📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

7 Penyebab Evaporator AC Mobil Rusak, Yuk Kenali !

7 Penyebab Evaporator AC Mobil Rusak, Yuk Kenali !

Untuk menjaga kenyamanan dalam berkendara, penting bagi pemilik mobil untuk mengenali penyebab kerusakan evaporator pada AC mobil. Mengidentifikasi penyebab evaporator AC mobil rusak dapat membantu mencegah kerusakan yang lebih serius dan menghemat biaya perbaikan yang tinggi.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas 7 penyebab evaporator AC mobil rusak yang perlu diketahui oleh para pemilik mobil. Simak penjelasannya dan jangan biarkan AC mobil Anda berhenti dingin karena kerusakan evaporator yang sebenarnya dapat dihindari.

7 Penyebab Evaporator AC Mobil Rusak

AC mobil adalah salah satu fitur yang sangat penting untuk kenyamanan dalam berkendara, terutama di wilayah dengan suhu yang tinggi. Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan AC mobil tidak bekerja dengan baik, salah satunya adalah kerusakan pada evaporator. Berikut adalah 7 penyebab evaporator AC mobil rusak yang perlu diketahui oleh para pemilik mobil.

1. Kotoran dan debu

Penyebab evaporator AC mobil rusak yang pertama adalah kotor. Kotoran dan debu yang menempel pada evaporator dapat menyebabkan efisiensi pendinginan menjadi menurun. Kotoran dan debu akan menutupi permukaan evaporator, sehingga menghambat pertukaran panas antara udara dan pendingin.

Akibatnya, udara yang dihasilkan tidak dingin, meskipun AC mobil sudah dinyalakan dalam waktu yang lama. Untuk mengatasi hal ini, pemilik mobil perlu melakukan pembersihan evaporator secara berkala, misalnya dengan membawa mobil ke bengkel terpercaya.

2. Kebocoran sistem

Kebocoran pada sistem AC mobil dapat menyebabkan refrigeran yang penting untuk pendinginan bocor keluar. Kebocoran ini dapat terjadi pada berbagai titik di sistem pendingin, termasuk pada evaporator. Jika refrigeran yang hilang tidak diganti, maka akan menyebabkan sistem AC bekerja lebih berat untuk menghasilkan udara dingin. Hal ini dapat membuat beban kerja pada sistem menjadi berat, dan dapat merusak komponen lain, termasuk evaporator.

3. Kerusakan pada fan blower

Penyebab evaporator AC mobil rusak selanjutnya yitu kerusakan pada fan blower. Fan blower adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengalirkan udara dingin dari evaporator ke dalam kabin mobil. Jika fan blower mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik, maka sirkulasi udara menjadi tidak optimal, dan hal ini akan membuat evaporator menjadi tidak dingin karena udara tidak dapat dilewatkan dengan baik.

4. AC mobil jarang digunakan

AC mobil yang jarang digunakan cenderung lebih rentan terhadap kerusakan evaporator. Hal ini karena saat mobil tidak digunakan, kotoran dan debu dapat menumpuk pada permukaan evaporator, dan menyebabkan efisiensi pendinginan menurun. Oleh karena itu, sebaiknya pemilik mobil menyalakan AC mobil dalam waktu yang cukup lama setiap beberapa hari untuk mencegah kotoran menumpuk pada evaporator.

5. Overload

Overload pada sistem AC mobil juga dapat menjadi penyebab evaporator AC mobil rusak. Overload terjadi ketika sistem AC terlalu dipaksa dalam waktu yang lama, misalnya karena mobil digunakan dalam perjalanan jarak jauh atau di lingkungan yang sangat panas. Jika sistem AC terus dipaksa dalam kondisi ini, maka dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dan menurunkan efisiensi pendinginan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

6. Korosi

Korosi pada evaporator dapat menyebabkan kerusakan dan kebocoran pada sistem pendingin. Korosi dapat terjadi jika air yang mengandung garam masuk ke dalam sistem pendingin, misalnya jika mobil diparkir di pantai atau di daerah yang sering terkena hujan asam. Korosi pada evaporator juga dapat terjadi jika pemilik mobil jarang membersihkan AC mobil dan kotoran menumpuk pada permukaan evaporator.

7. Umur evaporator yang sudah tua

Penyebab evaporator AC mobil rusak terakhir yaitu evaporator yang memang sudah tua dan harus diganti. Seperti komponen mobil lainnya, evaporator juga memiliki umur pakai yang terbatas. Evaporator yang sudah tua dapat mengalami kerusakan dan harus diganti dengan yang baru.

Oleh karena itu, pemilik mobil perlu memperhatikan umur evaporator pada AC mobil dan memeriksakan kondisinya secara rutin ke bengkel terpercaya. Jika ditemukan kerusakan, sebaiknya segera melakukan perbaikan untuk mencegah kerusakan yang lebih serius dan menghindari biaya perbaikan yang tinggi.

BACA JUGA: 5 Penyebab Blower AC Mobil Tidak Mau Mati & Cara Mengatasinya

Kesimpulannya, penyebab evaporator AC mobil rusak seperti kotoran dan debu, kebocoran sistem, kerusakan pada fan blower, jarang digunakan, overload, korosi, dan umur evaporator yang sudah tua. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu melakukan pembersihan evaporator secara berkala, memeriksakan sistem AC mobil secara rutin, dan membawa mobil ke bengkel terpercaya jika ditemukan kerusakan. Dengan melakukan tindakan pencegahan tersebut, pemilik mobil dapat memperpanjang umur evaporator dan menjaga performa AC mobil agar tetap optimal dan memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Cara Mengatasi Evaporator AC Mobil Rusak

Evaporator yang rusak pada AC mobil dapat menyebabkan kabin mobil menjadi tidak dingin. Jika terjadi masalah pada evaporator, sebaiknya segera perbaiki agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih serius dan biaya perbaikan yang lebih mahal. Cara mengatasi evaporator AC mobil yang rusak tergantung pada penyebab kerusakan.

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan antara lain membersihkan evaporator dari kotoran dan debu, mengganti refrigeran yang hilang, memperbaiki fan blower yang rusak, mengganti evaporator yang sudah tua, dan mengatasi korosi pada evaporator.

Namun, sebaiknya tindakan perbaikan evaporator dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dan terpercaya untuk memastikan bahwa perbaikan dilakukan dengan benar dan tidak menimbulkan masalah baru pada sistem pendingin mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!