📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Cara Lolos Uji Emisi Mobil, Terbukti Ampuh untuk Anda Terapkan

Lolos Uji Emisi Mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Berbicara tentang lolos uji emisi mobil, saat ini masih banyak masyarakat yang belum sadar seberapa penting uji emisi bagi kendaraan kesayangan kita,terutama mobil . Tidak dapat di pungkiri,memiliki mobil pribadi sudah menjadi impian setiap orang, lalu untuk Anda yang telah mencapai impian tersebut, apakah sudah memberikan perawatan terbaik untuk mobil Anda?

Lolos Uji Emisi Mobil

Lolos Uji Emisi Mobil

Di daerah ibu kota sendiri sudah menerapkan syarat aman berkendara ialah lolos uji emisi mobil, pengujian itu sendiri dilakukan untuk memberi dampak besar kepada lingkungan dan kondisi kendaraan itu sendiri.

Dengan menguji emisi merupakan salah satu upaya untuk untuk mengetahui kinerja mesin dan tingkat efisiensi pembakaran mesin kendaraan anda. Selain itu uji emisi di tujukan untuk mengurangi polusi berbahaya dan juga gas rumah kaca dari mesin kendaraan kita sehingga kita dapat lebih menjaga bumi tercinta.

 Selain memberi dampak baik untuk lingkungan dan kendaraan kita, melalui proses ini beberapa hal penting terkait kondisi mobil dapat diketahui. Seperti kondisi injektor,kadar sisa gas buang dari knalpot hingga kadar gas buang mesin. Menarik bukan ?

Uji emisi dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang tertera pada laman Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),yaitu Nomor 05 tahun 2006 atau merujuk pada Peraturan Daerah masing-masing, seperti DKI No.66 Tahun 2020.

Prosedur Uji Emisi Kendaraan

Adapun dalam uji emisi mobil kesayangan Anda, tentunya hal yang sangat mudah, caranya cukup melakukannya di bengkel yang sudah difasilitasi alat uji emisi seperti Dokter Mobil, dan yang lebih hebatnya bengkel ini siap melayani anda dari senin sampai minggu.

Umumnya uji emisi ini di lakukan dengan memasangkan alat pendeteksi gas pada knalpot kendaraan,kendaraan yang diuji harus berada pada posisi menyala, tetapi pastikan jangan sampai ada alat elektronik yang meyala, seperti radio, lampu atau pendingin udara.

Proses pemeriksaan dimulai saat putaran mesin meningkat menjadi 1.900-2.0001 rpm, kemudian dipertahankan selama 60 detik, dan kemudian kembali ke keadaan midle.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Selain itu, pengukuran akan dilakukan saat mesin dalam keadaan  putaran mesin 800-1.400 rpm, saat teknisi memasukkan selang pengukur ke dalam lubang knalpot mobil sedalam 30 cm. Jika kurang dari 30 cm perlu dipasang pipa tambahan, setelah 20 detik alat uji emisi akan memperoleh dan mencetak data konsentrasi gas CO dan HC.

Tes ini dilakukan selama 5-7 menit, untuk mengetahui apakah Anda lolos uji emisi mobil, maka kita perlu melihat kembali Peraturan Gubernur DKI Jakarta yang mana ambang batas uji emisi mobil (bahan bakar bensin) CO 1,5% dan HC 200 ppm. Jika konsentrasi gas CO dan HC lebih rendah dari ambang batas di atas, Anda dapat menyatakan bahwa kendaraan Anda telah lolos uji emisi mobil.

Seberapa Penting Uji Emisi

Ternyata banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari uji emisi apalagi jika sampai lolos uji emisi mobil, yang pertama kita bisa mencegah mobil dari kerusakan, dengan melakukan uji emisi rutin minimal setahun sekali dan servis berkala di Dokter Mobil, kita akan mengetahui kondisi kendaraan sehingga mampu mencegah kerusakan.

Kedua, menjadi warga yang taat aturan, sebagai warga negara sudah menjadi kewajiban untuk kita mematuhi peraturan dari pemerintah, apalagi peraturan ini untuk kebaikan kita bersama. Nah untuk teman-teman yang memiliki mobil berusia lebih dari tiga tahun dan tidak melakukan uji emisi atau tidak lolos uji emisi mobil akan dikenakan disinsentif .

Ketiga, mengurangi polusi dan menjadikan langit biru nan indah, apalagi di pagi hari di mana udara masih segar, namun apakah Anda tau banyak kota di Indonesia yang mengalami penurunan kualitas udara terutama Jakarta. itu mengapa dengan lolos uji emisi mobil sangat penting dilakukan

Tips Ampuh Lolos Uji Emisi Mobil

Nah,setelah mengetahui apa itu uji emisi, prosedur dari uji emisi dan betapa pentingnya uji emisi tentu membuat anda harus mengetahui tips ampuh apa yang di butuhkan untuk lolos uji emisi mobil, langsung saja disimak pembahasan berikut serta jangan lupa buat mencatatnya!

  1. Pastikan Saluran Masuk Bahan Bakar serta Filter udara dalam Keadaan Bersih

Bila saluran masuk bahan bakar serta filter dalam kondisi kotor, maka aliran udara yang masuk ke mesin akan terhambat, sehingga menaikkan konsentransi HC serta akan menimbulkan gas yang keluar dari knalpot jadi lebih tinggi.

  1. Hindari Memodifikasi Kendaraan

Bisa jadi banyak dari sahabat yang suka untuk memodifikasi mobil kesayangan kamu, tetapi taukah kamu kalau itu bisa membahayakan pengendara, yang pasti kenyamanan dalam berkendara akan menurun. Bila ingin lolos uji emisi mobil maka kamu wajib mempertahankan keadaan mobil sesuai standar buatan pabrik ya.

  1. Pakai bahan bakar yang sesuai

Memakai  bahan bakar yang cocok buat kendaraan Kamu bisa membuat mesin membakar lebih baik serta terjaga dengan sempurna, sehingga membuat emisi yang dikeluarkan tidak berisiko serta mengurangi kandungan CO. Tidak hanya itu,hal ini baik buat melindungi efisiensi mobil kamu, melindungi performa serta mengirit bensin.

  1. Jalani Carbon Cleaning

Taukah kamu mesin mobil yang bensin ataupun diesel, akan menghasilkan tumpukan carbon serta kepala silinder, hal ini cukup karena keadaan lalu lintas yang lumayan padat. Hal ini menyebabkan efek negatif pada mesin. Hingga dari itu, di sarankan untuk kamu melakukan carbon cleaning, khususnya mobil dengan umur lebih dari 5 tahun.

Kamu dapat melaksanakan carbon cleaning di bengkel kesayangan kamu Dokter Mobil, yang pastinya dengan harga serta pelayanan memuaskan.

5. Service Mobil Secara Berkala

Ini merupakan hal yang paling penting untuk di lakukan, anda harus melakukan servis secara berkala dan disiplin, meliputi penggantian pelumas, tune-up, membersihkan beberapa komponen mesin dari mobil Anda. Jika Anda melakukan hal yang demikian, kondisi mesin Anda akan selalu terjaga dengan baik, sehingga kinerja mesin kendaraan akan semakin optimal, serta dapat meminimalkan dan mengefisiensikan emisi gas buang kendaraan Anda.

Nah ternyata anda tidak boleh menyepelekan  uji emisi untuk kendaraan anda ya, karena dengan uji emisi kendaraan banyak sekali hal baik yang terjadi, baik untuk kendaraan anda, diri anda, bumi dan untuk anak cucu kita, tentu saja untuk lolos uji emisi mobil, cara diatas bisa anda lakukan.

Dibaca Juga: Tips dan Trik Lolos Uji Emisi , Lakukan Dengan Hal Ini!

Ingin Tau Hal Paling Penting untuk Lolos Uji Emisi Mobil Anda ? Dokter Mobil Aja

Nah setelah membaca ulasan tentang Lolos Uji Emisi Mobil, anda pasti menjadi bersemangat untuk lebih merawat mobil kesayangan anda, layaknya manusia mobil juga membutuhkan pelayanan kesehatan rutin dengan baik, untuk itu percayakan saja kesehatan mobil anda bersama Dokter Mobil.

Ada kabar bahagia dari Dokter Mobil, jadi Dokter Mobil menyediakan pelayanan checkup mobil anda secara umum, dan kabar bahagia nya pelayanan ini di dapatkan secara gratis, gimana? bahagia banget kan? lalu kabar bahagia tidak hanya itu saja, berkaitan dengan lolos uji emisi.

Bengkel Dokter Mobil siap membantu anda, hingga kendaraan anda di nyatankan layak untuk lolos uji emisi mobil, jadi jangan sia-sia kan bengkel terbaik seperti Dokter Mobil ya. Di jamin anda akan merasakan seperti memiliki mobil baru setiap harinya hanya dengan pergi ke bengkel Dokter Mobil.

Tidak usah takut anda akan kerepotan,karena Dokter Mobil melayani anda secara cepat dan akurat, dan Dokter Mobil juga memilik cabang di seluruh indonesia, jadi anda tidak perlu harus jauh- jauh untuk mendapatkan pelayanan bintang lima. Dan yang paling penting anda akan merasakan pelayan terbaik dengan harga terjangkau, bahagia banget ga sih?

Makanya, tunggu apalagi, ayo segera ambil kunci mobil anda dan berangkatlah ke Dokter Mobil terdekat dan buruan nikmati promonya sekarang. Anda juga bisa mengujungi websitenya di Dokter Mobil,atau langsung mengunjungi bengkelnya secara langsung.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *