📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Mesin Diesel Kurang Bertenaga hingga Kiat Ampuh Penanganannya

penyebab mesin diesel kurang bertenaga

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Citra mesin diesel yang bertenaga bukan omong kosong belaka. Mesin diesel memang menjadi mesin yang memiliki tenaga dan torsi yang berlimpah. Namun bagaimana kalau mesin diesel kurang bertenaga? Ada beberapa penyebab mesin diesel kurang bertenaga yang perlu Anda ketahui di bawah ini.

Penyebab Mesin Diesel Kurang Bertenaga

poin-poin penyebab mesin diesel kurang bertenaga

Ada berbagai faktor penyebab mesin diesel kurang bertenaga. Khususnya untuk mesin diesel konvensional. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak ulasan selengkapnya mengenai penyebab mesin diesel yang kurang bertenaga pada pembahasan berikut ini

  • Filter Solar Kotor

Filter solar yang kotor menjadi salah satu masalah utama penyebab mesin diesel kurang bertenaga. Filter solar yang kotor akan mengurangi debit dan volume bahan bakar yang dibutuhkan. Akhirnya mesin mengalami kekurangan bahan bakar sehingga tenaganya menjadi kurang maksimal.

Filter solar yang kotor akan membuat proses penyaringan menjadi tidak baik. Kotoran bisa masuk ke pompa injeksi. Akhirnya tekanan injeksi juga menjadi bermasalah.

Indikasi filter solar yang kotor adalah tanda lampu indikator water separator pada dasbor mobil mulai menyala tanpa ada tanda-tanda penyebab yang jelas.

  • Pompa Tekanan Solar Lemah

Pompa tekanan solar dipasang pada filter solar atau dekat pompa injeksi. Berfungsi untuk menarik solar dari dalam tangki bahan bakar. Jika kondisinya melemah.

Hal ini kerap terjadi karena terjadinya keterlambatan pasokan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin. Hal ini akan mengakibatkan campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar tidak lagi ideal sehingga tenaga yang dihasilkan mesin diesel tidak sempurna, yang menjadikan penyebab mesin diesel kurang bertenaga.

Indikasi pompa solar yang sudah melemah adalah mesin susah hidup ketika pagi hari sehingga perlu memompanya untuk menghidupkan mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Injection Pump Bermasalah

Injection pump atau pompa injeksi memiliki fungsi untuk mengalirkan bahan bakar solar bertekanan ke masing-masing injektor. Tekanan dalam pompa injeksi ini memiliki ukuran berbeda-beda tergantung masing-masing kendaraan.

Namun ketika tekanan pompa injeksi ini kurang atau bahkan melebihi tekanan yang direkomendasikan, maka mesin diesel pasti akan bermasalah, dan bisa saja menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab mesin diesel kurang bertenaga.

Indikasi injection pump yang bermasalah adalah munculnya asap hitam tebal hingga menjadikan kehilangan tenaga.

  • Inlet Filter Pada Fuel Injection Pump Mampet

Pada beberapa mesin diesel konvensional terdapat sebuah filter yang dipasang pada injection pump tepat setelah pipa masuk. Filter ini berfungsi untuk menyaring bahan bakar sebelum masuk ke dalam pompa injeksi.

Ketika filter solar ini mampet, umumnya akan menjadi penyebab mesin diesel kurang bertenaga. Selain itu, suara mesin juga terdengar lebih meraung dan mesin diesel menghasilkan lebih sedikit asap knalpot.

  • Injection Timing Tidak Tepat

Nilai dan posisi injection timing dalam mesin diesel sangat jarang untuk berubah, ternyata posisinya ini bisa saja berada dalam posisi tidak tepat. Akhirnya mesin diesel akan menjadi kurang bertenaga. Injection timing merupakan waktu injektor membuka nozzle untuk menyemprotkan bahan bakar.

Kondisi injection timing berubah dan tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dapat membuat tenaga mobil menjadi kurang bertenaga. Bahkan terkadang akan muncul asap hitam terlalu berlebih di knalpot.

  • Tekanan Kompresi Ruang Bakar Mesin Rendah

Tekanan kompresi memang mempengaruhi tenaga pada mesin diesel. Mesin diesel membutuhkan tekanan kompresi yang tinggi, sekiranya 30 kgm. Sangat jauh jika dibandingkan kompresi pada mesin bensin yang ada di kisaran 10/11 kgm.

Kalau tekanan kompresi pada mesin menurun, campuran bahan bakar dengan udara lebih sulit untuk diledakkan. Bisa saja tekanan kompresi pada ruang bakar ini menjadi salah satu penyebab mesin mobil kurang bertenaga.

  • Tekanan Injeksi pada Injektor Terlalu Rendah

Tekanan injeksi pada injektor yang terlalu rendah juga dapat menjadi penyebab mesin diesel kurang bertenaga. Umumnya, ketika tekanan injeksi terlalu lemah, akan muncul suara ketukan seperti knocking pada mesin.

Suara mesin juga akan terdengar lebih kasar, bahkan pada beberapa kondisi ini juga akan disertai keluar asap knalpot yang menghitam dan berbau menyengat.

  • Injektor Mampet

Mesin diesel yang kurang tenaga juga bisa disebabkan oleh satu atau sebagian injektor yang mampet dan tidak dapat menyemburkan bahan bakar. Efek yang terjadi pada saat injektor mampet akan membuat mesin diesel menjadi goyang, pincang, dan bergetar dengan kuat terutama pada rpm rendah.

Baca Juga: Kenali Gejala Injektor Mobil Kotor dan Perawatannya

  • Setelan Celah Klep Berubah Ukuran dari Normalnya

Penyebab mesin diesel kurang bertenaga berikutnya bisa disebabkan oleh kondisi celah klep yang sudah berubah ukuran, umumnya celah klep ini akan berubah menjadi lebih longgar.

Celah klep yang longgar ini akan mempengaruhi kemampuan respon mesin saat akan memasukkan bahan bakar atau saat mengeluarkan gas buang dari ruang bakar mesin. Akibatnya proses pemasukan dan pembuangan menjadi lebih lambat dan berakibat pada menurunnya tenaga mesin.

Selain itu, kondisi celah klep yang longgar juga kerap membuat suara mesin terdengar jauh lebih kasar dan juga berisik.

  • Filter Udara Kotor dan Mampet

Filter udara yang mampet juga bisa menjadi salah satu penyebab mesin diesel kurang bertenaga, bahkan juga bisa menjadi penyebab lebih boros solar. Filter udara ini berfungsi untuk menyaring kotoran dan memasukkan udara bersih ke dalam ruang bakar.

  • Kopling yang Selip Atau Rem Ada yang Macet

Ketika pasokan udara bersih yang masuk ke ruang bakar ini berkurang, maka campuran udara dan bahan bakar akan menjadi tidak lagi ideal. Oleh karena itu penyebab mesin diesel kurang bertenaga bisa saja disebabkan oleh suatu hal ini.

Kedua hal ini, kadang tidak kita sadari dan lebih fokus pada bagian mesin saja. Kopling yang selip menyebabkan tenaga mesin menjadi semakin berkurang banyak ketika sampai ke roda, sedangkan rem yang macet akan menahan pergerakan roda dan menjadikan putaran roda tersebut terasa berat.

Atasi Permasalahan Mesin Diesel Kurang Bertenaga di Bengkel Berkualitas dan Terpercaya

Permasalahan mesin diesel kurang bertenaga seringkali karena adanya masalah di bagian mesin yang terhubung dengan proses pembakaran. Hal ini biasanya disebabkan oleh kerak karbon yang menumpuk dan mengganggu proses pembakaran jadi tak optimal.

Hal ini nyatanya dapat diatasi hingga tuntas dengan Jet Clean dari Dokter Mobil. Jet Clean akan membersihkan berbagai komponen mesin yang terhubung dengan proses pembakaran agar terbebas dari kerak-kerak karbon, sehingga proses pembakaran jadi lebih optimal dan mesin diesel pada mobil bermesin diesel pun jadi lebih bertenaga.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Tertarik coba layanan Jet Clean untuk atasi permasalahan mesin diesel kurang bertenaga pada mobil kesayangan Anda? Lakukan reservasi sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi seputar Jet Clean di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang faktor penyebab mesin diesel kurang bertenaga yang kami sampaikan. Anda bisa mengunjungi Dokter Mobil untuk mengatasi semua masalah yang Anda keluhkan pada kendaraan Anda dan akan diselesaikan dengan tuntas oleh montir yang sangat berpengalaman pada bidangnya.

Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan berbagai layanan Dokter Mobil pada mobil kesayangan Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7455

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *