New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Ac Mobil Panas Saat Berhenti Macet di Jalan

Kenyamanan berkendara seringkali terganggu terutama akibat macet. Hal ini diperparah kondisi AC mobil panas saat berhenti maka lengkaplah sudah rasa frustasi di dalam mobil. Dan lebih parahnya lagi, kondisi ini berbahaya bagi kesehatan anda dan penumpang lainnya.

Fitur AC mobil memang menjadi komponen yang cukup penting dalam sebuah mobil, terutama jika anda berkendara di siang hari. Dengan adanya AC  yang bekerja maksimal di dalam kabin mobil, maka suhu panas yang ada di luar mobil tidak akan terasa hingga ke dalam. Namun bagaimana jika kerja AC yang tadinya mendinginkan mobil malah mengeluarkan udara yang panas dan tidak segar? Tentunya ini perlu diperiksa lebih lanjut dan bisa jadi ada komponen-komponen di dalamnya yang tidak berfungsi.

Penyebab Ac Mobil Panas Saat Berhenti

Komponen AC mobil tentunya memiliki usia pakai nya masing-masing, terganting dari intensif pemakaian dan perawatan yang dilakukan. Jika memang anda sering menggunakan mobil, maka sudah pasti penting untuk melakukan pengecekan dan perawatan komponen-komponen di dalam AC mobil serta melakukan penggantian ketika komponen sudah rusak dan tidak berfungsi. Nah berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebab AC mobil panas yang perlu anda ketahui.

  1. Magnetic Clucth Bermasalah

Salah satu penyebab utama yang mengakibatkan AC mobil panas saat berhenti ataupun terasa panas ketika dinyalakan adalah magnetic clucth yang bermasalah. Gejala kerusakan bisa terlihat dari AC mobil yang dingin di awal namun saat berada di jalanan padat atau kemacetan mendadak menjadi panas. Dan kemudian saat jalanan lancar, AC mobil bisa dingin kembali. hal ini karena dioda magnet mulai melemah dan terkena hawa panas yang berlebihan dari mesin saat kondisi macet sehingga menyebabkan komponen off sementara. Kondisi seperti ini akan membaik saat jalanan lancar karena akan lebih banyak sirkulasi udara di dalam ruang mesin saat mobil bergerak. Namun kemudian kembali menjadi panas saat berhenti atau macet.

  1. Cooling Fan AC Mobil Mati

Saat cooling fan mati maka tentu saja pembuangan panas yang berada di kondesor menjadi kurang maksimal serta membuat kondesor menjadi kepanasan atau overheat. Hal ini tentu saja akan berimbas pada pada kinerja kompresor yang menurun. Biasanya hal ini akan lebih terasa saat mobil macet atau berhenti. Anda bisa segera mengganti cooling fan AC dengan komponen yang baru agar AC bisa dingin kembali.

  1. Kondisi Freon Berlebihan

Jika kondisi AC mobil menjadi tidak dingin menjadi ciri ciri freon AC mobil habis, begitu pula jika kondisi freon berlebihan bisa menyebabkan AC menjadi panas. Kondisi freon yang berlebih membuat tekanan meninggi dan menjadi overheat sehingga membuat kompresor menjadi kepanasan. Bahkan jika panas yang terjadi berlebihan, maka kompresor dapat langsung off. Mengapa mobil dapat mengalami kelebihan freon? Biasanya ini terjaid akibat human error. Banyak orang yang menganggap jika AC mobil yang tidak dingin akibat freon AC kurang sehingga terus menerus mengisi freon AAC. Segera bawa mobil anda ke bengkel untuk mengatasi kelebihan freon ini.

  1. Sistem AC Macet

Macetnya sistem Ac mobil biasanya disebabkan karena komponen dryer filter, kondensor, dan expansi valve.Kondisi yang mampet ini tentu saja meyebabkan sirkulasi freon menjadi terhambat sehingga udara yang dihasilkan AC tidak konsisten dinginnya.

  1. Evaporator Kotor

Jika aliran udara yang mausk ke dalam mobil terhambat, maka menyebabkan angin yang keluar pun menjadi kecil. Penyebab nya mungkin saja terjadi akibat evaporator yang kotor. Sehingga akan lebih baik untuk dipasangankan filter kabin agar menghalau debu yang masuk sehingga tidak menumpuk di bagian evaporator.

  1. Kebocoran Sistem AC mobil

Penyebab AC mobil tidak dingin lainnya dapat dikarenakan adanya kebocoran pada sistem AC mobil. Entah itu pada bagian kondensor atau evaporator, bahkan kebocoran yang terjadi di bagian sambungan seal O-ring dan komponen lainnya. Segera bawa mobil anda ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut mengenai kebocoran yang terjadi.

  1. Mesin Overheat

Mobil overheating juga menyebabkan kondisi AC mobil panas yang perlu anda ketahui. Mulai dari radiator yang mampet, thermostat radiator rusak, kebocoran pada air radiaotr, dan lainnya yang menyebabkan suhu mesin meningkat berlebihan. Kondisi suhu mesin yang berlebihan akan menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin bahkan panas. Jika sudah seperti ini maka terlebih dahulu atasi hal yang menyebabkan mengapa mesin mobil anda menjadi overheat.

Nah itu tadi beberapa hal yang dapat menyebabkan AC mobil panas dan cara mengatasinya. Selain itu sebagai pemilik mobil anda juga perlu wajib melakukan cara merawat AC mobil dengan rutin sehingga AC tetap dingin dan bekerja maksimal. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Solusi Mengatasi Masalah AC Mobil Panas saat Berhenti

Jika sudah begini dan Anda ingin melakukan perbaikan, Ia menyarankan sebaiknya mengganti dengan satu paket komponen yang rusak tersebut, karena biar lebih yakin dan tidak bolak-balik memperbaiki kerusakan yang sama di kemudian hari. Karena dikhawatirkan akan merembet ke komponen lain dan merogoh kocek yang lebih besar

Penting juga untuk memeriksa kondisi kelistrikan, karena ektra fan AC butuh perhatian di bagian elektrik atau sirkulasi kelistrikannya, ini untuk mencegah masalah yang sama timbul pada AC mobil anda.

Jika anda membutuhkan jasa profesional dalam memperbaiki masalah AC mobil panas saat berhenti yang anda alami, maka menggunakan jasa Dokter Mobil adalah solusi terbaik.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil dengan pengalaman lebih dari 8 tahun di dunia otomotif.

Apapun mobilnya, Dokter Mobil bengkelnya.

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda