobil irit adalah dengan terus memantau putaran mesin pada bagian speedometer yang memiliki angka 1 hingga 15. Angka tersebut adalah angka untuk menunjukkan laju putaran mesin mobil. Agar bensin mobil irit maka kita perlu mengatur putaran mesin pada 2500-3000 rpm dengan cara menginjak pedal gas secara perlahan.

Menjaga jarak mobil satu dengan mobil yang lainnya juga merupakan salah satu cara agar bensin mobil irit. Bila kita sering melakukan rem mendadak dan menekan gas akan menyebabkan bahan bakar menjadi boros. Menjaga jarak selain cara agar bensin mobil irit, hal itu juga dapat menghindarkan kita dari tabrakan keras dengan mobil lainnya.

Dibaca Juga: Mempercepat Performa Mobil, Impian Para Pengendara

Jika melewati tol hindari menambah kecepatan maupun menginjak pedal gas terlalu dalam setelah mengurangi kecepatan. Lebih baik kita mengatur kecepatan secara bertahap dan konstan. Menggunakan gihi yang tepat juga dapat membantu kita agar bensin mobil irit, seperti posisi S atau L pada mobil matik atau gigi 1 dan 2 pada mobil manual.

Bila sedang parkir mobil alangkah baiknya bila kita mematikan mesin walaupun kita akan meninggalkan mobil tersebut dalam waktu yang singkat. Menyalakan mesin mobil dalam waktu yang lama tidaklah menyebabkan besin mobil irit melainkan justru sebaliknya.

Parkir pada tempat yang teduh juga menjadi cara agar bensin mobil irit. Karena parkir di tempat panas akan mempercepat penguapan bahan bakar dan bahan bakar menjadi sia-sia terbuang. Parkir di tempat yang teduh juga dapat menghindarkan mobil kita dari jamur.

Cara terakhir agar bensin mobil irit adalah dengan memasang alat penghemat bensin. Sangat banyak alat yang membantu agar bensin mobil irit. Salah satunya adalah alat penghemat bensin bermerek JS One.

JS One didesain dengan bahan berkualitas tinggi dan ramah lingkungan. Untuk mendapatkan produk tersebut kita bisa membelinya melalui platform belanja online yang ada di internet.

Itulah tips singkat tentang bagaimana menghemat bahan bakar untuk kendaraan khususnya mobil yang menjadi alat transportasi kita sehari-hari.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 12525

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.