🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Mempercepat Performa Mobil, Impian Para Pengendara

Mempercepat Performa Mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Mempercepat performa mobil merupakan salah satu tujuan pemilik ketika membawa mobil kesayangan mereka ke bengkel. Berkendara dengan aman, nyaman, tanpa perlu diselimuti rasa takut adalah impian bagi semua pengendara mobil. Tidak heran jika pemilik pun memilih untuk memodifikasi kendaraan mereka agar lebih nyaman digunakan.

Tidak sedikit dari pemilik yang justru sembarangan memilih proses modifikasi untuk mempercepat performa mobil sehingga menyebabkan performa mobil menjadi turun, bahkan menyebabkan mobil menjadi cepat rusak. Hal seperti ini justru membuat pemilik mobil mengeluarkan lebih banyak biaya untuk biaya perbaikan.

Mempercepat Performa Mobil

Mempercepat Performa Mobil

Selain modifikasi yang berujung gagal, untuk menghemat pengeluaran, perawatan mobil yang dilakukan di bengkel dengan menawarkan biaya murah, berakhir menjadi penanganan yang kurang berkualitas.

Tidak sampai di situ saja, terkadang pemilik mobil sendiri pun tidak merawat mobilnya dengan rutin. Jarang membawa mobil ke bengkel untuk di servis, jarang mencuci mobil, dan tidak rutin mengganti oli juga bisa membuat mobil kehilangan performanya serta dapat merusak komponen dari mobil itu sendiri.

Tanda-tanda performa mobil sudah turun

Sebagai pemilik mobil, mempercepat performa mobil tidak boleh hanya menjadi fokus utama pemilik. Mengetahui kondisi mobil yang dimiliki sudah menjadi sebuah keharusan. Beberapa tanda bahwa performa mobil sudah turun adalah mesin menjadi dingin dan sulit dihidupkan di pagihari dapat disebabkan oleh injector bahan bakar yang bermasalah, kompresi mesin terlalu rendah, atau tegangan arus aki habis. Terminal aki kotor dan berkarat serta kendor juga bisa menjadi penyebab lain.

Berkebalikan dari mesin dingin, mesin yang terlalu panas lalu dimatikan juga membuat mesin sulit untuk dinyalakan setelah digunakan untuk berkendara jauh. Selain itu, lampu indikator oli yang terus menyala sering tidak disadari oleh pemilik mobil maupun pengemudi. Hal ini disebabkan oleh ketidak sesuaian jenis oli dengan jenis mobil atau berbeda dari rekomendasi pabrikan.

Mesin knocking dan suara mendesis ketika mobil sudah lama dihidupkan atau ketika pengemudi menambah kecepatan juga sering dikeluhkan oleh pemilik mobil. Banyak penyebab yang bisa menghasilkan kondisi mobil seperti ini. Contohnya selang vakum bocor, tingkat Research Octane Number (RON) pada bahan bakar tidak cocok.

Sistem Transmisi yang tidak maksimal bisa menyebabkan antarikan pada gas mobil menjadi lebih berat. Kondisi seperti ini membuat gas mobil ketika diinjak penuh, hanya mengeluarkan suara namun tidak bekerja. Di kondisi lain, mobil bahkan bisa tidak bergerak sama sekali.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Mesin dalam keadaan hidup-mati dan berlangsung beberapa terjadi karena beberapa faktor. Selang vakum bocor, injector kotor dan tersumbat, serta kabel-kabel sistem kelistrikan yang kendur atau putus. Sistem AC bermasalah seperti sirkulasi AC tersumbat di konden serat audryer bisa menyebabkan tarikan mobil menjadi berat.

Dibaca Juga: Cara Lolos Uji Emisi Mobil, Terbukti Ampuh untuk Anda Terapkan

Langkah Efektif mempercepat performa mobil

Ketika membawa mobil ke bengkel dan meminta mekanik untuk mempercepat performa mobil, pemilik akan diberikan berbagai macam pilihan. Seperti mengurangi bobot mobil, mengganti bahan bakar, sampai melakukan tune up. Pemilik mobil perlu mengetahui beberapa cara yang akan dilakukan untuk mempercepat performa mobil.

Dari yang paling sederhana adalah mengganti bahan bakar menggunakan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi dapat memperkecil kemungkinan saluran menjadi kotor serta tersumbat. Bahan bakar dengan oktan lebih tinggi jauh lebih bersih. Saluran yang bersih bisa menjadi salah satu kondisi untuk mempercepat performa mobil.

Remap ECU biasa dikenal juga dengan tuning dan reflash. Remap memiliki arti proses pengkalibrasian ulang mobil menggunakan pengaturan baru. Tujuan dilakukan remap agar tenaga mobil bisa meningkat dengan signifikan, mobil menjadi lebih nyaman digunakan, juga menghilangkan batas kecepatan mobil, kerena pabrikan memberikan limit pada tenaga di mobil.

Pastikan untuk memilih mekanik profesional dan memiliki banya pengalaman untuk melakukan remap. Karena jika sembarang mekanik yang melakukan cara ini demi mempercepat performa mobil, performa mobil justru akan turun. Ada bagian mobil yang tidak menerima kerja ideal dan pengaturan yang tidak terbaca bisa menyebabkan mobil mogok.

Pilih bengkel untuk melakukan remap dengan mekanik professional seperti dokter mobil. Di dokter mobil, pemilik mobil tidak perlu takut terjadi sesuatu yang kurang diinginkan ketika mobil ditangani oleh mekanik. Dokter mobil sendiri memberikan pelayanan remap yang aman dengan kualitas terbaik.

Selain mobil mendapatkan pelayanan terbaik dan penanganan dari mekanik profesional, dokter mobil juga menyediakan general check up gratis untuk mengontrol kondisi mesin mobil. Harga yang diberikan juga tidak membuat pemilik mobil merogoh saku terlalu dalam. Tidak lupa, dokter mobil memberikan garansi ke pada pelanggannya.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mempercepat performa mobil adalah dengan mengurangi beban pada mobil bisa membuat mobil menjadi lebih ringan dan performa bertambah. Cara yang sama juga dilakukan oleh mobil di dunia balap, namun untuk pengemudi di jalan raya, cara tersebut terlalu ekstrim.

 Beberapa cara lain untuk mengurangi bobot mobil adalah melepas ban serep, mengeluarkan kotak peralatan (dongkrak, dll), melepas komponen peredam suara, melepas jok penumpang bagian belakang mobil, atau bisa juga dengan memindahkan aki dari mesin bagian depan ke bagasi.

Melakukan tune up bisa membantu mengembalikan mobil yang sudah turun mesin kembali seperti mobil baru dan mobil kembali nyaman untuk digunakan. Terutama untuk mobil yang sudah berusia 5 sampai 10 tahun, performa mobil bisa meningkat sebanyak 20% setelah di tune up. Cara mempercepat performa mobil satu ini bisa dilakukan dengan rutin.

Meningkatkan kompresi pada mobil dianggap sebagai cara paling efisien untuk mempercepat performa mobil. Meningkatkan kompresih harus dilakukan oleh mekanik berpengalaman. Karena kesalahan peningkatan kompresi dapat mengakibatkan tekanan kompresi melemah dan bocor, mesin juga akan sulit membakar bahan bakar.

Menjaga Performa Mobil

Setelah berhasil melakukan langkah-langkah mempercepat performa mobil di atas, pemilik harus tetap menjaga performa mobil agar tetap bagus. Seperti melakukan perawatan berkala pada mobil seperti mencuci mobil, mengganti oli secara rutin, dan melakukan servis rutin. Jangka waktu servis yang dibutuhkan adalah satu bulan sekali saat mobil menunjukkan angka 10.000 kilometer.

Biasanya para pemilik mobil memilih untuk menunda-nunda  . Pemilik mobil juga harus menjaga bagian kelistrikan agar tetap stabil dengan memasang volt stabilizer. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan, tenaga mobil, serta membuat mobil menjadi lebih irit bahan bakar.

Melakukan tune up mobil secara berkala setiap 3 sampai 5 bulan sekali, terutama untuk mobil yang digunakan dalam jarak tempuh pendek namun penggunaannya dilakukan untuk kegiatan sehari-hari. Mengganti oli secara rutin dan memilih oli pelumas yang tepat untuk mesin mobil merupakan salah satu cara merawat performa mobil. Ganti oli dengan berkala setelah kendaraan menempuh jarak 5.000 kilo meter atau tergantung anjuran dari pabrikan.

Tidak lupa untuk rutin melakukan uji emisi, karena ini diperlukan untuk mengetahui bagaimana kinerja mesin, seperti boros atau tidak dalam penggunaan bahan bakar, kompresi optimal atau tidak, dan pengapian bekerja dengan normal atau tidak.Tidak melakukan eksperimen sembarangan terhadap mobil dengan tujuan untuk mempercepat performa mobil seperti menambahkan cairan tertentu agar mobil lebih irit bahan bakar. Jangan juga melakukan eksperimen yang dapat mengganggu sistem kelistrikan di mobil.

Demikian artikel terkait mempercepat performa mobil yang bisa anda jadikan pengetahuan tambahan sebelum membawa mobil kesayangan kebengkel. Semoga artikelini bermanfaat sehingga setelah anda mempercepat performa mobil yang anda miliki. Dengan begitu, pengalaman berkendara anda bisa lebih aman, nyaman, tanpa perlu takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.