📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Waspada! Inilah Beberapa Ciri-ciri Freon AC Mobil Habis

ciri-ciri freon ac mobil habis

Secara umum untuk dapat mengetahui kapasitas freon mobil, Anda bisa melihatnya dari Ciri-ciri freon AC mobil habis. Dalam hal ini Anda tidak memerlukan peralatan khusus, karena nyatanya Ciri-ciri freon AC mobil habis sangat mudah ditemukan. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama pembahasan lengkap mengenai Ciri-ciri freon AC mobil habis di bawah ini!

Beberapa Ciri-ciri Freon AC Mobil Habis yang Perlu Diketahui

ciri-ciri freon ac mobil habis

  • Penurunan suhu ventilasi AC

Ciri-ciri freon AC mobil habis yang pertama adalah penurunan suhu ventilasi AC. Penurunan suhu ventilasi AC mobil Anda secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh kebocoran pada salah satu seal, selang, atau fitting yang disebabkan oleh Freon yang bertekanan. Dalam skenario ini, akan ada emisi berupa awan putih dari area tempat kebocoran terjadi.  Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga mendengar suara mendesis. Selain itu, Anda mungkin juga mencium bau freon di dalam mobil.

  • Kebocoran freon yang terlihat jelas

Ciri-ciri freon AC mobil habis selanjutnya adalah terjadi kebocoran freon yang terlihat jelas. Kebocoran freon yang terlihat sering kali menandakan rendahnya kadar freon pada mobil Anda.  Freon terlihat seperti minyak dalam keadaan cair, tetapi mengandung sedikit minyak yang memungkinkan untuk melumasi kompresor.  Jika Anda menduga sistem AC mobil Anda mengalami kebocoran freon, periksalah berbagai komponennya.

Baca Juga: Mendeteksi Kebocoran Freon AC, Ini Caranya !

Pastikan untuk memeriksa saluran tekanan, port servis, poros depan, akumulator, kondensor, dan semua perlengkapan yang terhubung ke kompresor.  Jika komponen ini mengembangkan aliran film atau cairan, Anda mungkin mengalami kebocoran freon.  Yang pasti, bersihkan film atau aliran ini, dan jika muncul lagi, kemungkinan besar kendaraan Anda mengalami kebocoran freon atau freon hampir habis.

  • Bacaan pengukur rendah

Ciri-ciri freon AC mobil habis selanjutnya adalah bacaan pengukur yang rendah. Memperhatikan pembacaan tekanan AC mobil adalah cara yang baik untuk memeriksa level freon di dalam mobil.  Anda dapat memeriksa freon di mobil Anda menggunakan pengukur setelah Anda tahu cara memeriksanya.  Port layanan rendah dan tinggi dari pengukur manifold AC harus dihubungkan.  Gunakan fitting pelepas cepat untuk menghubungkan selang pengukur merah ke port servis di sisi atas pengukur.  Pastikan selang pengukur biru terhubung ke port servis sisi bawah.

Nyalakan tombol pengukur merah dan biru saat mesin dan AC mati untuk mendapatkan pembacaan yang benar.  Anda harus mendapatkan pembacaan tekanan udara antara 80 dan 105 psi.  AC harus membaca sekitar 200 hingga 350 psi di sisi tinggi dan 25 hingga 35 psi di sisi rendah jika Anda melakukan pembacaan yang sama dengan AC yang disetel ke pengaturan tertinggi.  Anda harus memeriksa pembacaan mobil Anda jika lebih rendah dari ini.

  • Kaca sight

Kaca sight mobil Anda (jika ada) juga dapat memberi tahu Anda ciri-ciri freon AC mobil habis.  Penampil dapat mendeteksi pergerakan Freon melalui saluran bertekanan tinggi dengan melihat komponen ini.  Cairan bening akan mengalir melalui saluran jika freon berada pada level optimal.  Adanya gelembung menunjukkan kadar freon yang rendah.  Tidak ada freon di mobil Anda jika Anda tidak melihat gerakan apa pun.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • AC tidak meniup udara dingin

Jika Anda menyetel AC mobil ke suhu dingin, maka seharusnya AC akan mengeluarkan udara dingin dengan suhu yang sesuai tergantung kadar freon.  AC meniupkan udara hangat atau panas ketika Anda mengaturnya untuk mengeluarkan udara dingin adalah salah satu tanda paling jelas dari ciri-ciri freon ac mobil habis.  Karena kekurangan freon, sistem pendingin menjadi tidak bertekanan dan tidak bersirkulasi.

  • Kopling tidak melakukan tarikan

Ciri-ciri freon AC mobil habis selanjutnya adalah kopling tidak melakukan tarikan. Kompresor mobil Anda normalnya akan mendapat tekanan saat kopling A/C diaktifkan.  Setiap kali Anda menyalakan AC di mobil Anda, Anda akan mendengar suara klik.  Saat kopling AC diaktifkan, akan terdengar bunyi klik. Kopling A/C mendeteksi jumlah Freon dalam sistem.  Apabila kopling tidak dapat digunakan atau tidak melakukan tarikan, maka dapat dipastikan level freon sangat rendah.  Kompresor mungkin tidak dapat memampatkan udara karena tingkat freon yang rendah.

Cara Melakukan Pengecekan Level Freon Kendaraan

  • Langkah 1: Pasang pengukur ke service port

Anda harus memasang pengukur ke port servis untuk memeriksa freon di mobil.  Setiap mobil memiliki dua port servis bertekanan, yakni port servis bertekanan rendah dan port servis bertekanan tinggi.  Port servis bertekanan rendah juga dikenal sebagai port servis sisi rendah. Port servis bertekanan rendah atau sisi rendah akan berada di antara akumulator (terletak di firewall sisi penumpang mobil) dan kompresor.

Di sisi lain, port servis bertekanan tinggi atau High-side terletak di garis antara kondensor (terletak di depan radiator) dan evaporator di firewall. Jika Anda tidak menemukan port servis bertekanan rendah dan port servis bertekanan tinggi, bawalah buku panduan servis mobil Anda untuk informasi lebih lanjut tentang lokasi pasti kendaraan Anda.

  • Langkah 2: Atur AC max A/C

Pertama, nyalakan mesin mobil Anda dan kemudian setel AC ke level tertinggi atau A/C maks.  Setiap mobil memiliki tipe pengontrol AC yang berbeda. Jika sistem pendingin udara mobil Anda memiliki sakelar atau tombol udara resirkulasi, pilih udara resirkulasi.

Selanjutnya, masukkan termometer ke dalam ventilasi AC tengah di dasbor.  Anda memasang pengukur ke port servis dan menempatkan termometer ke dalam ventilasi A/C tengah di mobil Anda. Sekarang, Anda hanya perlu mengikuti satu langkah lagi untuk memeriksa level freon di dalam mobil.

  • Langkah 3: Tunggu beberapa saat

Biarkan beberapa menit agar kompresor berputar dan tekanan menjadi stabil, lalu Anda mendapatkan pengukuran freon. Dalam sistem normal, Anda harus ingat bahwa port servis bertekanan rendah akan membaca antara 25 hingga 45 psi.  Sebenarnya, skor port layanan juga tergantung pada suhu luar

Jika suhu luar lebih tinggi, maka Anda mendapatkan pembacaan pengukur yang lebih tinggi.  Dan sisi port servis bertekanan tinggi akan membaca antara 250 psi dan 400 psi.  Anda sudah tahu ini tergantung pada suhu luar. Jika Anda membaca lebih rendah dari ini di kedua sisi, ini menunjukkan tingkat refrigeran rendah.  Baca suhu pada termometer.

Selalu lebih baik untuk mengetahui metode yang tepat untuk memeriksa tingkat refrigeran di mobil sebelum Anda melakukannya.  Jika Anda mengikuti metode pengujian level freon di dalam mobil ini, Anda harus berhasil memeriksa freon di dalam mobil.

Memeriksa Ciri-ciri Freon AC Mobil Habis dan Pengisian Freon AC di Bengkel Terpercaya

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ada beberapa ciri-ciri freon AC mobil habis yang perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas sistem pendingin kendaraan. Namun untuk melakukan pemeriksaan atau servis komponen pendingin mobil, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan dari bengkel service AC profesional seperti Dokter Mobil. Hal ini terjadi karena bengkel Dokter Mobil memiliki teknisi yang handal dan didukung dengan peralatan canggih sehingga kualitas pelayanannya dijamin akan memuaskan. Dari mulai pemeriksaan freon, pengisian freon, hingga permasalahan AC Mobil lainnya dapat Anda percayakan ke Dokter Mobil. Dokter Mobil telah dikenal sebagai spesialis service AC terkemuka yang telah dipercaya oleh ribuan mobil dan dari beragam jenis mobil, sehingga kualitas servis dan kredibilitasnya tak perlu diragukan lagi.

Tentu jika ac dingin, langkah pertama nya adalah harus di check terlebih dahulu, apakah cukup dibersihkan ac mobilnya, atau ada faktor lain. Dokter mobil melayani service ac dengan standar bengkel ISO 9001:2015. Datang sekarang, untuk lakukan General Checkup Mobil GRATIS. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan GENERAL CHECKUP. Kemudian akan dijelaskan kendala, dan tindakan terbaik yang perlu dilakukan. Setelah itu akan dilakukan beberapa tahap lanjutan, salah satunya pembersihan evaporator, kondensor, dan flushing. Semua menggunakan teknologi mutakhir dengan standar bengkel internasional ISO 9001:2015. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Semua akan terlihat jika anda melakukan GENERAL CHECKUP MOBIL di Dokter Mobil. Mengenai pertanyaan ini, anda harus mulai mengecek Ruang Bakar Mesin Mobil. Lebih jelasnya, konsultasikan gratis ke CS kami.
Dokter Mobil menggunakan metode Karbon Clean dalam melakukan pengecekan Ruang Bakar Mesin Mobil. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Semua bisa dan datang ke Dokter Mobil PASTI BERES ! Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa ciri-ciri freon AC mobil habis. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kapasitas freon sebenarnya dapat diketahui dengan menggunakan alat, namun Anda juga dapat mendeteksi kapasitas freon yang kurang melalui ciri-ciri freon ac mobil habis. Untuk pengecekan lebih lanjut, servis, maupun pengisian freon mobil, ada baiknya jika Anda melakukannya di bengkel service AC terpercaya seperti Dokter Mobil untuk hasil terbaik.

Lakukan reservasi service AC di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp agar berbagai pertanyaan Anda seputar freon AC mobil kesayangan Anda dapat terjawab dengan tuntas. Anda juga bisa berkunjung langsung ke cabang Bengkel Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7896

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇