📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Cara Merawat Mobil Matic dengan Baik dan Benar

cara merawat mesin mobil matic

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Minat dari mayoritas masyarakat Indonesia kepada mobil matic mulai melonjak akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan penggunaan mobil matic ini cukup mudah jika dibandingkan dengan penggunaan mobil manual. Cara merawat mobil matic pun lebih mudah dibandingkan jenis mobil lainnya. Selain itu, orang-orang cenderung memakai mobil matic karena di kota-kota besar, kondisi jalanan yang cukup padat, dan dari beberapa orang juga mengatakan berkendara dengan mobil matic itu lebih nyaman dibandingkan dengan mengendarai mobil manual.

Bahkan penggunaan mobil matic ini menjadi tren selama beberapa waltu terakhir ini. Tentu saja tren ini direspon dengan baik oleh para konsumen yang langsung berlomba untuk memburu mobil-mobil matic sesuai model dan jenis yang mereka inginkan.

Para produsen juga tidak kalah dengan menghadirkan banyak mobil matic terbaru dengan fitur yang lebih canggih begitu tahu permintaan pasar yang semakin meningkat karena tren mobil matic yang sudah populer di kalangan masyarakat.

Namun, dalam perawatannya sendiri, perawatan mobil itu berbeda setiap jenisnya. Dengan kata lain perawatan mobil itu ditentukan sesuai dengan jenisnya. Maka untuk mobil matic tentu berbeda perawatannya dengan mobil manual.

Cara merawat mobil matic ini terbilang sangat mudah. Adapun cara merawat mobil matic antara lain, yaitu:

Jangan Lupa Untuk Memanaskan Mobil Setiap Hari Sebagai Syarat Wajib Cara Merawat Mobil Matic dengan Baik

cara merawat mobil matic

Memanaskan mobil setiap hari meski tidak sedang akan dipakai merupakan suatu keharusan dalam sebuah rangkaian aktivitas perawatan pada mobil matic. Anda bisa melakukannya tiap pagi ataupun tiap sore atau waktu apapun senyaman Anda. Yang penting Anda jangan sampai lupa untuk memanaskan mobil karena memanaskan mobil ini merupakan salah satu rangkaian perawatan mobil matic yang tidak dapat dilewatkan sama sekali.

Meski kedengarannya sepele, cara merawat mobil matic memang tidak bisa jauh-jauh dari memanaskan mobil setiap hari. Karena memanaskan mobil matic ini juga memiliki banyak keunggulan jika dilakukan dan dapat sedikit merugikan jika dilewatkan karena mobil matic ini akan rewel jika tidak dipanaskan setiap hari. Hal itu terjadi karena mesin yang terlalu lama beristirahat. Maka dari itu dengan rutin memanaskan mobil matic maka mesin akan tetap prima dan akan jarang mengalami gangguan, oli  juga akan selalu merata ke seluruh komponen mesin berbeda dengan mobil matic yang jarang dipanaskan. Maka oli akan berada di bawah sedangkan mesin bagian atas akan kering.

Rutin Mengganti Oli Sebagai Step Penting Dalam Cara Merawat Mobil Matic Yang Baik dan Benar

Cara merawat mobil matic tidak luput dengan rutinnya mengganti oli secara berkala. Jangan sampai oli dibiarkan habis begitu saja sehingga dapat merusak mesin. Anda bisa mengecek oli melalui dipstick. Dan jika sudah berada di bawah garis, Anda supaya segera membawa mobil matic Anda ke bengkel terdekat atau bengkel langganan Anda untuk mengganti oli. Anda juga bisa mengecek melalui dipstick jika terdapat kebocoran oli atau masalah lainnya. Yang penting Anda jangan sampai melupakan untuk mengeceknya secara berkala untuk menghindari kehabisan oli, apalagi sampai kekeringan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Biasanya mobil matic ini olinya harus diganti setelah menempuh perjalanan selama dua puluh lima ribu km hingga jarak lima puluh ribu km. Atau Anda juga bisa menjadwalkan kapan saja Anda harus mengganti oli untuk mencegah lupa.

Selain itu, Anda juga harus memilih oli yang berkualitas agar mesin Anda juga aman dan tatap memiliki performa yang baik. Sehingga mesin mobil matic Anda juga bisa awet dan tahan lama.

Baca Juga: Cuci Darah, Cara Ganti Oli Mobil yang Lebih Maksimal

Melakukan Service Mobil Secara Teratur

Cara merawat mobil yang selanjutnya adalah dengan melakukan service mobil secara teratur. Service memang hal yang diperlukan dalam tahap-tahap cara merawat mobil matic. Dengan service ini maka mobil matic Anda akan seperti diperbarui. Kapas-kapas rem yang akan habis diganti, skrup yang mengendur juga bisa dikencangkan kembali. Dengan demikian, service mobil ini memiliki banyak sekali manfaat.

Anda bisa melakukan service mobil matic ini selama satu bulan satu kali untuk hasil yang optimal. Jangan sampai Anda banyak menunda-nunda hingga terjadi kerusakan komponen. Sebisa mungkin hindari penggantian komponen yang terlanjur rusak parah. Karena hal itu juga dapat membuat pengeluaran biaya service semakin banyak.

Menguras Oli Mesin dan Melakukan Transmisi Jika Mobil Terkena Banjir

Sebenarnya semua kendaraan akan membutuhkan perawatan yang intensif saat terkena banjir. Tidak terkecuali dengan mobil matic ini. Mobil matic ini malah berpotensi lebih besar mengalami kerusakan yang lebih parah dibandingkan dengan kendaraan yang lainnya. Maka Anda perlu melakukan beberapa upaya yang perlu dilakukan sebagai bentuk pencegahan kerusakan yang lebih parah pada mobil matic Anda dan sebagai cara merawat mobil matic.

Adapun cara merawat mobil matic yang dapat Anda lakukan ketika mobil Anda terkena banjir yaitu dengan langsung mengeringkan busi karburator, V-belt, dinamo starter, dan saringan angin. Kemudian Anda juga supaya menguras oli transmisi kemudian langsung mengganti oli transmisi tersebut dengan oli yang baru.

Suatu hal yang perlu Anda tahu yaitu ketika Anda sudah melakukan semua cara merawat mobil matic dengan baik dan benar, namun ketika mobil Anda terkena banjir Anda tidak melakukan tindakan cepat, akan membuat perawatan yang Anda lakukan menjadi suatu hal yang percuma. Karena air banjir yang masuk ke dalam mobil matic Anda sudah terlanjur merusak komponen mobil yang bersifat riskan. Maka dari itu, tindakan yang perlu Anda lakukan ketika mobil Anda terkena banjir yaitu menanganinya secepat mungkin.

Menghindari Untuk Menginjak Gas Secara Tiba-Tiba

Cara merawat mobil matic lainnya yang dapat dilakukan yaitu  dengan menghindari untuk menginjak gas secara tiba-tiba. Karena mobil matic ini memang didesain untuk dapat dikendarai dengan santai bukan melalui cara mengemudi yang terlalu agresif. Jadi ada baiknya untuk Anda menginjak gas secara perlahan. Dari posisi berhenti hingga kecepatan mobil naik secara bertahap. Sehingga laju mobil akan terasa halus dan nyaman jika dibandingkan dengan menginjak gas yang dilakukan dengan tiba-tiba.

Adapun kerusakan yang didapat mobil jika Anda menginjak pedal gas secara tiba-tiba yaitu pada kondisi mobil, lebih tepatnya yaitu katup solenoid yang akan rusak. Adapun terjadinya kerusakan katup ini disebabkan oleh perubahan oli ke converter toris yang tidak sempurna.

Cara Merawat Mobil Matic Yang Lainnya

Selain penjelasan di atas masih ada banyak sekali cara merawat mobil matic dengan baik dan benar. Diantaranya yaitu seperti:

  • Cara merawat mobil matic dengan memperhatikan kondisi transmisi pada mobil matic. Yaitu dengan cara merawat mobil matic, mengganti oli transmisi secara teratur dan menggunakan persneling dengan tepat. Karena jika persneling tidak digunakan dengan tepat maka dapat dimungkinkan terjadi kerusakan. Maka Anda harus benar-benar memperhatikan. Jika Anda sudah merubah persneling menjadi P ketika parkir dan N ketika berhenti di lampu merah. Dan seharusnya hal itu cukup mudah dilakukan karena persneling pada mobil matic tidak serumit persneling pada mobil manual.
  • Cara merawat mobil matic dengan melakukan uji jalan secara berkala jika mobil matic tidak digunakan dalam waktu yang lama. Adapun Hal ini dilakukan adalah untuk mengetes atau mengecek Apakah terdapat perbedaan dari mobil tersebut. Karena jika mobil matic ini tidak digunakan dalam waktu yang lama oli transmisi bisa saja mengental.

  • Lakukan Jet Clean di Dokter Mobil. Penggunaan mobil matic yang tak apik seringkali menimbulkan permasalahan, salah satunya di proses pembakaran yang kurang maksimal akibat tumpukan kerak karbon di ruang mesin. Dengan Jet Clean, komponen mesin yang terhubung di ruang pembakaran ini akan dibersihkan secara menyeluruh sehingga proses pembakaran di mesin bisa berjalan dengan optimal.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Penutup

Demikian penjelasan seputar cara merawat mobil matic agar kondisinya senantiasa paripurna. Jaga selalu kondisi mobil matic Anda dengan melakukan perawatan mobil secara maksimal, salah satunya dengan layanan Jet Clean di Dokter Mobil.

Untuk nikmati berbagai layanan Jet Clean pada mobil matic Anda, lakukan reservasi di Dokter Mobil sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi seputar layanan-layanan yang ada di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1825

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *