bengkel mobil terdekat

Kenali Lebih Dalam Seputar Emisi Gas Buang

emisi gas buang
emisi gas buang

Emisi gas buang merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan pada saat berkendara kendaraan roda 4. Sayangnya, sampai dengan saat ini juga masih banyak dari kalangan masyarakat yang abai dengan perihal tersebut.

Pada era perkembangan seperti sekarang ini kampanye menggunakan mobil ramah lingkungan disuarakan oleh kalangan pecinta lingkungan.

Selain semakin menipisnya bahan bakar dari fosil, hasil pembakaran mesin mobil juga bisa memberikan buruk dampak lingkungan.

Untuk kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai dampak dari emisi gas buang.

Sedangkan, untuk Anda yang belum banyak paham dengan masalah emisi gas buang bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Emisi Gas Buang

emisi gas buang

Definisi atau pengertian dari emisi gas buang adalah hasil pembakaran yang berasal dari fosil, minyak, gas yang terbuang di udara.

Untuk beberapa hal tersebut juga memberikan pengaruh terhadap komposisi, jenis dan ukuran dari boiler bahan bakar yang dipergunakan.

Untuk emisi gas buang mempunyai peran yang sangat penting di dalam pencemaran udara dan bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Untuk lebih spesifiknya pada kendaraan bermotor, pada emisi gas adalah sisa pembakaran di dalam internal combustion engine.

Pada sisa pembakaran ini juga akan keluar dari exhaust system atau knalpot. Ada beberapa zat berbahaya yang berasal dari emisi gas buang, yaitu:

  1. CO (Karbon Monoksida), gas yang tidak mempunyai warna dan bau. Selain itu, gas yang satu ini juga sangat beracun kalau sampai terhirup manusia. Akibat yang paling fatal juga bisa saja membuat orang yang terkena emisi ini menjadi pingsan sampai dengan meninggal.
  2. CO2 (Karbon Dioksida), gas yang mempunyai banyak dampak sangat berbahaya. Bahkan, dengan kandungan zat ini bisa memberikan pengaruh terhadap pemanasan global.
  3. NOX (Nitrogen Oksida), gas satu ini bisa mengakibatkan gangguan saluran pernapasan dan sangat perih di mata.
  4. HC (Hydrocarbon), gas ini berasal dari proses pembakaran yang tidak sempurna pada mesin mobil. Jadi, di dalam gas yang satu ini masih terdapat sisa-sisa uap mesin yang tidak terbakar dan keluar melalui knalpot.

Untuk mengantisipasi dari masalah emisi gas buang ini membutuhkan sinergi antara Agen Pemegang Merek dan pemerintah.

Anda juga harus melakukan langkah dan tindakan guna menekankan emisi gas pada kendaraan bisa keluar sesuai dengan aturan.

Langkah yang suda dilakukan oleh pemerintah adalah untuk meningkatkan kualitas bahan bakar dan pengetatan standar uji emisi.

Sedangkan untuk Agen Pemegang merek juga bisa meningkatkan standar EURO 2 supaya mobil tetap bisa diproduksi dan memenuhi uji emisi.

Beberapa hal yang harus dilakukan oleh kedua pihak supaya bisa berjalan dengan baik di dalam mengurangi emisi gas buang adalah:

  • Melakukan uji emisi mobil di dalam jangka waktu tertentu.
  • Melakukan service secara berkala atau rutin.
  • Segera melakukan pengecekan apabila gas buang dari knalpot sudah bau dan asapnya tidak wajar.
  • Menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang sudah direkomendasikan oleh pihak APM.
  • Memanaskan mesin mobil hanya cukup dengan 2-3 menit saja.

Bahaya Emisi Gas Buang

Sesuai dengan yang sudah disebutkan diatas, untuk masalah gas buang ini memang sangat berbahaya dalam kesehatan dan lingkungan. Bahkan, di dalam gas buang ini juga mempunyai kandungan zat berbahaya.

Tanpa disadari, untuk paparan zat berbahaya yang masuk ke dalam peredaran darah ini bisa menimbulkan dampak buruk.

Sistem pernapasan juga bisa saja mengalami kerusakan di dalam jangka waktu yang panjang akibat emisi gas buang.

Manfaat Emisi Gas Buang

Setiap melakukan sesuatu kegiatan, tentunya mempunyai manfaat masing-masing. Sama hal nya di saat melakukan pengujian emisi dalam gas buang juga mempunyai beberapa manfaat, yaitu:

  • Bisa mengetahui dengan pasti seberapa efektif prose pembakaran melalui analisi kandungan CO2 dan HC.
  • Bisa melakukan penyetelan campuran bahan bakar dan udara dengan baik.
  • Dapat mengetahui dengan pasti kondisi mesin dari kendaraan.
  • Memastikan untuk tingkat efektivitas pada bakar dan memaksimalkan tenaga.
  • Lingkungan menjadi jauh lebih baik dengan udara yang bersih.
  • Bila mengetahui kerusakan pada mesin lebih cepat.

Zat Berbahaya Emisi Gas Buang

Setelah paham dengan segi pengertian, dampak buruk dan manfaatnya. Untuk saat ini, Anda juga harus mengerti mengenai kandungan zat apa saja yang berbahaya di dalam gas buang, yaitu:

  1. Karbon Monoksida

Zat yang satu ini tidak mempunyai warna dan bau. Akan tetapi, untuk kandungan zat yang satu ini sangat berbahaya sekali. Bahkan, bisa saja untuk orang yang terlalu sering menghirup udara karbon monoksida ini bisa sampai dengan pingsan dan meninggal.

  1. Karbondioksida

Gas yang satu ini sebenarnya sering dikeluarkan ketika melakukan proses pernapasan. AKan tetapi, kalau jenis gas yang satu ini dikeluarkan oleh kendaraan dengan jumlah yang besar bisa saja menimbulkan pemanasan global. Jarang juga ada pohon yang bisa memberikan perubahan di dalam zat ini menjadi oksigen.

  1. Hidrokarbon

Hidrokarbon biasanya bisa ditemukan pada hasil pembakaran yang tidak sempurna pada suatu kendaraan. Selain itu, untuk jenis gas yang satu ini bisa ditemukan pada ruang bensin yang tidak terbakar dan nantinya bisa keluar melalui knalpot.

  1. Nitrogen Oksida

Jenis zat berbahaya yang paling akhir adalah nitrogen oksida. Pada kandungan jenis zat yang satu ini bisa menyebabkan mata seseorang menjadi pedih dan juga bisa mengganggu sistem pernapasan. Kalau Anda menghirup terlalu banyak zat tersebut bisa merasakan sesak napas.

Mobil yang mempunyai emisi gas buang sangat tinggi ini bisa membuat kalangan penggunanya merasa kurang nyaman. Bahkan, dengan hal tersebut artinya ada beberapa komponen mobil yang rusak.

Ketika sudah mengerti ada kerusakan pada salah satu mesin mobil. maka langkah yang bisa diambil yaitu harus sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan.

Paling tidak, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai permasalahan dari gas buang.

Baca Juga: 6 Penyebab Mobil Tidak Lolos Uji Emisi Hingga Kiat Efektif Mengatasinya

Ketika sudah paham betul dengan perihal gas buang bisa langsung mencari referensi bengkel mana yang bisa membantu dalam mengatasi permasalahan tersebut. Untuk pemilihan bengkel mobil ini juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Paling tidak, untuk Anda yang ingin melakukan perbaikan gas buang bisa memilih bengkel sudah ahli di dalam bidangnya masing-masing. Sehingga, dengan hal tersebut nantinya bisa memberikan hasil yang sesuai dengan harapan.

Ada satu bengkel yang bisa dipilih oleh Anda, yaitu Dokter Mobil. Kemungkinan besar untuk beberapa kalangan masyarakat, khususnya yang sudah mempunyai mobil tidak asing lagi dengan Dokter Mobil.

Dokter Mobil merupakan salah satu tempat yang dipergunakan untuk melakukan perbaikan mobil. Di dalam tempat bengkel tersebut juga mempunyai banyak sekali layanan perbaikan mobil yang bisa dipilih oleh kalangan masyarakat.

Demikian penjelasan secara lengkap mengenai perihal emisi gas buang. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin melakukan perbaikan pada gas buang.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/