📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Efek Kerak Karbon di Ruang Pembakaran Mobil Anda

efek kerak karbon

Beberapa dampak yang disebabkan karena kerak karbon yang menumpuk dikarenakan efek kerak karbon sangat mempengaruhi kinerja mesin? Agar mesin pembakaran dapat berjalan normal sesuai dengan fungsinya, maka diperlukan kondisi yang tepat agar pembakaran dapat terjadi. Salah satu kondisi yang menentukan proses pembakaran dapat berjalan dengan baik adalah busi. Bahan bakar dan udara akan terbakar oleh percikan api pada busi di ruang pembakaran yang terbentuk pada silinder, piston, dan kepala silinder.

Proses pembakaran di ruang pembakaran mesin mobil selanjutnya akan menghasilkan kerak karbon. Nah, kerak karbon ini dapat muncul dan membentuk endapan yang dapat merusak mobil. Hal ini berkaitan dengan efek kerak karbon yang terdapat di ruang bakar dan mempengaruhi kinerja mesin mobil. Tidak hanya itu saja, banyak efek kerak mobil lainnya yang dapat terjadi jika endapan ini menumpuk terlalu banyak di ruang pembakaran mesin.

Mengapa Dapat Terbentuk Kerak Karbon?

efek kerak karbon

Karbon merupakan hasil sampingan dari proses pembakaran, yang terjadi saat mesin Anda memulai pembakaran. Dengan kata lain mesin dapat diibaratkan sebagai perapian atau lubang untuk pembakaran barbeque. Saat Anda membakar kayu, produk sampingannya adalah jelaga atau karbon yang melapisi sisi kayu. Hal yang sama juga berlaku untuk mesin mobil. Karbon akan menumpuk di silinder, katup masuk dan buang. Karbon yang menumpuk secara terus menerus akan membentuk kerak. Tentunya kerak ini akan memberikan efek kepada mesin mobil secara perlahan.

Efek Kerak Karbon Mengisi Ruang Pembakaran

Udara, bahan bakar serta busi merupakan rangkaian untuk melakukan pembakaran pada mesin mobil. Namun apakah ruang yang dijadikan sebagai ruang pembakaran siap dijadikan tungku pembakaran? Mengingat hal ini sering dilupakan meskipun ruang pembakaran adalah komponen yang penting. Ruang pembakaran harus bersih dan bebas dari segala macam kotoran apalagi kotoran kerak karbon. Sebab kerak karbon memberikan dampak tertentu pada kendaraan Anda, efek kerak karbon pada kendaraan akan menyebabkan masalah pada mesin. Namun, jika mesin bersih dari karbon maka pembakaran dapat terjadi secara sempurna di ruang pembakaran.

Bagaimana Efek Kerak Karbon Dapat Terjadi

Kerak karbon dapat menumpuk di ruang pembakaran biasanya di bagian kepala piston, kerak karbon akan berbentuk seperti arang. Prosesnya pada awal saat mesin berjalan, kemungkinan tidak akan mengganggu proses pengapian. Namun jika mesin dirasa sudah mulai panas, maka kerak karbon akan mulai membara akibat suhu panas dan efek pembakaran. Ketika karbon mulai membara, hal ini berarti terdapat panas tambahan yang seharusnya tidak ada disana.

Baca Juga: Rekomendasi Bengkel Carbon Cleaner Terbaik di Kota Makassar

Kompresi mesin yang terjadi ketika bahan bakar dan udara sudah tercampur maka proses pengapian yang di-setting oleh pabrik akan mengalami pembakaran prematur. Jika hal ini terjadi, maka mesin mobil akan mengalami knocking. Meskipun beberapa mesin saat ini sudah dilengkapi dengan knock sensor sebagai bentuk setting pembakaran dan injeksi bahan bakar. Namun, tetap saja jika terlalu banyak karbon yang menumpuk maka mesin akan mengalami knocking dan penyetelan mesin oleh ECU (komponen mobil yang berperan sebagai sirkuit elektronik mobil) juga gagal.

Masalah Mesin Akibat Efek Kerak Karbon

Endapan karbon dapat mengganggu aliran udara sehingga mesin beroperasi di luar spesifikasi OEM (original equipment manufacturer). Hal ini mengakibatkan adanya turbulensi operasional yang membuat rasio antara udara dan bakar tidak konsisten. Inkonsistensi inilah yang menyebabkan mesin mengalami campuran yang berdampak buruk pada keefektifan mesin dalam jangka Panjang dan menyebabkan titik panas di dalam ruang pembakaran mesin. Titik panas pada mesin secara perlahan mempengaruhi efisiensi mesin. Area yang sudah terdapat penumpukan kerak karbon kemungkinan akan mengalami panas yang berlebih sehingga hal ini dapat menurunkan efisiensi mesin secara drastis.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Baca Juga: 5 Masalah Mesin Mobil Brebet saat Digas yang Jarang Diketahui

Perlu diketahui, penumpukan karbon juga dapat dipercepat karena beberapa faktor seperti penggunaan bahan bakar yang berkualitas rendah sehingga berkontribusi pada perkembangan simpanan karbon berbahaya ini. Bahan Bakar yang berkualitas rendah umumnya jenuh dengan kontaminan yang dapat mengakibatkan kegagalan pengapian pada komponen mesin dan berpengaruh terhadap efisiensi pembakaran secara perlahan dari waktu ke waktu. Disamping menggunakan bahan bakar yang berkualitas rendah kebiasaan mengemudi juga memberikan kontribusi pada penumpukan karbon sehingga menjadi kerak.

Efek kerak karbon akan membuat fungsi mesin menjadi terancam, dan akan menunjukkan gejala yang meliputi:

  • Sensor fouling yang gagal
  • Asap hitam dari knalpot
  • Penurunan kinerja mesin
  • Silinder pada mesin yang menipis.

Cara Mencegah Kerak Karbon Menumpuk

Perawatan untuk mencegah efek kerak karbon dilakukan melalui perawatan perawatan mesin. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mencegah efek kerak karbon yang paling utama adalah menggunakan bahan bakar berkualitas pada mesin kendaraan untuk beroperasi. Tindakan pencegahan harus dilakukan secara rutin untuk memastikan mesin dapat dijalankan dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai RON.

Sama pentingnya untuk merawat mesin dengan benar, seperti dengan melakukan penggantian oli secara teratur dan oli yang direkomendasikan oleh pabrik. Selanjutnya adalah menyesuaikan dosis bahan bakar dengan campuran aditif lainnya hingga menggunakan sistem perawatan bahan bakar khusus pada tangki bahan bakar eceran.

Aditif bahan bakar seperti AFC, sangat bagus untuk meningkatkan performa pembakaran dan meningkatkan efisiensi, sehingga menghasilkan pengurangan deposit mesin di sebagian besar desain mesin. Sementara itu, untuk efek kerak karbon dari penumpukan karbon, terdapat sejumlah solusi yang dapat bekerja untuk menghilangkan kerak karbon yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penggunaan aditif bahan bakar khusus dan perawatan bahan bakar juga akan membantu mesin dalam menghilangkan endapan ini. Pada mesin injeksi langsung, di mana penumpukan karbon bisa menjadi ekstrem, pembersihan katup masuk secara berkala juga disertakan sebagai item perawatan mesin yang sangat direkomendasikan.

Kerak karbon yang menumpuk di ruang pembakaran ini juga dapat dibersihkan, salah satunya melalui layanan Jet Clean di Dokter Mobil. Jet Clean merupakan proses pembersihan berbagai komponen di ruang pembakaran dari kerak karbon yang menumpuk menggunakan cairan khusus tanpa harus membongkar seluruh komponen mesin. Berbagai komponen di ruang pembakaran akan dibersihkan secara menyeluruh. Selain dibersihkan, mobil Anda pun akan diperiksa di 32 titik secara GRATIS, sehingga Anda akan mengetahui dengan pasti jika terdapat komponen mobil yang berpotensi mengalami kerusakan.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Penutup

Demikian, efek kerak karbon yang paling merugikan adalah pengaruhnya terhadap mesin mobil. Untuk itu ada baiknya mengirim mobil Anda ke bengkel terpercaya seperti layanan Jet Clean di Dokter Mobil. Proses pembersihan akan dilakukan secara menyeluruh di berbagai komponen ruang pembakaran sehingga kerak karbon akan luruh secara maksimal dan tak menimbulkan permasalahan kembali akibat ruang pembakaran yang kotor akibat kerak karbon.

Tertarik untuk mencoba layanan Jet Clean di Dokter Mobil? Lakukan reservasi Jet Clean Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp untuk nikmati layanan pembersihan ruang pembakaran pada mobil Anda agar performanya senantiasa luar biasa. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9876

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇