New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
saringan ac mobil

4 Cara Efektif Bersihkan Saringan AC Mobil di Masa Pandemi

Hayo siapa disini yang jarang bersihkan saringan ac mobil? Kalau sobat otomotif jarang, bukannya tak mungkin bikin AC bau apek lho. Nah, maka dari itu terutama di musim peralihan seperti sekarang yang lebih panjang musim hujannya dibandingkan kemarau ada baiknya menjaga suhu kabin mobil tetap dingin. Apalagi kalau sudah hujan, kalau AC sampai nggak dingin, malah nanti bisa berembun kacanya dan malah bikin bahaya lho. Makanya, lebih baik anda sering-sering deh bersihkan saringan ac mobil, selain membuat kabin mobil nyaman, pastinya akan membuat anda nggak perlu untuk sering-sering ke bengkel.

Cara Bersihkan Saringan AC Mobil di Masa Pandemi

saringan ac mobil

  1. Bersihkan Filter Kabin Sebulan Sekali

Bukan hanya filter udara di mesin saja yang anda perlu bersihkan. Namun filter kabin atau saringan AC mobil juga perlu anda bersihkan. Terutama jika saringan ini sudah berdebu dan memiliki kotoran. Cara bersihkan saringan ac mobil pun juga tak sulit, yaitu pertama buka laci dengan cara menarik ke atas dengan menekan bagian sisi kiri dan kanan satu persatu sampai laci AC terlepas. Kedua, setelah laci terlepas, lepas bagian filter AC dengan sistem pengunci berbentuk kenop yang ada di bagian sisi box filter AC. Ketiga, setelah box filter AC dibuka akan terlihat filter AC yang berwarna putih, keluarkan lalu ketuk beberapa kali lalu sedot menggunakan vacuum cleaner atau kompresor melewati bagian bawah filter AC. Setelah bersih masukkan lagi filter ke dalam posisi semula.

  1. Rutin Bersihkan Kabin

Jangan salah ya, bersihkan saringan AC memang perlu dan diwajibkan. Namun yang lebih penting lagi, setelah membersihkan filter atau saringan AC anda juga perlu membersihkan kabin. Caranya pun lebih mudah, sobat bisa menyiapkan vacuum cleaner rumahan atau vacuum portabel. Anda dapat memulai membersihkan kabin dari bawah dimana semua kotoran berawal dari sana. Jangan lupa keluarkan juga semua karpet dan cuci menggunakan air mengalir serta gunakan sabun colek, setelah itu keringkan karpet sebelum dimasukkan.

Setelah bagian bawah dibersihkan saatnya anda ke bagian dashboard mobil. Caranya pun cukup mengelap menggunakan kain microfiber yang bersih dan kering. Setelah itu, basahi lap dengan campuran air dan sabun khusus interior. Sebelum mengelap, peras lap sampai kering agar tidak ada sisa air yang membekas pada permukaan dashboard. Kemudian bersihkan juga bagian plafon kabin menggunakan campuran air dan pembersih pada kain microfiber basah setelah itu lap segera menggunakan microfiber kering.

  1. Ganti Filter Setiap 15 ribu kilometer

Anda juga diharuskan untuk mengganti filter setiap 15 ribu kilometer atau 5 bulan sekali. Hal ini untuk menjaga kabin tetap bersih dan nyaman. Selain itu pastikan filter atau saringan AC yang diganti sesuai dengan spesifikasinya. Hal ini untuk menjamin agar anda tidak sering mengganti saringan ac mobil lebih cepat. Selain itu, langkah lain bersihkan ac mobil adalah jika Anda sering melewati daerah berdebu ada baiknya mengganti saringan udara setiap 2 – 3 bulan sekali. Selain itu, ada baiknya juga agar anda tidak merokok di dalam mobil dengan kondisi AC mobil menyala dan jendela terbuka. Ini dikarenakan asap rokok membuat umur saringan udara lebih pendek, jika pada kondisi normal bisa ganti 5 bulan sekali, maka jika anda merokok maka harus ganti 2 bulan sekali.

  1. Pilih Tempat Parkir

Langkah terakhir bersihkan saringan AC mobil adalah dengan menaruh atau memarkirkan kendaraan pada tempat yang teduh. Jika anda, sering parkir di kondisi teduh tentunya akan menguntungkan kondisi kabin. Kabin menjadi tidak panas dan saat akan menjalankan mobil, sobat otomotif tidak perlu menunggu agar suhu kabin turun terlebih dahulu. Dalam arti kata sobat tidak perlu terlalu lama membuka pintu atau jendela, sehingga intensitas debu yang masuk lebih berkurang ke dalam filter. Sehingga filter atau saringan AC mobil tidak harus menyaring banyak debu dan kotoran dan filter atau saringan ac mobil akan lebih awet.

Baca Juga : Cara Kerjasama Usaha Bengkel Mobil di Dokter Mobil

Nah, gimana nih? Keempat langkah bersihkan saringan ac mobil ini cukup efektif, bukan? Lalu, gimana kalau misalnya AC mobil anda bermasalah. Kurang dingin, keluar hawa panas, evaporator bocor dan lain-lain. Jangan khawatir ya. Solusinya, anda bisa datang atau hubungi langsung Dokter Mobil. Dokter Mobil ini adalah bengkel spesialis mobil, khususnya spesialis AC. Jadi, jangan pernah ragu untuk segera hubungi Dokter Mobil dan langsung janjian ketemuan sama teknisi profesionalnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!