Artikel

kerjasama usaha bengkel mobil

ini! Cara Kerjasama Usaha Bengkel Mobil di Dokter Mobil

sobat otomotif ingin kerjasama usaha bengkel mobil bersama Dokter Mobil? Gampang! Nih aku kasih tau cara dan biaya modal investasinya. Tapi sebelum itu sobat otomotif harus tahu dulu nih cara kerjasama usaha bengkel mobil dan keuntungan kerjasama usaha bengkel mobil bersama Dokter Mobil dan apa saja yang sobat dapatkan. Untuk itu simak terus ulasan berikut ini ya.

Simak Cara Kerjasama Usaha Bengkel Mobil di Dokter Mobil

kerjasama usaha bengkel mobil

  1. Perhatikan Perjanjian Kontraknya

Perjanjian kontrak pada kerjasama usaha bengkel mobil perlu sobat perhatikan lho. Mengingat di dalam perjanjian kontrak terdapat hak dan kewajiban setiap pemegang usaha. Anda juga perlu memperhatikan hal-hal detail terkait hak ahli waris dan masa ijin penggunaan nama bengkel. Jika sobat otomotif merasa tidak mengerti jangan ragu untuk menghubungi notaris untuk minta dijelaskan.

Selain itu, dalam perjanjian kontrak pasti ada jaminan. Misalnya jaminan balik modal atau BEP di Dokter Mobil adalah 2 tahun 4 bulan. Maka berdasarkan dari data itu sebaiknya sobat pastikan jaminan atau garansi juga tercantum juga di dalam surat perjanjian kontrak.

  1. Perhatikan Bangunan Bengkel

Bangunan bengkel juga perlu sobat perhatikan dalam kerjasama usaha bengkel mobil ini. Pastikan bangunan bengkel besar dan muat untuk menampung mobil dalam jumlah banyak, selain itu sobat otomotif perlu juga mengalokasikan dana untuk pembangunan jalur keluar-masuk yang rapi agar tidak berdempetan saat mobil akan masuk atau keluar. Tentunya dengan pengaturan seperti ini akan membuat pelanggan menjadi betah. Jika memungkinkan buat bangunan parkiran yang sejuk dan teduh.

Selain itu, perhatikan juga bangunan utama yang akan dijadikan bengkel. Jangan terlalu sempit dan jangan terlalu berjarak. Berikan jarak yang cukup bisa dilakukan untuk orang berlalu-lalang. Ditambah pastikan penempatan seperti gedung fasilitas ruang tunggu juga dipisah dari bangunan utama. Hal ini agar pelanggan yang datang tidak merasa gerah dan tidak betah karena terlalu lama menunggu. Anda juga bisa memasang televisi atau jaringan Wi-Fi sebagai pendukung sarana agar pelanggan tetap nyaman.

  1. Buat Alokasi Pendanaan

Alokasi pendanaan juga dibutuhkan untuk memulai kerjasama usaha bengkel mobil. Hal ini dikarenakan untuk investasi awal anda pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit. Apalagi untuk penambahan ruang tunggu untuk pelanggan serta fasiltas lainnya seperti jaringan internet, televisi atau food and drink station. Oleh karena itu, buatlah secara detail dan rinci mengenai berapa total alokasi yang dibutuhkan untuk membangun kerjasama usaha bengkel ini. Selain itu, dengan membuat alokasi dana yang terperinci anda akan terhindar dari jerat utang bunga bank yang terasa mudah namun lumayan juga kalau diperhitungkan.

  1. Pelajari Strategi Pemasaran

Anda perlu juga mempelajari dulu strategi pemasaran yang dilakukan untuk membangun kerjasama usaha bengkel mobil. Hal ini untuk mencegah timbulnya kerugian. Dengan mempelajari strategi pemasaran, maka akan membantu anda untuk memahami cara promosi yang sesuai agar keuntungan semakin bertambah.

Kemudian, selain strategi pemasaran anda juga harus cari tahu mengenai performa bengkel itu sendiri. Seperti yang seharusnya sudah diketahui, dewasa ini kerjasama usaha bengkel itu track record nya bisa diketahui lewat sosial media. Karena lewat sosial media anda bisa mengetahui berapa jumlah people engagement bengkel tersebut dan bagaimana bengkel dapat menguasai pasar dalam perannya sebagai salah satu bagian dari pasar otomotif. Lewat sosial media sobat juga bisa mengetahui bagaimana riwayat bengkel melalui komentar seperti di Instagram atau Facebook. Darisana anda akan tahu seberapa banyak orang yang puas dengan pelayanan atau justru tidak puas dengan pelayanan yang diberikan.

  1. Tanya Ahli

Tips berikutnya dalam membuka kerjasama usaha bengkel mobil adalah bertanya pada ahli yang mengerti seluk beluk mengenai bisnis kerjasama ini. Contohnya anda dapat bertanya pada konsultan bisnis mengenai perencanaan bisnis, networking dan mendeteksi masalah yang akan dihadapi. Konsultan bisnis biasanya akan memberikan pengarahan atau nasehat untuk menyelesaikan masalah dan membantu perencanaan bisnis dalam hal ini kerjasama usaha bengkel. Perencanaan yang dimaksud dapat mencakup banyak hal beberap diantaranya adalah efisiensi sistem operasional, minimalisir resiko gagal, analisa kompetisi pasar sampai menyusun strategi marketing yang lebih efektif.

Baca Juga : Biaya Cuci AC Mobil Secara Berkala dan Perawatan Rutinnya

Kerjasama usaha bengkel mobil yang baik adalah yang mengikuti beberapa tips diatas. Tapi kalau sobat ogah untuk mengikuti tips diatas sobat bisa langsung mencoba investasi ke Dokter Mobil. Alasannya mengapa sobat otomotif perlu investasi awal di Dokter Mobil adalah karena Break Even Point yang lebih cepat dibandingkan dengan bengkel lain, ditambah beberapa keuntungan diantaranya Dokter Mobil sudah memiliki brand identitas dimana nama usaha sudah terbangun dengan baik dan dikenal di kalangan masyarakat luas. Selain itu, untuk urusan manajemen SDM dan legalitas atau penggunaan izin nama Dokter Mobil sudah jelas dan kuat sehingga di masa mendatang sobat otomotif tidak perlu pusing jika tersandung masalah hukum.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6696

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :