📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab AC Mobil Bau dan Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab AC Mobil Bau dan Cara Mengatasinya

Menganggap sepele masalah AC MOBIL BAU dapat berakibat fatal. Kesehatan serta kenyamanan anda dan penumpang lainnya dapat terganggu.

Ini 4 Penyebab Utama AC Mobil Bau

  1. Kabin dan Interior yang Kotor
  2. Evaporator AC Mobil yang Kotor
  3. Sirkulasi Udara yang Terganggu
  4. Freon AC Mobil Bermasalah

Cara Mengatasinya:

  1. Flushing AC Mobil
  2. Cuci AC Mobil
  3. Fogging atau Pengasapan

Perawatan agar AC Mobil Tidak Mudah Bau

  1. Memilih Parfum Mobil yang Benar
  2. Tutup Jendela ketika AC Mobil Sedang Menyala
  3. Jangan Makan ketika AC Mobil Menyala
  4. Merokok dapat Membuat AC Mobil Bau
  5. Hindari Terlalu Sering Membuka Jendela Mobil
  6. Pembersihan dan Perawatan Berkala

AC mobil bau biasanya dapat membuat pemiliknya harus mengeluarkan biaya perawatan lebih karena harus membeli pengharum mobil secara rutin.

Harga pengharum mobil tentunya tidak murah. Disamping itu, kualitas dan harganya tidak akan menjamin AC mobil menjadi lebih wangi.

AC mobil bau yang sering ditemui biasanya memiliki bau khas seperti:

Keadaan AC Mobil Bau biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Berikut adalah penjelasan dan tips untuk mengurangi AC Mobil Bau.

Penyebab AC Mobil Bau

AC Mobil Bau

Sangat penting untuk mengetahui sebenarnya apa saja penyebab AC mobil bau. Dengan mencari penyebab masalah, anda dapat lebih mudah menentukan penanganannya. Adapun fungsi mencari penyebab masalah adalah:

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  • Menemukan sumber masalah yang harus diatasi
  • Lebih mudah menentukan penanganan seperti apa yang perlu dilakukan
  • Dan dapat mencari cara agar bau tersebut tidak muncul kembali.

Pada dasarnya ada cukup banyak hal-hal yang menjadi faktor penyebab munculnya masalah ini. Namun demikian, ada beberapa faktor yang umum menjadi pemicu.

Mengetahui hal ini sangatlah penting untuk memastikan anda menemukan sumber masalah ini. Dan mengetahui mengapa masalah ini menimpa mobil anda.

Diharapkan anda dapat tahu hal-hal apa yang harus dilakukan agar masalah serupa tak terjadi lagi.

Adapun penyebab masalah tersebut antara lain adalah:

1. Kabin dan Interior yang Kotor

Penyebab AC mobil menjadi bau bisa disebabkan oleh kabin dan Interior yang kotor. Debu dan
kotoran bisa menjadi penyebabnya serta menghasilkan bau yang tidak sedap.

Hal ini disebabkan karena adanya penumpukan pada bagian evaporator, kemudian debu menjamur menjadi kotoran yang berbau tidak sedap.

Tips untuk menghindarinya adalah dengan:

  • Sering membersihkan kabin serta interior mobil secara rutin

    Hindari penumpukan debu pada kabin dan interior mobil. Cara melakukan pembersihan bisa dengan rutin mengelap area sekitar kabin maupun dashboard. Ataupun dengan melakukan cuci AC mobil secara rutin.

  • Hindari juga pemakaian pengharum mobil yang mengandung alkohol

    Mengapa? Karena aroma alkohol akan membuat bau apek bila diaplikasikan kepada mobil yang dashboardnya kotor.

Dengan melakukan pembersihan rutin pada area sekitar kabin dan dashboard, tidak hanya menjadikan AC mobil lebih segar, namun juga menjaga kesehatan anda dan penumpang mobil lainnya.

2. Evaporator AC Mobil yang Kotor

Komponen AC mobil yang satu ini memang akan kotor seiring dengan waktu. Dan ketika sudah kotor, maka AC mobil akan terasa bau dan dapat membawa kuman penyakit. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga evaporator mobil anda tetap bersih.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan evaporator mobil tetap bersih adalah:

  • Melakukan cuci evaporator secara berkala
  • Melakukan pemeriksaan kondisi evaporator secara berkala
  • dan Mengganti evaporator AC mobil ketika sudah mulai rusak.

Ada beberapa ciri yang menandakan evaporator AC Mobil Bau anda sedang kotor. Adapun beberapa ciri tersebut antara lain adalah AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap ketika dinyalakan, dan AC mobil kurang dingin dan hanya keluar angin.

3. Sirkulasi Udara yang Terganggu

Jika anda merasa bau pada mobil susah untuk hilang, segera bawa mobil anda ke tempat yang mempunyai udara segar dengan menyalakan AC. Buka jendela pintu kurang lebih sepuluh menit dan lakukan setiap akan memanaskan mobil.

Hal ini untuk melancarkan sirkulasi udara pada mobil anda dan menghasilkan kesegaran baru didalamnya.

4. Freon AC Mobil Bermasalah

Ketika freon AC mobil anda bermasalah, AC mobil dapat menjadi tidak dingin, bau, ataupun berisik. Untuk kasus bau, ada 2 jenis masalah pada freon.

Masalah pertama adalah adanya kebocoran freon AC mobil. Hal ini menyebabkan udara yang seharusnya didinginkan freon, justru tercampur dengan freon.

Indikasi dari adanya masalah ini adalah kasus di mana AC mobil bau freon. Untuk menanganinya, perlu dilakukan pengecheckan titik kebocoran, dan menambal kebocoran tersebut.

Masalah freon AC mobil yang kedua adalah tercemarnya freon dengan kotoran. Kotoran ini biasanya berasal dari kotoran yang masuk melalui kompresor AC mobil.

Akibatnya, freon bukan membawa hawa sejuk, namun membawa bau tidak sedap. Cirinya adalah, biasanya ada bau dan AC mobil juga tidak dingin.

Solusi Mengatasi Bau pada AC Mobil Anda

Masalah ini tidak boleh dipandang remeh. Dan harus ditangani dengan segera. Mengapa? Karena selain mengganggu kenyamanan selama perjalanan, bau ini juga biasanya membawa kuman penyakit yang membahayakan kesehatan anda.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan antara lain:

  • Gangguan pernafasan
  • Mual-Mual
  • Kanker
  • Pusing
  • dan Kematian

Dan untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa solusi yang bisa anda terapkan, di antaranya adalah:

1. Flushing AC Mobil

Dengan cara ini, bau yang bersumber dari kotoran di kompresor AC mobil dapat disedot dan dibuang. Selain itu, dengan flushing maka freon yang tercemar akan diganti dengan freon baru yang lebih segar.

Pada intinya, flushing merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah bau pada AC mobil. Selain menghilangkan masalah bau, flushing juga dapat memberikan manfaat seperti:

  • mengatasi masalah AC mobil yang kurang dingin
  • mengurangi atau bahkan mengatasi masalah AC mobil yang bunyi ngorok
  • dan menjadikan kompresor AC mobil tidak cepat panas sehingga umurnya lebih panjang.

Namun untuk melakukan flushing, tidak boleh sembarangan. Pastikan menggunakan mesin flushing berteknologi terbaru sehingga daya sedot dan pembersihannya jauh lebih baik.

2. Cuci AC Mobil

Salah satu sumber bau pada AC mobil adalah kabin dan evaporator AC. Oleh sebab itu, mencuci AC mobil sangatlah penting untuk memastikan kotoran penyebab bau dapat dihilangkan.

Lihat Juga: Mesin Mobil Panas AC Tidak Dingin

Anda dapat melakukan cuci AC sendiri, maupun melakukannya di bengkel AC mobil. Namun sebaiknya lakukan cuci AC mobil di bengkel AC mobil. Mengapa? Hal ini untuk memastikan:

  • Tidak Ada Kerusakan saat Bongkar

    Ketika melakukan cuci AC mobil, kesalahan mungkin saja terjadi. Seperti salah pasang, ataupun merusak salah satu komponen mobil.

  • Dengan melakukannya di bengkel terpercaya, resiko ini dapat dihindari. Dan jikalau terjadi, anda bisa meminta ganti rugi akan hal tersebut.
  • Pembersihan Dilakukan Secara Cepat dan Menyeluruh

    Banyak sekali bagian AC mobil yang perlu dibersihkan. Jika anda mencoba melakukannya sendiri, bisa jadi akan memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika anda belum memiliki pengalaman akan hal tersebut.

Dalam melakukan cuci AC mobil, beberapa bagian terpenting yang harus dibersihkan meliputi:

  • Evaporator AC Mobil
  • Dashboard AC mobil
  • Bagian interior seperti Kipas AC mobil
  • dan komponen lainnya

Dan tak hanya melakukan pembersihan, cuci AC mobil juga harus meliputi penggantian filter AC mobil yang sudah kotor. Karena filter AC merupakan salah satu penyumbang masalah AC mobil bau.

3. Fogging atau Pengasapan

Solusi terakhir untuk mengatasi masalah bau pada AC mobil anda adalah dengan melakukan fogging. Pemfoggingan ini akan mengurangi, menyamarkan, atau bahkan menghilangkan bau akibat kotoran yang begitu bandel dan sulit dibersihkan.

Pemfoggingan yang baik haruslah memiliki ciri-ciri:

  • Aman bagi Kesehatan

    Banyak sekali jasa pengasapan untuk menghilangkan bau ditawarkan oleh bengkel-bengkel AC mobil. Namun cairan fogging yang digunakan ternyata tidak aman untuk kesehatan anda. Akibatnya, kesehatan anda jadi taruhannya.

    Oleh sebab itu, sebelum melakukan fogging anda wajib menanyakan bahan apa saja yang terkandung dalam cairan fogging tersebut. Dan apa dampaknya jika asap tersebut terhirup oleh manusia, khususnya anak-anak.

  • Membunuh Kuman Penyakit yang Ada di Dalam Mobil

    Menghilangkan bau saja tidak cukup. Karena kadangkala kotoran membawa kuman penyakit namun kotoran tersebut tidak membawa bau. Hal ini tentu sangat membahayakan kesehatan anda dan penumpang lainnya.

    Oleh sebab itu, lakukan pengasapan yang dapat membunuh kuman dan bakteri sampai tuntas. Hanya alat fogging dari Dokter Mobil yang sampai saat ini tak hanya menghilangkan bau di dalam mobil, namun juga membunuh kuman bakteri penyebab penyakit dan AC mobil bau.

Pemfoggingan ini merupakan cara terakhir, namun wajib dilakukan. Dan pada dasarnya, untuk mengatasi AC mobil bau, baik flushing, cuci AC, dan fogging harus dilakukan. Hal ini untuk memastikan bau benar-benar hilang dan tak muncul kembali.

Cara Agar AC Mobil Tidak Bau Lagi

Anda tentu tidak ingin masalah bau ini kembali menimpa anda. Apalagi setelah melakukan semua perawatan untuk menghilangkan bau tersebut.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang wajib anda lakukan, dan beberapa hal yang tak boleh anda lakukan.

Adapun hal-hal tersebut adalah:

1. Memilih Parfum Mobil yang Benar

Parfum atau pewangi mobil merupakan aksesoris wajib yang harus ada di depan AC. Namun, banyak yang tidak mengetahui jika pewangi ini bisa membuat AC mobil bau.

Hal ini disebabkan karena kesegaran interior pada mobil menjadi berubah dengan adanya pengharum tersebut. Mobil pun akan tetap bau dan tidak nyaman untuk dikendarai.

Tips untuk menghindari bau yang disebabkan oleh parfum mobil adalah dengan memilih kualitas baik dalam memakainya serta parfum khusus mobil.

Pastikan parfum mobil anda merupakan produk yang sering digunakan dipasaran dan diakui kualitasnya oleh banyak orang.

Hal ini untuk menghindari produk yang tidak berkualitas dan akan merusak kesegaran udara pada mobil anda.

2. Tutup Jendela ketika AC Mobil Sedang Menyala

Biasanya, debu dan udara yang tidak sedap dihasilkan dari jendela terbuka ketika AC dinyalakan.

Debu dan udara dari luar akan mengendap serta berputar di dalam mobil sehingga membuat bau yang tidak sedap tersebut muncul ke permukaan.

Debu tersebut juga bisa mengotori sistem AC serta mengendap disana.

Tips untuk menghindarinya adalah dengan menutup jendela ketika AC sedang menyala.

Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan anda, karena udara akan bercampur dan bisa menghasilkan penyakit mematikan yaitu angin duduk secara tiba-tiba.

Jendela tertutup lebih baik untuk menjaga kesegaran udara yang dihasilkan oleh AC tersebut.

3. Jangan Makan ketika AC Mobil Menyala

Makanan bisa menghasilkan bau yang tidak sedap didalam mobil. Beruntung jika makanan yang dimakan memiliki bau yang sedap, bagaimana jika tidak?

Mobil anda akan memiliki bau makanan tersebut dan butuh waktu yang lumayan lama untuk menghilangkannya.

Maka dari itu, hindari kegiatan tersebut untuk menjaga udara mobil anda tetap segar juga menghindari AC mobil bau.

4. Merokok dapat Membuat AC Mobil Bau

Ada banyak pengemudi ataupun penumpang mobil yang merokok di dalam mobil. Asap rokok dapat masuk ke dalam saluran AC mobil dan mengendap.

Menjadi lendir asam yang menimbulkan bau tidak sedap. Oleh sebab itu, merokok di dalam mobil merupakan hal yang wajib untuk anda hindari.

5. Hindari Terlalu Sering Membuka Jendela Mobil

Jika anda sering membuka jendela mobil, debu dan asap kendaraan dapat masuk ke dalam mobil anda. Dan kemudian masuk ke saluran AC mobil.

Lama-kelamaan, kotoran tersebut menumpuk dan menjadikan AC mobil anda kotor, Baik di dashboardnya, di evaporatornya, maupun di kompresor AC mobilnya.

6. Pembersihan dan Perawatan Berkala

AC mobil bau biasanya terjadi karena kebersihan mobil tidak terjaga. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga kebersihan mobil dengan cara melakukan perawatan berkala.

Perawatan berkala pada AC mobil bau ini pada umumnya meliputi hal-hal seperti:

  • Pengecekan Berkala
  • Flushing
  • Ganti freon
  • Ganti oli kompresor
  • Cuci AC mobil
  • dan Cuci AC mobil

Dengan melakukan semua hal tersebut secara berkala, tidak hanya mencegah munculnya bau karena AC mobil kotor, namun juga bau akibat kabel terbakar, freon bocor, dan lain sebagainya.

 

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

konsumsi bbm brio matic

Konsumsi BBM Brio Matic & Tips Hemat BBM

Pelajari tentang konsumsi BBM Honda Brio Matic, faktor yang memengaruhi, dan tips untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan Anda. Konsumsi BBM Honda Brio Matic adalah

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!