📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Ac Mobil Panas Saat Berhenti Macet di Jalan

Kenyamanan berkendara seringkali terganggu terutama akibat macet. Hal ini diperparah kondisi AC mobil panas saat berhenti maka lengkaplah sudah rasa frustasi di dalam mobil.

Dan lebih parahnya lagi, kondisi ini berbahaya bagi kesehatan anda dan penumpang lainnya.

Fitur AC mobil memang menjadi komponen yang cukup penting dalam sebuah mobil, terutama jika anda berkendara di siang hari.

Dengan adanya AC  yang bekerja maksimal di dalam kabin mobil, maka suhu panas yang ada di luar mobil tidak akan terasa hingga ke dalam.

Namun bagaimana jika kerja AC yang tadinya mendinginkan mobil malah mengeluarkan udara yang panas dan tidak segar?

Tentunya ini perlu diperiksa lebih lanjut dan bisa jadi ada komponen-komponen di dalamnya yang tidak berfungsi.

Penyebab Ac Mobil Panas Saat Berhenti

Komponen AC mobil tentunya memiliki usia pakai nya masing-masing, terganting dari intensif pemakaian dan perawatan yang dilakukan.

Jika memang anda sering menggunakan mobil, maka sudah pasti penting untuk melakukan pengecekan dan perawatan komponen-komponen di dalam AC mobil.

Serta melakukan penggantian ketika komponen sudah rusak dan tidak berfungsi. Nah berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebab AC mobil panas yang perlu anda ketahui.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Magnetic Clucth Bermasalah

Salah satu penyebab utama yang mengakibatkan AC mobil panas saat berhenti ataupun terasa panas ketika dinyalakan adalah magnetic clucth yang bermasalah.

Gejala kerusakan bisa terlihat dari AC mobil yang dingin di awal namun saat berada di jalanan padat atau kemacetan mendadak menjadi panas.

Dan kemudian saat jalanan lancar, AC mobil bisa dingin kembali. hal ini karena dioda magnet mulai melemah dan terkena hawa panas yang berlebihan dari mesin saat kondisi macet sehingga menyebabkan komponen off sementara.

Kondisi seperti ini akan membaik saat jalanan lancar karena akan lebih banyak sirkulasi udara di dalam ruang mesin saat mobil bergerak. Namun kemudian kembali menjadi panas saat berhenti atau macet.

Baca juga: 10 Tips Atasi AC Mobil Panas Saat Cuaca Panas

  1. Cooling Fan AC Mobil Mati

Saat cooling fan mati maka tentu saja pembuangan panas yang berada di kondesor menjadi kurang maksimal serta membuat kondesor menjadi kepanasan atau overheat. Hal ini tentu saja akan berimbas pada pada kinerja kompresor yang menurun.

Biasanya hal ini akan lebih terasa saat mobil macet atau berhenti. Anda bisa segera mengganti cooling fan AC dengan komponen yang baru agar AC bisa dingin kembali.

  1. Kondisi Freon Berlebihan

Jika kondisi AC mobil menjadi tidak dingin menjadi ciri ciri freon AC mobil habis, begitu pula jika kondisi freon berlebihan bisa menyebabkan AC menjadi panas.

Kondisi freon yang berlebih membuat tekanan meninggi dan menjadi overheat sehingga membuat kompresor menjadi kepanasan.

Bahkan jika panas yang terjadi berlebihan, maka kompresor dapat langsung off. Mengapa mobil dapat mengalami kelebihan freon? Biasanya ini terjaid akibat human error.

Banyak orang yang menganggap jika AC mobil yang tidak dingin akibat freon AC kurang sehingga terus menerus mengisi freon AAC. Segera bawa mobil anda ke bengkel untuk mengatasi kelebihan freon ini.

  1. Sistem AC Macet

Macetnya sistem Ac mobil biasanya disebabkan karena komponen dryer filter, kondensor, dan expansi valve.Kondisi yang mampet ini tentu saja meyebabkan sirkulasi freon menjadi terhambat sehingga udara yang dihasilkan AC tidak konsisten dinginnya.

  1. Evaporator Kotor

Jika aliran udara yang mausk ke dalam mobil terhambat, maka menyebabkan angin yang keluar pun menjadi kecil.

Penyebab nya mungkin saja terjadi akibat evaporator yang kotor. Sehingga akan lebih baik untuk dipasangankan filter kabin agar menghalau debu yang masuk sehingga tidak menumpuk di bagian evaporator.

  1. Kebocoran Sistem AC mobil

Penyebab AC mobil tidak dingin lainnya dapat dikarenakan adanya kebocoran pada sistem AC mobil. Entah itu pada bagian kondensor atau evaporator.

Bahkan kebocoran yang terjadi di bagian sambungan seal O-ring dan komponen lainnya. Segera bawa mobil anda ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut mengenai kebocoran yang terjadi.

  1. Mesin Overheat

Mobil overheating juga menyebabkan kondisi AC mobil panas yang perlu anda ketahui. Mulai dari radiator yang mampet, thermostat radiator rusak, kebocoran pada air radiator, dan lainnya yang menyebabkan suhu mesin meningkat berlebihan.

Kondisi suhu mesin yang berlebihan akan menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin bahkan panas. Jika sudah seperti ini maka terlebih dahulu atasi hal yang menyebabkan mengapa mesin mobil anda menjadi overheat.

Nah itu tadi beberapa hal yang dapat menyebabkan AC mobil panas dan cara mengatasinya. Selain itu sebagai pemilik mobil anda juga perlu wajib melakukan cara merawat AC mobil dengan rutin sehingga AC tetap dingin dan bekerja maksimal. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Cara Pasang Thermostat AC Mobil

Cara Pasang Thermostat AC Mobil

Thermostat AC mobil merupakan bagian penting dari sistem pendinginan mobil yang berfungsi untuk mengatur suhu udara di dalam mobil. Ringkasan: Thermostat AC mobil mengatur suhu

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!