📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Tanda AC Mobil Bermasalah, Perbaikan Segera!

5 Tanda AC Mobil Bermasalah, Perbaikan Segera!

Apakah kamu pernah merasakan ketidaknyamanan di dalam mobil yang dikarenakan AC yang bermasalah? Rasanya seperti terjebak di dalam sauna yang membuat badan cepat lelah dan terasa lengket. Oleh karena itu, perlu bagi kamu untuk mengetahui tanda AC mobil bermasalah sehingga kamu bisa segera memperbaikinya sebelum semakin parah.

Namun, tidak selalu mudah untuk mengetahui tanda-tanda AC mobil yang bermasalah, terutama jika kamu tidak memiliki latar belakang mekanik. Sangat penting untuk memahami tanda AC mobil bermasalah umum yang biasanya muncul. Dengan begitu, kamu bisa memperbaikinya secepat mungkin sebelum masalah semakin rumit dan menguras kantongmu.

5 Tanda AC Mobil Bermasalah

AC mobil yang bermasalah bukan hanya mengganggu kenyamanan perjalanan, tapi juga dapat berdampak pada kesehatanmu. Ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa AC mobilmu sedang mengalami masalah. Berikut adalah 5 tanda AC mobil bermasalah yang perlu kamu perhatikan:

1. Suara Berisik

Jika kamu mendengar suara berisik ketika menyalakan AC mobil, bisa jadi itu adalah tanda AC mobil bermasalah. Suara berisik bisa berasal dari bearing atau pulley yang aus atau rusak. Jika kamu mengabaikan masalah ini, bisa berdampak pada kerusakan yang lebih serius dan biaya perbaikan yang lebih mahal. Oleh karena itu, segera bawa mobilmu ke bengkel terdekat untuk memperbaiki masalah ini.

2. Bau Tak Sedap

Jika ada bau tak sedap ketika menyalakan AC mobil, kemungkinan besar ada masalah pada sistem AC atau saluran pembuangan air. Bau tak sedap ini bisa berasal dari kotoran atau bakteri yang terkumpul di dalam saluran pembuangan air. Jika dibiarkan terus menerus, bakteri ini bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti infeksi saluran pernapasan dan alergi. Oleh karena itu, segera bawa mobilmu ke bengkel untuk membersihkan sistem AC dan saluran pembuangan air.

3. AC Tidak Dingin

Jika AC mobilmu tidak mengeluarkan udara dingin, bisa jadi ada masalah pada sistem refrigerant atau kompresor AC. Salah satu penyebab umumnya adalah kebocoran refrigerant yang membuat sistem AC tidak efektif dalam mendinginkan udara. Jika dibiarkan terus menerus, AC mobilmu bisa rusak lebih parah dan memerlukan biaya perbaikan yang lebih mahal. Oleh karena itu, segera bawa mobilmu ke bengkel untuk memeriksa dan memperbaiki masalah ini.

4. Air Bocor dari AC

Jika kamu melihat air bocor dari dalam mobil, bisa jadi saluran pembuangan air AC bermasalah atau terblokir. Jika tanda AC mobil bermasalah dibiarkan, air yang menggenang di dalam mobil bisa menyebabkan bau tak sedap dan kerusakan pada karpet atau kain jok mobil. Segera bawa mobilmu ke bengkel untuk memperbaiki masalah ini sebelum menjadi lebih parah.

5. AC Mati Total

Jika AC mobilmu mati total, bisa jadi ada masalah pada sistem kelistrikan atau saklar AC. Jika kamu tidak bisa menyalakan AC sama sekali, segera bawa mobilmu ke bengkel untuk memperbaiki masalah ini. Jangan mencoba memperbaiki sendiri jika kamu tidak memiliki latar belakang mekanik yang cukup, karena bisa berbahaya dan membuat masalah menjadi lebih rumit.

BACA JUGA: 3 Cara Penggunaan AC Mobil yang Benar agar Tetap Awet

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Kesimpulannya, jangan mengabaikan tanda AC mobil bermasalah karena bisa berdampak pada kenyamanan perjalanan dan kesehatanmu. Perbaiki masalah AC mobil secepat mungkin untuk menghindari biaya perbaikan yang lebih mahal di kemudian hari. Segera bawa AC mobil ke bengkel terdekat untuk memeriksa dan memperbaiki masalah.

Berapa Lama Umur Kompresor AC Mobil?

Kompresor AC mobil merupakan komponen penting dalam sistem AC yang bertugas untuk memampatkan refrigerant sehingga bisa mengalir dan mendinginkan udara di dalam mobil. Namun, seperti komponen lainnya, kompresor AC juga memiliki batas umur yang perlu diperhatikan. Umumnya, umur kompresor AC mobil berkisar antara 8 hingga 10 tahun, tergantung pada kualitas dan frekuensi pemakaian.

Jika umur kompresor AC mobil telah mencapai batasnya, bisa jadi itu menjadi penyebab utama AC mobil yang bermasalah. Salah satu tanda AC mobil bermasalah yang bisa muncul adalah suara berisik ketika menyalakan AC mobil. Suara berisik ini bisa berasal dari bearing atau pulley yang aus atau rusak pada kompresor AC. Selain itu, jika AC mobil tidak mengeluarkan udara dingin atau bahkan mati total, bisa jadi itu disebabkan oleh kerusakan pada kompresor AC.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form