New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab temperatur mobil naik

Kenali, 4 Penyebab Temperatur Mobil Naik Secara Tiba-Tiba

Terkadang, temperatur mobil ini kerap naik turun akibat beberapa hal. Anda wajib tahu penyebab temperatur mobil naik secara signifikan. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya masalah hingga kerusakan pada bagian mesin. Untuk itu, Anda perlu mengetahui dan apa saja penyebab dan resiko dari temperature mobil yang naik secara tiba-tiba.

4 Penyebab Temperatur Mobil Naik Secara Tiba-Tiba

Temperatur mobil memang dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi mesin mobil. Namun, apabila temperature mobil naik secara tiba-tiba. Maka Anda perlu waspada. Sebab, kenaikan temperature mobil yang tidak normal ini dapat menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, kenali 5 penyebab temperature mobil yang mengalami kenaikan secara tiba-tiba. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Adanya Kerusakan Di Bagian Radiator

Penyebab pertama naiknya temperature suhu mobil secara tiba-tiba ini adalah kerusakan pada bagian radiator. Ya, radiator ini berfungsi sebagai pengatur suhu mesin mobil agar tetap stabil kala digunakan untuk berkendara.

Kerusakan pada radiator ini disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kebocoran radiator, adanya penyumbatan, hingga munculnya kerak atau karat di sekitar radiator. Hal tersebut yang sering memicu temperatur mobil naik secara tiba-tiba.

  1. Ketidaksesuaian Penggunaan Oli Mesin

Selain adaya kerusakan pada bagian radiator. Penyebab temperatur mobil naik secara tiba-tiba ini juga dikarekanak adanya ketidaksesuaian penggunaan oli mesin mobil Anda. Ya, memilih oli mesin untuk mobil ini memang tidak boleh sembarangan. Anda harus mengerti dan mengetahui jenis oli mesin yang dibutuhkan oleh mobil Anda.

Apabila Anda asal membeli oli mesin. Maka, akibatnya adalah mesin mobil cepat panas. Sehingga, ketidaksesuaian penggunaan oli mesin ini juga mengakibatkan kenaikan temperatur mobil secara tiba-tiba, khususnya saat Anda gunakan berkendara.

  1. Sistem Pendingin Mobil yang Tidak Bekerja

Semua jenis mobil, khususnya mobil keluaran terbaru ini memiliki sistem pendingin untuk meredam suhu panas yang dihasilkan mesin. Sistem pendingin mobil ini juga mencegah mobil Anda mengalami mogok akibat suhu mesin yang terlalu panas.

Baca Juga : AC Mobil Bau Asem

Namun, bagaimana bila sistem pendingin mobil Anda ini mengalami kerusakan ? Resiko terbesar bila sistem pendingin mobil mengalami kerusakan ini adalah kenaikan temperatur suhu mobil secara tiba-tiba. Alhasil, Anda harus membawa ke bengkel terdekat guna mengecek kondisi mobil agar tidak mogok ataupun mengeluarkan asap ketika Anda gunakan berkendara.

  1. Tali Kipas Radiator Mengalami Kerusakan

Dan Penyebab terakhir mengapa temperatur mobil naik secara tiba-tiba ini adalah adanya kerusakan pada tali kipas radiator. Fungsi tali kipas radiator ini adalah guna mereduksi suhu panas pada bagian mesin mobil. Tanpa adanya tali kipas ini, maka radiator pada mobil tidak akan berfungsi secara normal.

Apa Dampak Dari Temperatur Mobil yang Kerap Naik Secara Tiba-Tiba?

Anda tidak boleh menganggap sepele apabila mobil pribadi milik Anda mengalami masalah temperature yang naik secara tiba-tiba. Sebab, terdapat beberapa dampak yang perlu Anda ketahui dari masalah temperatur mobil naik secara tiba-tiba, yakni :

  1. Mobil Mogok

Dampak dari temperatur mobil yang tidak normal ini yang biasa dirasakan oleh pengendara adalah mobil tidak mau berjalan atau mogok. Ya, penyebab dari mogok ini adalah suhu mesin yang terlalu panas. Alhasil, suhu panas tersebut menyebabkan mesin tidak mau berjalan secara normal.

  1. Kerusakan Pada Beberapa Komponen Mesin

Apabila Anda tetap memaksakan mengendarai mobil dalam keadaan mesin panas. Maka, resiko yang akan Anda terima adalah munculnya kerusakan pada beberapa bagian komponen mesin, seperti kop silinder yang membengkok, piston macet, hingga silinder yang tampak cacat. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda harus mengganti komponen mesin yang telah rusak.

  1. Mesin Terbakar

Dan dampak terparah dari penyebab temperatur mobil naik secara tiba-tiba adalah munculnya api di bagian kap mesin. Ya, ketika mesin mengalami overheat. Maka, Anda harus menepikan terlebih dahulu mobil Anda dan memeriksanya terlebih dahulu. Apabila terlalu dipaksakan, maka dapat menyebabkan mesin mobil terbakar hingga memunculkan asap di bagian kap mesin.

Baca Juga : Biaya Scanner Mobil

Sebelum mengendarai mobil, maka pastikan terlebih dahulu kondisi mobil Anda apakah layak jalan atau tidak. Selain itu, pastikan temperature mobil Anda tetap stabil. Sebab, beberapa penyebab temperatur mobil naik secara tiba-tiba ini dapat menyebabkan kerusakan yang cukup fatal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap