📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Penyebab Blower AC Mobil Tidak Mau Mati & Cara Mengatasinya

5 Penyebab Blower AC Mobil Tidak Mau Mati & Cara Mengatasinya

Blower AC mobil tidak mau mati dapat menjadi masalah yang menjengkelkan bagi para pengemudi. Selain mengganggu kenyamanan saat berkendara, hal ini juga dapat menguras baterai mobil dan merusak komponen AC yang lain. Namun, jangan khawatir! Terdapat beberapa penyebab umum yang dapat membuat blower AC mobil tetap hidup, dan tentunya ada cara mudah untuk mengatasinya. Jangan lewatkan tips-tips berharga yang akan kami berikan!

5 Penyebab Blower AC Mobil Tidak Mau Mati

Blower AC mobil yang tidak mau mati bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi pengendara mobil. Ketika blower AC mobil tetap hidup, ini tidak hanya akan mengganggu kenyamanan saat berkendara, tetapi juga dapat memperburuk masalah dan merusak komponen AC yang lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengidentifikasi penyebabnya dan mengetahui cara mengatasinya. Berikut adalah 5 penyebab blower AC mobil tidak mau mati:

1. Masalah pada saklar AC atau kabel

Salah satu penyebab umum blower AC mobil tidak mau mati adalah masalah pada saklar AC atau kabelnya. Masalah ini sering terjadi ketika saklar AC tidak berfungsi dengan baik dan tidak dapat memutus sirkuit yang mengontrol blower. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada saklar AC itu sendiri atau kabel yang terhubung ke saklar AC. Selain itu, kontak buruk atau korsleting pada kabel juga dapat menyebabkan masalah ini terjadi.

2. Masalah pada resistor blower

Resistor blower bertanggung jawab untuk mengontrol kecepatan blower AC. Jika resistor blower rusak atau cacat, maka blower akan tetap menyala dan tidak dapat dimatikan. Hal ini karena resistansi di resistor blower menjadi sangat rendah sehingga arus terus mengalir dan blower AC mobil tidak mau mati. Masalah ini dapat disebabkan oleh keausan atau kerusakan pada resistor blower itu sendiri, atau mungkin juga disebabkan oleh masalah dengan sistem kelistrikan mobil secara keseluruhan.

3. Masalah pada AC relay

AC relay adalah komponen penting dalam sistem AC mobil yang berfungsi untuk mengontrol aliran listrik ke blower. Jika AC relay rusak atau cacat, maka blower AC tidak akan bisa dimatikan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa relay terus mengirim sinyal ke blower, bahkan ketika sistem AC telah dimatikan.

Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kerusakan pada komponen relay atau kabelnya, keausan atau kerusakan pada sistem kelistrikan mobil, atau bahkan karena masalah dengan sistem pengisian daya mobil.

4. Masalah pada switch blower

Switch blower juga dapat menjadi penyebab blower AC mobil tidak mau mati. Kondisi ini terjadi ketika switch blower terkunci atau terjebak dalam posisi “on”, sehingga blower terus berjalan bahkan ketika sistem AC telah dimatikan. Masalah ini dapat disebabkan oleh keausan atau kerusakan pada switch blower itu sendiri, atau mungkin juga disebabkan oleh masalah dengan sistem kelistrikan mobil.

5. Masalah pada sistem kontrol suhu

Terakhir, masalah pada sistem kontrol suhu juga dapat menyebabkan blower AC mobil tidak mau mati. Kondisi ini terjadi ketika sistem kontrol suhu tidak dapat memutus aliran listrik ke blower meskipun suhu yang diinginkan telah tercapai. Masalah ini dapat disebabkan oleh keausan atau kerusakan pada sistem kontrol suhu itu sendiri atau oleh masalah dengan sistem kelistrikan mobil secara keseluruhan.

BACA JUGA: 5 Tanda AC Mobil Bermasalah, Perbaikan Segera!

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Dalam keseluruhan, ada beberapa penyebab yang dapat membuat blower AC mobil tidak mau mati. Beberapa di antaranya disebabkan oleh kerusakan pada komponen kelistrikan mobil, seperti saklar AC, resistor blower, AC relay, switch blower, dan sistem kontrol suhu.

Namun, tidak perlu khawatir, karena dengan mengidentifikasi penyebabnya, masalah ini dapat diatasi dengan cepat dan mudah. Penting untuk memperbaiki masalah blower AC mobil yang tidak mau mati secepat mungkin untuk mencegah kerusakan yang lebih serius pada sistem AC mobil dan untuk memastikan kenyamanan saat berkendara.

Blower AC Mobil Bermasalah? Ke Dokter Mobil Aja! Pasti Beres!

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

jenis mobil self loader truck

Mobil Self-Loading Tow Truck

Mobil Self-Loading Tow Truck adalah solusi inovatif yang memungkinkan Anda memuat dan menurunkan kendaraan sendiri tanpa operator tambahan. Dengan harga yang terjangkau dan berbagai keunggulan,

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!