📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Putaran Mesin Mobil Berat dan Cara Mengatasinya

putaran mesin mobil bermasalah

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penyebab putaran mesin mobil berat kini menjadi satu permasalahan yang masih banyak dialami oleh kalangan masyarakat, khususnya para pemilik kendaraan roda 4. Mobil yang susah distarter pada pagi hari pasti akan menimbulkan suatu permasalahan.

Apalagi, untuk Anda yang sedang terburu-buru pasti akan menghambat aktivitas atau pekerjaan. Ketika sudah mengalami masalah putaran mesin mobil berat, maka segera lakukan tindakan supaya tidak merusak komponen lainnya.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai penyebab putaran mesin mobil berat dan cara mengatasinya. Sedangkan, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai mesin mobil bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Penyebab Putaran Mesin Mobil Berat

memeriksa putaran mesin mobil bermasalah

Terkadang ada beberapa dari para pemilik kendaraan yang abai di saat putaran mesin mobil sudah mulai berat. Tanpa disadari, di saat didiamkan terlalu lama bisa memberikan dampak buruk terhadap mesin mobil tersebut. Ada beberapa penyebab putaran mesin mobil berat yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Aki Hampir Habis atau Soak

Penyebab putaran mesin mobil berat yang pertama bisa saja terjadi, karena aki hampir habis atau soak. Pada komponen kelistrikan yang satu ini memang penting, guna memberikan pasokan listrik ke seluruh bagian-bagian mobil.

Apabila bagian komponen listrik atau sumber tenaganya sudah mulai soak, maka untuk proses starter juga ikutan bermasalah. Biasanya, untuk hal tersebut juga bisa saja dikarenakan aki sudah hampir habis.

Jangka waktu pemakaian aki ini juga menjadi faktor utama penyebab putaran mesin mobil berat. Ketika komponen aki sudah memasuki usia tua, akan lebih baiknya untuk sering-sering melakukan pengecekan dengan menggunakan voltmeter atau multimeter.

Pada alat tersebut digunakan untuk menunjukkan kondisi aki mobil Anda dengan memberikan tampilan sisa tegangan listrik yang ada di dalamnya. Ketika aki sudah hampir habis, maka bisa langsung melakukan pergantian yang baru.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Busi Mobil Kotor

Mempunyai mobil jangan hanya fokus kepada penggunanya saja. Sebagai pemilik kendaraan roda 4, Anda juga harus memberikan perawatan supaya tetap terjaga kebersihannya.

Kendaraan yang tidak terawat ini bisa memberikan pengaruh terhadap kinerja mesin. Contoh komponen mobil yang sering kotor adalah bagian busi. Untuk busi yang sudah kotor juga menjadi salah satu penyebab putaran mesin mobil berat, akibat banyaknya endapan kotoran.

Untuk penyebab putaran mesin mobil berat bisa terjadi, ketika Anda tidak melakukan perawatan pada busi. Maka dari itu, untuk para pemilik mobil harus sering-sering melakukan perbaikan mobil dari bagian luar sampai dengan dalam.

Baca Juga: Membersihkan Busi dengan Bensin, Apakah Bisa?

  1. Pompa Bahan Bakar Melemah

Penyebab putaran mesin mobil berat selanjutnya yaitu terjadi pelemahan pada bagian pompa bahan bakar. Pompa bahan bakar ini menjadi salah satu saluran mesin yang terhubung langsung dengan tangki mobil.

Ketika kondisi pompa mobil sudah mulai melemah, maka kendaraan tidak berfungsi atau bekerja secara optimal. Selain itu, untuk permasalahan ini juga memberikan pengaruh terhadap suplai bahan bakar. Supaya tetap bisa berfungsi, Anda perlu melakukan pergantian pada bagian pompa bahan bakar dengan yang baru.

  1. Sensor WTS Mengalami Masalah

Masalah pada sensor WTS ini bisa saja terjadi pada tipe mobil yang sudah mempunyai sistem injeksi. Sensor WTS adalah salah satu alat yang mempunyai fungsi untuk mendeteksi suhu mesin guna diteruskan ke komponen ECU.

Apabila sensor WTS sudah rusak, maka untuk proses pengiriman sinyal informasi suhu pada mobil juga ikutan terganggu. Secara otomatis, sistem kerja dari mesin injeksi kendaraan roda 4 ini juga ikutan terganggu dan mobil sangat sulit untuk di starter.

  1. Karburator Banjir

Tipe mobil yang masih menggunakan tipe karburator, tidak lepas dari penyebab putaran mesin mobil berat. Biasanya, untuk hal tersebut bisa terjadi, karena karburator sudah banjir alias terkena air yang cukup banyak.

Dengan kondisi tersebut pada akhirnya bisa menyebabkan karburator sulit untuk dihidupkan dan menjadi penyebab putaran mesin mobil berat. Ketika sudah berada di permasalahan tersebut, Anda harus sesegera mungkin melakukan pembongkaran dan pemeriksaan pada komponen karburator.

Cara Mengatasi Penyebab Putaran Mesin Mobil Berat

Ketika Anda sudah merasa putaran mesin mobil berat, maka untuk para pemilik kendaraan harus tahu mengenai cara apa yang harus dilakukan. Tujuan memahami hal tersebut adalah guna sesegera mungkin untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan terhindar dari perihal turun mesin.

Seperti yang diketahui, untuk perbaikan masalah turun mesin ini sangat menguras kantong para pemilik kendaraan tersebut. Sebagai pemilik mobil, Anda harus tahu mengenai cara apa saja yang bisa dipergunakan supaya putaran mesin tidak terasa berat.

Cara pertama yang bisa dilakukan, yaitu melakukan pengecekan pada bagian mesin mobil. Tujuannya, yaitu guna mengetahui apakah ada terjadi kerusakan pada beberapa komponen mesin mobil atau tidak.

Selain itu, Anda juga harus melakukan pengecekan kadar oli mesin dan juga transmisi kendaraan. Satu hal yang perlu Anda ketahui, mobil yang mengalami kekurangan kadar oli mesin ini bisa membuat kendaraan menjadi aus.

Sehingga, dari keausan pada salah satu komponen ini bisa membuat tarikan mesin mobil menjadi berat. Untu langkah kedua yang bisa dilakukan yaitu melakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki mobil.

Lakukan pembongkaran pada bagian rem mobil. Setelah itu, Anda harus melakukan setel ulang rem mobil supaya tidak terlalu memberikan tekanan pada bagian ban. Setelah itu, lakukan pengecekan kembali pada kepakeman rem supaya tidak mengalami rem blong.

Untuk cara mengatasi penyebab putaran mesin mobil berat yang paling akhir adalah melakukan pengecekan pada bagian seal busi. Seal busi ini bisa saja menjadi penyebab utama putaran mesin mobil terasa seperti ndut-ndutan dan terasa berat.

Dengan hal tersebut bisa membuat mobil Anda juga mengalami gangguan yang bisa membuat para penggunanya kurang nyaman ketika berkendara. Maka dari itu, untuk langkah yang bisa diambil yang melakukan penggantian komponen supaya putaran mesin bisa kembali normal.

Melakukan perbaikan pada putaran mesin mobil berat kali ini hanya bisa dilakukan orang yang ahli di dalam bidangnya. Apalagi, untuk di era yang serba mudah seperti sekarang ini ada banyak sekali macam-macam bengkel mobil bermunculan.

Akan tetapi, tidak semua bengkel mobil ini bisa memberikan hasil terbaik dan mekanik yang handal. Untuk salah satu bengkel mobil yang bisa dipilih adalah Dokter Mobil. Kemungkinan besar untuk beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah salah salah satu tempat yang paling cocok untuk dipergunakan bagi Anda yang ingin melakukan perbaikan mobil. Semua proses pengerjaan yang dilakukan oleh Dokter Mobil ini diberikan masa garansi.

Artinya, di saat terjadi permasalahan dan berada di masa garansi bisa langsung dikembalikan pada Dokter Mobil. Sedangkan, untuk harga juga disesuaikan lagi dengan layanan yang digunakan dan pastinya masih ramah di kantong.

Layanan yang bisa digunakan untuk mengatasi penyebab putaran mesin berat adalah dengan layanan Jet Clean di Dokter Mobil. Jet Clean akan membersihkan berbagai komponen mesin yang terhubung dengan proses pembakaran dari tumpukan kerak karbon. Tumpukan kerak karbon ini menjadi penyebab proses pembakaran terhambat sehingga putaran mesin jadi terasa berat. Dengan Jet Clean, kerak karbon akan dibersihkan hingga tuntas sehingga proses pembakaran jadi optimal dan masalah putaran mesin berat pun jadi teratasi.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Untuk nikmati layanan Jet Clean dalam mengatasi penyebab putaran mesin berat, lakukan reservasi di Dokter Mobil sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi seputar layanan-layanan yang ada di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Penutup

Nah, inilah penjelasan secara lengkap mengenai penyebab putaran mesin mobil berat dan cara mengatasinya. Besar harapan dengan adanya penjelasan di atas nantinya bisa memberikan informasi kepada pemilik kendaraan supaya selalu melakukan perawatan kepada mobil kesayangannya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7453

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *