📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Membersihkan Busi dengan Bensin, Apakah Bisa?

bisakah membersihkan busi dengan bensin

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Membersihkan busi dengan bensin – Busi mobil adalah salah satu komponen yang memiliki peran penting di dalam mesin mobil. Busi mobil adalah salah satu komponen mobil yang dirancang agar bisa tahan terhadap berbagai macam kondisi ekstrim baik pada saat panas ataupun dingin. Hal ini karena busi merupakan salah satu komponen yang bertugas untuk proses pembakaran. Sehingga, menjadi Kebersihan busi mobil adalah salah satu hal yang memang penting demi menjaga kualitas dan performanya.

Busi mobil yang memiliki peran pada proses pembakaran ini bisa kotor karena adanya residu dari sisa pembakaran bahan bakar yang berwarna hitam. Residu ini kemudian akan menempel pada busi dan bisa menjadi kerak apabila dibiarkan dalam waktu yang lama. Kerak ini kemudian akan bisa mengganggu kinerja dari busi, sehingga kita perlu melakukan yang namanya pembersihan. Membersihkan busi dengan bensin adalah salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh para pemilik mobil. Tapi apakah cara tersebut cukup aman? Berikut adalah cara untuk melakukan pembersihan busi mobil yang baik dan benar.

Melakukan Pengecekan Terhadap Fisik Busi Sebelum Membersihkan Busi dengan Bensin

periksa kondisinya sebelum membersihkan busi dengan bensin

Sebelum benar-benar melakukan pembersihan, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengecekan. Cek terlebih dahulu fisik dari busi mobil Anda dengan melihat bagian ujung dari busi. Perhatikan ujung busi yang merupakan bagian elektroda busi, apakah warnanya dari busi berubah atau tidak. Ada beberapa warna yang mengindikasikan busi kotor dan mengalami masalah.

Seperti yang diketahui jika bagian ujung busi adalah bagian yang langsung bersinggungan dengan proses dari pembakaran bahan bakar. Karena itu, bagian ini menjadi bagian yang paling mudah kotor dan berubah warna. Sehingga sebelum Anda membersihkan busi dengan bensin sebaiknya cek terlebih dahulu apakah bagian ini berwarna hitam, abu-abu atau bahkan hitam pekat, karena warna ini busa menunjukkan kondisi proses pembakaran yang ada di dalam mesin. Apabila pada bagian elektroda busi terlihat berwarna hitam, maka hal itu mengartikan bahwa pasokan bahan bakar yang dibakar di dalam mobil cenderung terlalu berlebihan.

Tetapi apabila warnanya berwarna hitam pekat, artinya busi mobil Anda sudah mati. Jika busi mobil mati, sebaiknya Anda langsung menggantinya karena busi yang sudah mati tidak akan bisa digunakan sekalipun Anda membersihkan busi dengan bensin. Lalu, apabila warna dari busi mobil justru berwarna abu-abu, hal ini artinya pasokan bahan bakar Anda kurang, untuk itu segeralah cek pada bagian injeksi bahan bakar Anda. Selain dengan beberapa warna di atas, ada pula ujung busi yang berwarna coklat yang sedikit kehitaman, dimana warna ini menunjukkan jika tidak ada masalah yang terjadi pada proses pembakaran bahan bakar mobil sehingga semuanya berjalan dengan normal.

Baca Juga: 3 Penyebab Busi Mobil Cepat Mati Dan Cara Mengatasinya

Bersihkan Busi dengan Sebuah Sikat Dari Kawat

Cara membersihkan busi dengan bensin yang selanjutnya perlu dilakukan adalah dengan membersihkan busi menggunakan kawat besi terlebih dahulu. Apabila Anda ingin menghilangkan kotoran yang terdapat pada ujung busi yaitu di bagian elektroda agar tidak menjadi sebuah karat. Anda bisa menggunakan sebuah sikat kawat ataupun sikat bulu yang sedikit kasar untuk menggosok ujungnya. Dalam hal ini sebaiknya jangan gunakan sikat yang memiliki bulu halus karena tidak akan bisa mengangkat kotoran atau residu yang terdapat pada ujung busi dengan maksimal.

Sehingga, gunakan sikat yang memiliki bulu yang kaku dan kasar agar bisa mengangkat kotoran yang menempel pada busi dengan baik. Untuk pembersihan, sebaiknya hal utama yang perlu Anda bersihkan adalah bagian elektroda busi. Pastikan sebelum membersihkan busi dengan bensin Anda menyikat bagian elektroda busi sampai besi. Agar bisa lebih bersih, Anda juga bisa menggunakan karbon khusus pembersih.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Membersihkan Busi dengan Bensin Secukupnya dan Jangan Berlebihan

Pada saat menyikat busi mobil, mungkin Anda juga akan merasakan kesulitan jika kotoran yang menempel sangatlah kuat dan tebal. Untuk itu, Anda bisa menggunakan bensin untuk membersihkannya. Pada saat Anda membersihkan busi, Anda bisa mengoleskan sedikit bensin ke ujung busi sambil menyikatnya. Anda cukup mengoleskannya saja tidak perlu sampai membasahi busi dengan bensin apalagi merendamnya.

Kebanyakan orang menganggap bahwa merendam busi kedalam bensin akan memudahkan dalam pembersihan kerak. Tapi nyatanya, hal itu justru akan merusak busi karena zat yang terkandung didalam bensin justru akan menimbulkan kotoran baru yang akan mengendap didalam busi. Sehingga, untuk menghindari hal itu, Anda cukup mengoleskannya saja. Membersihkan busi dengan bensin dengan cara mengoleskan memang akan memakan waktu yang cukup lama, karena Anda perlu mengoleskannya sedikit demi sedikit dan menggosoknya sampai bersih, tetapi hal ini jauh lebih baik dan aman untuk busi daripada harus merendamnya.

Membersihkan Busi dengan Bensin Menggunakan Amplas Halus Untuk Menghilangkan Lapisan Kerak

Cara membersihkan busi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan amplas yang halus. Amplas memiliki beberapa jenis yaitu amplas dengan butiran yang kasar dan yang sedikit lebih halus. Untuk membersihkan busi ini, sebaiknya gunakan amplas yang memiliki butiran halus. Memberikan busi mobil terkadang ada kalanya sangat sulit dilakukan karena tebalnya kerak yang menempel pada busi tersebut.

Apabila menggunakan kawat besi saja dirasa kurang, Anda bisa menggunakan bantuan amplas halus ini. Membersihkan busi dengan bensin dengan bantuan amplas ini adalah sebuah cara yang cukup efektif untuk mengurangi kerak busi yang tebal. Tetapi, ingatlah untuk tidak menggosok bagian elektroda atau ujung busi dengan terlalu keras, apalagi menggunakan amplas yang kasar. Hal ini karena, amplas yang kasar dan gosokkan yang terlalu kuat akan bisa membuat busi mobil menjadi aus dan menghilangkan lapisan elektroda busi.

Lakukan Test Pengapian pada Busi dan Ganti Busi Secara Berkala

Setelah selesai membersihkan busi dengan bensin, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan tes pengapian. Lakukan tes pengapian untuk melihat apakah busi sudah dibersihkan secara benar atau tidak. Biasanya pembersihan yang benar akan membuat busi mengeluarkan bunga api ataupun percikan api yang berwarna biru. Apabila sudah begitu, artinya cara Anda dalam membersihkannya sudah benar dan busi bisa kembali digunakan.

Selain dengan membersihkan busi dengan bensin, Anda juga perlu melakukan penggantian busi apabila busi sudah mulai usang. Untuk tetap menjaga performa dari mobil Anda, sebaiknya lakukan penggantian busi dan juga kabelnya secara berkala apabila mobil sudah menempuh perjalanan jauh. Biasanya busi perlu diganti apabila sudah melakukan perjalanan sejauh 10.000 km. Dengan begitu, performa dari mobil Anda akan tetap terjaga dan maksimal.

Bersihkan Busi dengan Cara yang Paling Aman Menggunakan Layanan Jet Clean dari Dokter Mobil

Sebagai komponen yang berhubungan dengan proses pembakaran, keberadaan busi tentu sangat esensial. Sehingga perawatannya pun perlu dilakukan secara hati-hati agar tak menimbulkan kerusakan. Agar membersihkan busi jadi lebih aman, Anda bisa percayakan layanan Jet Clean dari Dokter Mobil. Layanan Jet Clean akan membersihkan berbagai komponen mesin yang berhubungan dengan proses pembakaran dari kerak karbon, sehingga proses pembakaran pun jadi lebih maksimal.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Hadir dalam dua varian, yakni Jet Clean Performance dan Jet Clean Ultimate, proses pembersihan dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dengan dibekali peralatan berteknologi canggih nan mutakhir. Sehingga Anda tak perlu khawatir dengan kualitas dari layanan Jet Clean ini.

Tertarik untuk coba layanan Jet Clean untuk bersihkan komponen mesin, seperti busi, pada mobil Anda? Lakukan reservasi sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi seputar Jet Clean di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan langsung layanan Jet Clean pada mobil kesayangan Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Itulah artikel terkait dengan cara untuk membersihkan busi demi menjaga performa mobil agar senantiasa prima. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam merawat mobil dengan benar.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4567

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *