New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
mesin mobil tiba tiba mati saat jalan

5 Penyebab Mesin Mobil Tiba Tiba Mati Saat Jalan yang Perlu Diketahui

Salah satu masalah seperti mesin mobil tiba tiba mati saat jalan merupakan kendala yang merepotkan dan cukup membuat panik pengendara. Apalagi kejadian ini menimpa Kamu saat tengah malam, sangat menjengkelkan bukan? Mengingat kendala bisa terjadi kapan saja, setidaknya Kamu harus tau apa yang dapat menyebabkan hal tersebut.

Agar terhindar dari gejala mobil mogok secara tiba-tiba, kendaraan sudah selayaknya dirawat dengan rajin. Namun, jika sudah terlanjur mogok, maka setidaknya Kamu harus tahu apa yang menjadi penyebabnya. Dengan mengetahui akar permasalahan tentu Kamu akan lebih bijak dalam mengambil tindakan selanjutnya.

Penyebab Mesin Mobil Tiba Tiba Mati Saat Jalan

  1. Sistem kelistrikan bermasalah

Sistem kelistrikan bermasalah biasanya menjadi alasan yang paling sering ditemui pada kasus mesin mobil tiba tiba mati saat jalan. Kelistrikan sendiri memiliki hubungan erat dengan accu atau aki. Komponen-komponen pada mobil banyak yang memerlukan suplai listrik dari aki. Jika memang aki bermasalah, maka daya yang diperlukan komponen lainnya tidak akan terpenuhi yang akhirnya mesin tidak berjalan normal hingga mesin mati.

Selain itu, bila memang aki dirasa masih sangat baik, maka Kamu dapat periksa komponen lainnya yang terhubung secara langsung seperti kabel. Kabel yang rusak atau putus pun bisa menyebabkan mobil mogok karena aliran listrik tidak tersalurkan secara optimal.

  1. Air radiator minim

Penyebab selanjutnya yang dapat menyebabkan mobil mogok secara tiba-tiba adalah minimnya air radiator. Untuk kasus yang lebih parah, air radiator bisa saja habis dan kering. Minimnya air radiator ini bisa disebabkan oleh kebocoran radiator, tidak pernah merawat dan memeriksa kondisi radiator, dan lain sebagainya.

  1. Filter bahan bakar tersumbat

Filter bahan bakar pun menjadi salah satu komponen yang dapat membuat mobil Kamu mati secara tiba-tiba. Filter bahan bakar yang tersumbat mengakibatkan pompa bensin tidak berjalan normal hingga akhirnya mobil terasa tersendat-sendat sebelum mengalami mogok.

Mengapa bisa tersumbat? Kurangnya perhatian dan perawatan pemilik kendaraan biasanya menjadi faktor utama. Pasalnya, filter bahan bakar bisa tersumbat karena banyaknya kotoran yang terus menumpuk dan dibiarkan dalam waktu cukup lama. Kotoran-kotoran tersebut biasanya berasal dari bensin yang tidak memenuhi standar atau kualitas oktannya rendah.

  1. Kerusakan pada koil

Kerusakan pada koil membuat arus listrik yang berasal dari aki terputus hingga akhirnya mobil mati mendadak. Tidak adanya aliran listrik akibat dari fungsi koil yang tidak normal membuat pembakaran tidak berlangsung dengan benar.

Kamu sendiri dapat mengecek sendiri apakah kondisi koil masih baik atau malah sebaliknya. Caranya cukup mudah, Kamu hanya perlu memberikan kabel distributor kemudian tempelkan pada bagian body mobil. Setelah itu, nyalakan mesin dan perhatikan apakah muncul bunga api atau tidak. Bila tidak ada percikan, maka dapat dipastikan bahwa kondisi koil pada mobil memang bermasalah.

  1. Bahan bakar habis

Penyebab terakhir yang bisa membuat mobil Kamu mati ditengah jalan adalah kehabisan bahan bakar. Alasan ini memang terdengar konyol dan sedikit memalukan, namun tidak sedikit orang yang lupa dan kurang memperhatikan sisa bahan bakar. Oleh sebab itu, jika tidak ingin menanggung malu sebaiknya Kamu perhatikan sisa bahan bakar, baik sebelum maupun di tengah perjalanan.

Baca Juga : Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Itulah segelintir penyebab mesin mobil tiba tiba mati saat jalan yang harus Kamu ketahui. Mungkin masih ada lagi pemicu lain yang tidak dapat disebutkan secara keseluruhan. Semoga informasi ini memberikan banyak manfaat khususnya untuk Kamu yang sedang mengalami kendala serupa.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya